Cara Membuat Pakaian Sendiri

 Cara Membuat Pakaian Sendiri

cara membuat baju
 Cara Membuat Pakaian Sendiri

 



cara membuat baju - Pernahkah Anda melihat gaun cantik di panggung peragaan busana atau majalah mode mengilap yang harganya selangit? Atau mungkin Anda membayangkan gaun indah yang tidak bisa Anda temukan di toko atau butik mana pun? Artikel ini menyajikan beberapa teknik dasar untuk membuat gaun sendiri, serta uraian singkat tentang beberapa model gaun yang lebih mendetail.

Metode 1

Menyiapkan Pembuatan Gaun


    Pilihlah kain yang Anda inginkan. Kain apa pun dapat digunakan untuk gaun, tetapi jika Anda belum pernah menjahit sebelumnya, cobalah memilih kain yang mudah atau katun. Carilah kain yang sesuai dengan warna, corak, dan tekstur yang Anda butuhkan. Sutra atau bahan yang berat sulit dijahit jika Anda belum terbiasa. Selain itu, pilihlah kain yang cukup tebal sehingga Anda tidak perlu menambah vuring atau memakai rok dalam. Anda membutuhkan sekitar 2 hingga 3 meter kain tergantung ukuran tubuh dan panjang gaun.
        Selain membeli kain, Anda bisa menggunakan baju kaus berukuran sangat besar untuk dirombak menjadi gaun. Carilah di toko pakaian bekas atau di tumpukan paling bawah lemari Anda.
        Carilah kain dengan kreatif dan jika mau gunakan seprai atau gorden sebagai bahan untuk gaun. Jika tidak mau mengorbankannya, Anda dapat berhemat dengan membeli seprai atau gorden dari toko barang-barang antik atau bekas.


    Cucilah kain terlebih dahulu. Untuk menghilangkan kerutan atau noda, serta membiarkan kain menyusut sebelum dijahit, Anda harus mencuci kain terlebih dahulu. Setelah kain dicuci dan dikeringkan, setrikalah supaya licin dan siap dijahit.



    Pilihlah pola. Menjahit gaun adalah salah satu proyek yang cukup rumit untuk pemula dan akan lebih mudah jika menggunakan pola gaun. Pola digunakan sebagai dasar untuk memotong kain yang dibuat berdasarkan ukuran dan model spesifik. Jika tidak bisa membuat pola sendiri, Anda dapat mencarinya di internet secara gratis atau dengan harga murah, atau membeli di toko kain/alat-alat jahit. Pilihlah pola dengan model dan bentuk yang Anda suka dengan ukuran yang benar untuk tubuh Anda.



    Buatlah pola tiruan. Jika Anda tidak menggunakan pola seperti yang disebutkan di atas, Anda dapat membuat pola sendiri dengan mencontoh gaun Anda yang sudah jadi. Carilah gaun yang Anda suka dan pas di badan, lalu gunakan sebagai cetakan untuk membuat pola. Gaun baru Anda ini nantinya akan memiliki mode yang sama dengan gaun yang dijadikan contoh.


    Ukurlah badan Anda. Jika menggunakan pola asli, ukurlah badan Anda dengan pita meteran. Untuk membuat pola tiruan, lipat gaun yang sudah jadi menjadi dua memanjang. Letakkan di atas kain (yang juga dilipat dua memanjang), lalu buat garis mengikuti tepi gaun. Anda dapat mengubah panjang gaun baik dengan pola atau ukuran sendiri dengan mengukur dari pinggul hingga panjang yang Anda inginkan, dan terapkan perubahan tersebut pada kain.[1]

Metode 2

Membuat Gaun




    Potonglah kain. Hamparkan kain di permukaan rata (atau lipat jadi dua jika pola mengharuskan) dan letakkan pola di atasnya. Potonglah kain mengikuti garis panduan agar sesuai dengan model yang diinginkan. Jika Anda menggunakan pola dari baju jadi, ikuti garis yang telah dibuat setelah melipat gaun menjadi dua dan ditempatkan di sepanjang tepi kain yang terlipat. Potonglah garis tersebut, dan buka lipatan kain untuk melihat bagian badan depan gaun Anda.
        Tambahkan 2 cm lebih lebar di tepi kain untuk jahitan. Biasanya pola yang dijual telah menyertakan sisi ekstra ini, tetapi Anda harus mengingatnya jika membuat pola dengan mencontoh gaun yang sudah jadi.
        Jika ingin membuat bagian lengan, potonglah kain yang terpisah dari bagian badan. Potonglah bagian badan tanpa lengan lebih dahulu, lalu sambung bagian lengannya kemudian.
        Pastikan Anda juga memotong bagian badan belakang dengan metode yang sama seperti memotong bagian depan.


    Mulailah menjahit. Ikuti garis jahitan sesuai petunjuk di pola. Biasanya bagian sisi badan yang dijahit terlebih dahulu. Balik kain hingga bagian dalam ke arah luar dan lipat 0,5 cm di kedua sisinya, gunakan setrika supaya lipatan rata. Kemudian, gunakan tusuk zig-zag/biku untuk menyambung bagian depan dan belakang, lalu tusuk rata untuk mengunci jahitan pada badan gaun. Tusuk rata akan meratakan kain di sepanjang jahitan dan menambah tampilan yang lebih profesional.
        Ikuti semua petunjuk pada pola untuk menjahit bagian-bagian gaun yang lain.
        Jika pola memandu Anda untuk menjahit bagian lain terlebih dahulu selain bagian sisi badan, ikuti saja.


    Jahitlah bagian leher. Untuk garis leher sederhana, lipat 0,5 cm kain di sepanjang sisi leher dan setrika hingga rata. Gunakan tusuk lurus di sepanjang garis leher untuk mengelim supaya tidak berjumbai. Anda dapat mengatur rendah-tingginya garis leher dengan mengukur jarak dari pinggang ke arah garis leher yang diinginkan, lalu potong dan jahit bagian leher menurut ukuran tersebut.



    Kelimlah bagian bawah. Lipat 0,5 cm kain di bagian bawah dan setrika hingga rata. Jika bisa, pinggiran kain sebaiknya diobras agar tidak berserabut. Kemudian gunakan tusuk lurus untuk menjahit keliman. Sampai di sini, bagian bawah gaun sudah rapi.



    Beri sentuhan akhir. Jika mau, tambahkan ritsleting pada sisi atau belakang gaun sebagai bukaan. Anda juga dapat menambahkan renda, kerut, lis, atau manik-manik untuk memberi aksen. Bagaimanapun juga ini adalah gaun Anda sendiri dan kesempatan untuk menunjukkan gaya Anda. Jadi lakukan apa pun yang Anda mau.

Metode 3



Membuat Gaun Gaya Lain



    Buatlah gaun dari seprai berkaret. Jika di rumah ada seprai bagus atau Anda ingin menghemat uang, pelajari cara membuat gaun dari seprai. Karet pada seprai bisa menjadi karet di bagian pinggang gaun, sementara ukurannya yang besar cukup untuk membuat gaun.


    Ubah rok pendek menjadi gaun. Jika Anda ingin membuat gaun yang cantik dalam waktu cepat, gabungkan rok pendek dengan atasan cantik. Anda dapat membuat atasannya sendiri dengan kain biasa lalu sambungkan dengan rok. Ini adalah proyek singkat yang dapat dikerjakan jika Anda tidak punya waktu.


    Buatlah gaun flapper dari tahun 1920-an. Gaun flapper adalah proyek yang mudah dikerjakan, baik karena Anda menyukai mode ’20-an ataupun untuk dikenakan ke pesta kostum. Sambungkan gaun pendek biasa dan beberapa lapis jumbai dengan sedikit kemampuan menjahit. Anda siap untuk pesta Gatsby.


    Buatlah gaun prom sendiri. Tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk gaun prom karena Anda bisa membuat gaun impian sesuai dengan keinginan. Carilah pola gaun yang cantik, kain sempurna, dan ciptakan gaun malam Anda sendiri. Orang-orang akan terpesona dengan gaya dan kemampuan Anda menjahit.

Tips


    Ikuti saran lama untuk mengukur dua kali dan memotong sekali. Lebih baik cari aman dan mengulang ukuran daripada salah memotong.
    Jangan terburu-buru. Menjahit sekali tetapi hati-hati akan lebih cepat daripada menjahit cepat lalu dirombak lagi karena kesalahan.
    Mintalah orang lain untuk mengukur badan Anda agar hasilnya akurat.
    Carilah pola gaun gratis yang dapat diunduh di internet.
    Ketika membuat atau membeli gaun, pastikan warna dan modelnya bagus dan sesuai dengan warna kulit/bentuk tubuh Anda.
    Lakukan pengukuran beberapa kali supaya gaun pas di badan. Selain itu, usahakan membuat gaun yang mempercantik bentuk tubuh Anda.


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang    cara membuat baju

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Cara Membuat Pola Baju untuk Pemula, Pahami Dasar dan Triknya

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka kursus menjahit :  https://id.wikihow.com/Membuat-Pakaian-Sendiri

0 komentar:

Post a Comment