Melakukan Uji Coba Pola

Melakukan Uji Coba Pola

"Melakukan Uji Coba Pola"

Setelah proses pecah pola telah selesai, dan pola telah siap pakai, kita memerlukan pengujian pola. Uji coba pola ini dapat dilakukan dengan bahan blacu atau bahan yang sebenarnya. Misalnya untuk uji coba celana, kita bisa menggunakan bahan dari blacu yang lebarnya 150 cm. Dalam melakukan uji coba pola sebaiknya kita ikuti langkah kerja yang sistematis.

Tertib kerja menjahit pada setiap pakaian tidak sama, tergantung pada model dan bahannya. Untuk dapat merencanakan tertib kerja dengan tepat harus memparhatikan model dengan teliti, misalnya:

1.Tertib kerja pembuatan kemeja pias punggung lengan pendek
2.Tertib kerja pembuatan celana pantalon.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam uji coba pola yaitu:

1.Buatlah rancangan bahan dan harga sehingga kita dapat memperkirakan banyaknya bahan pokok dan bahan pembantu untuk mewujudkan suatu model busana.

2.Siapkan bahan yang akan kita gunakan, perhatikan baik-baik apakah bahan sudah lurus lajur benangnya(grain). Bahan yang digunakan uji coba yang menyerupai bahan aslinya, misaqlnya Blacu dengan lebar 150 cm cocok untuk ujicoba celana panjang.

Untuk meluruskan lajur benang dapat kita lakukan beberapa cara:
a)Dengan menarik bagian serong kainnya dengan arah berlawanan.
b)Dengan dicuci (washable), bahan dilipat longgar kemudian celup dalam air hangat dan biarkan basah. Rentangkan bahan tersebut ditali jemuran sambil ditarik-tarik menyerong, kemudian baru disetrika.
c)Untuk bahan yang tidak dapat dicuci langsung dapat menggunakan bantuan kain lain. Misalnya sprai dicelup ke dalam air hangat, peras sampai kering dengan tangan. Lipatkan sprai separuh, letakkan bahan yang akan kita luruskan diatas sprai, kemudian digulung bersama-sama. Biarkan selama satu malam atau 8–10 jam, kemudian disetrika.

3.Setelah pola digunting, disiapkan, letakkan pola bahan uji coba dimulai dengan bagian-bagian yang terbesar. Bagian-bagian kecil seperti krah golby atau lapisan dapat diselipkan diantaranya.

0 komentar:

Post a Comment