MENGENAL CIRI-CIRI HIASAN BUSANA

MENGENAL CIRI-CIRI HIASAN BUSANA

MENGENAL CIRI-CIRI HIASAN BUSANA

Hiasan busana merupakan penentu nilai artistik sebuah karya seni busana. Menghias busana adalah teknik memberi hiasan pada kain/busana secara dekoratif dengan menggunakan macam-macam hiasan, sehingga terlihat indah dan bermutu tinggi. Dari bermacam-macam jenis hiasan tidak semua dapat diterapkan dalam menghias busana, karena setiap hiasan memiliki arti dan fungsi yang berbeda.

Untuk itu perlu diperhatikan ciri-ciri hiasan busana yang ditinjau dari beberapa segi yaitu sebagai berikut.
1.Kegunaan/penerapan hiasan
2.Tempat peletakan hiasan
3.Desain hiasan yang digunakan.

Teknik sulam tangan masih dipercaya sebagai yang paling kaya teknik menjahitnya. Keluwesan dan kebebasan ruang gerak tangan adalah kunci betapa mahalnya karya sulam tangan. Tidak ada lagi yang dapat dibahas mengenai teknik sulam ini. Karena memang teknik sulam sedemikian sederhana. Kehandalan seorang penyulam dapat diperoleh setelah melalui proses ketentuan dan ketelitian yang luar biasa. Hal ini dapat memakan waktu bertahun-tahun tergantung bakat dan kemauan. Ketentuan, konsentrasi, kesabaran dan pengalaman adalah kuncinya.

Jenis sulaman busana memiliki ciri-ciri yang berbeda, sesuai dengan teknik yang digunakan, begitu juga hiasan dengan teknik sulaman fantasi. Menyulam dengan teknik sulaman fantasi sangat sederhana dan mudah dipelajari, tetapi membutuhkan waktu. Menyulam ini identik dengan kerja seni, sehingga dibutuhkan ekstra konsentrasi, kesabaran, niat dan minat yang kuat dari seorang penyulam. Diperlukan praktek dan latihan yang terus menerus, terutama bagi yang memiliki bakat seni.
    
Desain motif hiasan merupakan penentu nilai artistik sebuah karya seni sulaman fantasi. Dengan desain motif karya seni sulaman fantasi akan mudah dikerjakan. Tata letak dan susunan benang yang serasi juga ditentukan oleh desain motif. Dengan kata lain keindahan sulaman fantasi tidak lepas dari andil desain motif. Oleh karena itu sulaman fantasi dituntut untuk aktual, orisinil dan inovatif.
    
Menyulam dengan teknik sulaman fantasi merupakan bagian dari ragam hias. Kegunaannya untuk mempercantik berbagai busana seperti blus, rok, gamis,tunik, blazer, busana pengantin, gaun pesta, busana santai dan kelengkapan lain.

Sentuhan sulaman fantasi ini mempunyai nilai tambah serta daya tarik tersendiri supaya busana tersebut indah dipandang mata. Dengan perkembangan kemajuan dan maraknya dunia mode, serta didukung oleh sarana prasarana yang lebih baik dengan kreativitas yang relatif tinggi, sulaman fantasi bukan saja untuk berbagai busana, tetapi juga untuk perlengkapan. 

     Contoh-contoh sulaman, sebagai berikut:
•sulaman fantasi pada jenis busana
•uji coba macam-macam tusuk hias untuk sulaman fantasi.


navita sekolah jahit bordir

0 komentar:

Post a Comment