Melakukan Komunikasi di Tempat Kerja

Melakukan Komunikasi di Tempat Kerja

"Melakukan Komunikasi di Tempat Kerja"

1.Dasar-dasar Komunikasi

Sebagai makhluk social, manusia tidak akan terlepas dari ikatan kelompok masyarakat pada umumnya. Maka dari itu didalam kehidupan sehari-hari manusia selalu mengadakan komunikasi dengan manusia lainnya untuk memperhatikan kehidupannya.
Kehidupan manusia sehari-hari selalu terlibat dengan memberi dan menerima informasi. Dengan melaksanakan komunikasi terjadilah integrasi kedalam tata pergaulan bermasyarakat. Oleh karena itu komunikasi dalam wujud pertukaran informasi dalam masyarakat sangat penting untuk keberhasilan manusia sebagai individu maupun kelompok.
Kata Komunikasi berasal dari bahasa Latin “Communicare” yang artinya memberitahukan.
Menurut bahasa Inggris“Communication” yang artinya suatu pertukaran informasi, konsep, ide, perasaan lain-lain antara dua atau lebih.
Menurut Oxford Dictionary adalah pengiriman atau tukar menukar informasi, ide, dll.
Menurut kamus Bahasa Indonesia artinya perhubungan.
Sedang menurut ensiklopedia adalah penyelenggaraan tata hubungan kegiatan menyampaikan warta dari satu pihak ke pihak lain dalam suatu organisasi

a)Komponen Komunikasi

Komponen, menurut kamus Bahasa Indonesia adalah bagian yang berperan atau merupakan Negatif-unsur/elemen-elemen.
Adapun komponen-komponen yang terlibat dalam komunikasi adalah :

1)Komunikator (Communicator)
Adalah seseorang yang menyampaikan pesan atau informasi. Dengan kata lain komunikator itu tempat asal
sumber pengertian yang dikomunikasikan. Komunikator dapat perseorangan atau kelompok.
Misalnya: guru, produsen, dll

2)Komunikan (Communicatee)
Adalah seseorang yang menerima pesan atau informasi.  dapat berupa perseorangan atau kelompok.
Misalnya:
1)Kepala Sekolah menerima laporan dari guru-guru
2)Siswa menerima pelajaran
3)Pesan (Massage)
Adalah berita yang mengandung arti.
Message adalah “pengertian” dari komunikator yang penyampaiannya diubah menjadi lambang-lambang.
Lambang tersebut dapat berupa : sinar, suara, gerakan, atau bahasa manusia baik lisan maupun tulisan.
Misal: iklan, spnduk, dll

4)Saluran
Adalah sarana tempat berlalunya lambang-lambang. Saluran  dapat berupa pendengaran, penglihatan, penciuman, rabaan, dan lain-lainnya.

5)Sikap
Adalah tanggapan dari pihak komunikan terhadap komuni kator. Lambang-lambang itu oleh komunikan ditafsirkan atau di pahaminya.

b)Jenis-jenis media komunikasi

Dalam proses komunikasi diperlukan media komunikasi, yaitu alat, sarana, atau saluran yang digunakan dalam komunikasi.
Jenis media komunikasi itu bermacam-macam, antara lain berupa bahasa, tulisan, isyarat, alat peraga, atau alat elektronik. Media komunikasi merupakan unsur yang sangat penting dalam proses komunikasi. Dengan menggunakan media komunikasi maka aliran informasi dapat dikirim atau diterima dengan cepat dan mudah.

Secara umum fungsi media komunikasi adalah sebagai berikut:
1)Alat atau saluran untuk menyampaikan informasi
2)Alat untuk penterjemah lambang komunikasi
3)Alat untuk mempercepat dan mempersingkat penyampaian informasi
4)Alat untuk menghibur (to entertaint) dan mendidik (to educate)
5)Alat untuk mempengaruhi masyarakat (to change the society)

Berdasarkan cara penggunaannya, terdapat 3 jenis media komunikasi, yaitu :
a.Media Komunikasi Audio, yaitu alat komunikasi yang dapat
ditangkap, didengar, dan dipahami oleh pendengaran.
Misalnya : telepon, intercom, radio, tape recorder, dll
b.Media Komunikasi Visual, yaitu alat komunikasi yang dapat
ditangkap, didengar, dan dipahami oleh penglihatan.
Misalnya : surat, buku, surat kabar, majalah, bulletin, dll
c.Media Komunikasi Audio-Visual , yaitu alat komunikasi yang dapat
ditangkap, didengar, dan dipahami oleh pendengaran dan   penglihatan.
Misalnya : televise, film layar lebar, VCD, internet, dll


0 komentar:

Post a Comment