, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Cerita Jahit Rok Tumpuk

 Cerita Jahit Rok Tumpuk

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Cerita Jahit Rok Tumpuk



cara membuat jual baju anak rok tumpuk - Halooo … Manteman. :D

Beberapa hari yang lalu, tiba-tiba saya dan anak-anak harus ke Makassar. Saya perlu cabut gigi. :cry:

Pas saya lagi packing barang-barang yang mau dibawa, saya keingetan kalo rok bangkok yang biasa saya pakai ternyata belom dicuci. *gelindingan* Saya suka pake rok bangkok soalnya gede gitu. Enak dibawa melangkah. Gak nyangkut-nyangkut di kaki. Kalaupun saya nekat buat nyuci rok bangkok itu, kayaknya gak bakalan kering juga pas saya berangkat, jadinya saya memutuskan untuk …

… untuk jahit rok baru aja~

Saya punya bahan polka dot merah hitam dua meter. Ini katun jepang, jadi agak saya eman-eman sih…. Awalnya saya pengen bikin daster dari bahan ini. Tapi yah, akhirnya berubah pikiran deh. :D

Saya pengen nyeritain aja proses ngejahitnya ya, Manteman. Nanti kalo udah agak pinter dikit san udah mulai paham tentang pola, saya mungkin bakalan baru berani buat bikin tutorial. :cutesmile:

Pertama, saya ngukur berapa panjang rok yang mau saya buat. Pas saya ukur, panjang rok yang pas di badan saya itu sekitar 90 cm. Jadi ukuran 90 cm ini saya bulatkan jadi 100 cm dan saya bagi tiga bagian untuk tiga tumpuk bagian rok. Jadi nanti roknya makin ke bawah, kainnya makin panjang dan itu bakalan ngebikin roknya jadi megar. 10 cm lebihnya, saya itung sekalian buat kampuh.

IMG_4258edit

100 cm itu saya bagi jadi:

1. Bagian atas rok: panjang 120 cm lebar 40 cm.

2. Bagian tengah rok: panjang 160 cm lebar 30 cm.

3. Bagian bawah rok: panjang 200 cm lebar 30 cm.

IMG_4260edit

Untuk ngebikin rempelnya, saya bikin pake bantuan jarum pentul. Jadi diukur dan dikira-kira gitu biar dua bagian rok yang disatukan bisa sama panjangnya. Selisih dari panjang dua tumpukan rok, jadi bagian buat rempel. Jadi misalnya antara bagian atas sama tengah rok selisih panjangnya 40 cm, nah 40 cm ini panjang untuk rempelnya.

IMG_4263edit

Saya juga ngejahit sisi tepi roknya pake jahitan hem biar rapi. Jadinya setelah rempelnya dijahit, kayak gini penampakannya:
IMG_4264edit

Kalau dibalik ke bagian kain yang bagusnya:
IMG_4266edit
Saya menambahkan jahitan lagi biar rempelnya lebih steady. Jadinya kayak gini:
IMG_4269edit
Untuk ban pinggangnya, saya ngukur panjang lingkar pinggang saya sekitar 70 cm. Tapi ini hanya untuk ukuran panjang karet yang akan digunakan. Untuk kainna sendiri saya pakai sepanjang bagian atas rok (120 cm) dan lebarnya 10 cm.
IMG_4273edit
Lebar ban pinggang ini saya sesuaikan dengan lebar karet yang akan digunakan. Kalau bisa jangan terlalu lebar dan jangan pas-pasan juga, nanti susah masukin karetnya. Karetnya ini dimasukin nanti setelah roknya selesai dijahit.
IMG_4275edit
Ban pinggannya saya jahit ke bagian atas rok dengan bantuan jarum pentul biar gak gerak-gerak. Soalnya lumayan susah juga buat pemula kayak saya.
IMG_4277edit
Waktu ngejahit, saya emang ngebiarin jarum pentulnya dilewati jarum jahit. Jadi masang pentulnya kayak gambar di bawah ini. Karena jarum pentul itu tipis, dia gak akan kejahit juga sama di jarum jahit Nanti setelah selesai ngejahit, baru jarumnya dilepas.
IMG_4285edit
Nah, ini hasil jadi rok tumpuk saya:
IMG_4284edit
Lumayan lah. Gak malu-maluin buat dipake jalan-jalan.
Ternyata, bahan yang saya pakai sisanya masih banyak. Tapi bentuknya potongan gitu. Jadi saya buat untuk rok Isha dan Inda. Cara jahitnya sama dengan cara menjahit rok saya, tapi tumpukannya hanya dua. Untuk hiasannya, saya buat dari bahan yang diikat seperti pita.
IMG_4271edit
Jadinya kayak gini:
IMG_4293edit
Jadi, dari 2 meter seharga Rp. 70. 000,- saya bisa membuat tiga buah rok. Lumayan banget ya daripada beli. Dan kayaknya seru juga kalo saya nanti jalan-jalan pake rok kembaran sama anak-anak kayak gini. Hahahaaaa….
IMG_4297edit
Buat ngobrasnya, saya bawa ke tukang jahit di dekat rumah saya, ongkosnya Rp. 4.000,- untuk tiga rok.


Segitu dulu ya ceritanya, Manteman. :D

Nanti saya cerita-cerita lagi. Saya lagi belajar bikin pola baju tidur anak di AI biar bisa di download dan nanti saya buat tutorial menjahitnya. Tapi karena saya ada di Makassar sampe awal bulan, kayaknya baru bisa saya kerjain awal bulan depan.

Makasih udah mbaca. :cutesmile:


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara membuat jual baju anak rok tumpuk

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Mengenal usaha Bordir dan Mesin bordir Komputer

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://deliciouscraft.com/2013/10/cerita-jahit-rok-tumpuk/

0 komentar:

Post a Comment