BAB I PENDAHULUAN

BAB I

PENDAHULUAN



1.1.    Latar Belakang Masalah

Hiasan merupakan suatu yang dapat mempercantik barang yang lain atau benda lain. Hal itu berarti ada keterkaitan antara benda yang satu dengan benda yang lain, dan sangat jelas terlihat bila kita lihat misalnya antara tas pastinya dapat lebih menarik jika kita memberikan hiasan seperti gantungan kunci pada resletingnya. Hiasan seperi gantungan juga dapat dipakai sebagai gantungan kunci. Dengan adanya kreativitaslah yang dapat menjadikan hiasan cantik menjadi unik, dan banyak orang yang ingin mengetahui bagaimana cara menjadikan barang yang mereka punya dapat terlihat lebih menarik. Oleh karena itu biasanya orang-orang mencari solusi dengan berbagai cara, salah satunya dengan bahan yang sederhana saja dapat dijadikan hiasan menarik seperti gantungan kunci kain flannel atau kain felt. Selain itu gantungan kain flannel juga banyak di pesan sebagai souvenir pernikahan, hadiah ataupun koleksi.
Seiring dengan banyaknya kebutuhan untuk mengkoleksi ataupun menjadikan souvenir, maka munculah pula bisnis yang menawarkan jasa pembuatan pernak-pernik dan souvenir lucu dari kain flannel.

1.2.    Rumusan Masalah

Berdasarkan dari latar belakang tersebut dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut:
1. Mengapa banyak orang yang tertarik dengan hiasan ataupun pernak-pernik dari
    kain flannel?
2. Apa yang di butuhkan untuk membuat gantungan dari kain flannel?
3. Berapa kisaran harga pada souvenir dari kain flannel?
4. Sasaran pasar yang bagaimanakah yang tepat untuk bisnis souvenir kain flannel?
5. Apa manfaat yang dapat diambil dari konsumen dan produsen?

1.3.Tujuan

Berdasarkan dari latar belakang tersebut, adapun tujuannya yaitu sebagai berikut :
1. Memberikan informasi kepada masyarakat untuk tetap mengembangkan dan melestarikan kreativitas yang dapat bermanfaat dalam bisnis terutama dalam bisnis souvenir dari kain flannel.
2.  Memberikan pengetahuan untuk memulai usaha dalam bidang kreativitas melalui aneka souvenir dari kain flannel.
3.  Memberikan ide – ide kreatif  dalam mengembangkan usaha dengan kreativitas
     terutama dalam pembuatan souvenir dari kain flanel.

1.4.Latar Belakang Perusahaan.
    1.4.1.DATA PERUSAHAAN
1.Nama Perusahaan     : BSI Flanel Craft
2.Bidang Usaha     : Souvenir
3.Jenis Produk     : Usaha Kain flannel
4.Alamat Perusahaan     : Jln.Kalibata Raya No.11 Jakarta-Selatan
5.Nomor Telepon     : ( 021) 7922219
6.Alamat Email     : BSIFlannel_Craft@yahoo.com
7.Bank Pendukung     : Bank Central Asia
8.Mulai Berdiri     : 10 Oktober 2010
 1.4.2.BIODATA PEMILIK /PENGURUS
1.Nama             : Anis Nur Azizah
2.Jabatan             : Pemilik
3.Tempat/Tanggal lahir     : Jakarta,25 November 1991
4.Alamat Rumah         : Jln.Kalibata Raya No.11 Jakarta-Selatan
5.Nomor Telepon         : ( 021) 94311765
6.Alamat Email         : Nisnos@yahoo.co.id
7.Pendidikan Terakhir     : D3
BAB II
PEMBAHASAN


2.1. Awal Mula Bisnis Kreasi dari Kain Flannel

Berkreasi tidak hanya dapat dilakukan dengan barang yang rumit dan sulit didapat. Tetapi hanya dengan bahan yang sederhana dapat dijadikan hasil kreasi yang memuaskan bahkan dapat mendatangkan keuntungan. Kreasi juga bias dating dari sekedar hobi, hobi ternyata bisa mendatangkan keuntungan.
Dari tangan-tangan kreatif, sebuah hobi bisa mendatangkan tambahan penghasilan dalam jumlah yang lumayan. Hal utama yang diperlukan dalam mengembangkan bisnis adalah komitmen. Aneka kreasi bisa dijadikan souvenir/cinderamata. Salah satu kretivitas yang bisa dijadikan souvenir adalah kain flannel. Kain flannel tidak hanya mengandalkan kreativitas tetapi juga harus dibarengi oleh keterampilah menjahit. Untuk itu bagi anda yang sangat tertarik dengan pernak-pernik dari kain flannel dan ingin membuat sendiri harus memiliki keterampilan menjahit.
Hiasan ataupun souvenir ini banyak diminati oleh anak-anak, remaja ataupun orang dewasa. Bentuknya yang unik dan lucu sesuai pemintaan membuat orang menyukai souvenir tersebut. Kegunaan kerajinan ini adalah sebagai souvenir ulang tahun, koleksi, souvenir pernikahan, hadiah ulang tahun, dll. Bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan yang mudah didapat dan murah. Hal yang diperlukan dalam membuat kerajinan adalah kreatif. Dengan kreativitas, akan tercipta bentuk-bentuk yang unik dan lucu. Harga untuk bahan bakunyapun relative murah. Kemudian bahan – bahan lainnya seperti ring gantungan dan benang sangat mudah didapat serta mudah dijangkau.

2.1.1. Informasi yang dapat diberikan Sebagai Ketertarikan Konsumen

Sesuatu yang dibuat dengan cara sederhana tetapi memiliki daya tarik dan keunikan tentu saja dapat membuat sebagian orang menjadi penasaran. Seperti pada halnya kreasi yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar kain flanel ini dapat menarik masyarakan untuk mengkoleksi ataupun untuk dijadikan sebagai souvenir. Dalam pembuatan kreasi pernak-pernik dari kain flanel ini bukan hanya kretivitas yang dibutuhkan tetapi juga keterampilan menjahit, karena biasanya dalam pembuatanya yang biasa dipesan harus sesuai dengan permintaan si konsumen.

2.2. Latar Belakang Identitas Pengusaha
Meski masih kuliah, namun anak-anak kampus BSI ini berkeinginan membuka usaha. Bersama teman-temannya, ia membuka industri rumahan dengan membuat berbagai kreasi kerajinan tangan dari kain flanel.
Berawal dari hoby Usaha rumahan ini mendatangkan peluang usaha dan sumber pendapatan bagi kami. Namun kala itu, ia hanya membuat dan menawarkan kepada teman kuliahan, tetangga dan kerabat dekat saja melalui secara langsung maupun lewat facebook. Hingga pada pertengahan 2010 kami mulai memproduksi sendiri, yang kemudian berdagang lapak dari lapak satu ke lapak lain setiap akhir minggu. Belanja dan membuat kemudian menjual sendiri hasil kreasi flannelnya.
BSI Flannel Craft dipilih kami sebagai nama usahanya yang  diambil dari nama kampusnya. “Bunyinya simpel dan mudah diingat orang,” .
Usaha kerajinan flannel sendiri amat prospektif sebab belum banyak yang melirik peluang usaha ini khususnya didaerah kami. Dan tentu saja usaha tersebut memberikan energi baru dan semakin menambahkan penghasilan.
Selain itu ada juga kreasi flannel dengan permainan huruf dan angka yang dapat merangsang psikomotor anak. Softcase notebook dan HP, berbagai aplikasi flannel lucu yang dibuat gantungan kunci dan HP.



2.2.1     Personalia dan Perlengkapan kantor.

    Dalam usaha flannel ini kami mempunyai 10 personil tenaga kerja yang masing-masing personil mempunyai tugasnya masing-masing, diantaranya :
1.    Anis Nur Azizah sebagai Pemilik Usaha.
2.    Shala Putrianti sebagai Administrasi / keuangan
3.    Desi Paramita Dewi sebagai  Pemasaran
4.    Laksmi lestari sebagai  Pemasaran.
5.     Yane sebagai  koordinator Pelaksana Pengiriman Produk.
6.     Denih Mulia  sebagai Driver.
7.      Isna  Andini sebagai kepala produksi.
8.      Eva  Sarifatul  Wafa sebagai bagian produksi
9.      Anita Yuliana Sirait sebagai bagian produksi
10. Arif Dana Maulana sebagai bagian produksi
11.    Emeline Victorine sebagai bagian produksi.

    Adapun Perlengkapan kantor sebagai berikut :
1.    memiliki 1 ruang produksi yang nyaman
2.    memiliki 1 unit komputer
3.    memiliki 1 telepon kantor
4.    memilikli 1 unit motor

2.3.Produksi Kain Flannel.
2.3.1.Alat dan Bahan yang Dibutuhkan dalam Pembuatan Kreasi dari Kain Flannel

Dalam pembuatan pernak-pernik dari kain flanel tentu saja harus menggunakan alat dan bahan. Alat dan bahan yang digunakan sangat sederhana dan mudah didapat, seperti :
1. Kain flanel dengan ukuran sesuai selera
2. Gunting kain
3. Benang woll
4. Lem ( jika diperlukan)
5. resleting (jika diperlukan)
7. ring gantungan (jika diperlukan)
8. Pensil
9. Jarum jahit
10. Aneka Pita
11. Pernak Pernik Hiasan 
Alat dan bahan tersebut dapat digunakan sesuai dengan bentuk dan motif yang diinginkan. Bentuknya juga bervariasi seperti bentuk buah-buahan, kepala binatang dan dengan berbagai fungsi seperti untuk gantungan, tempat HP, tempat pensil, taktakan gelas, pembatas buku, dompet koin dan lain-lain

2.3.2.Proses pembuatan.
    Persiapkanlah bahan dan alat yang digunakan seperti: kain flannel aneka warna, benang sulam & benang jahit, jarum, gunting, manik-manik hitam, ritsleting, tali, dan lem serbaguna.
    Buatlah pola kreasi yang diinginkan pada kertas karton, gunting lalu pindahkanlah pola tersebut pada kain flannel dengan menggunakan pensil/pulpen gel (untuk kain flannel berwarna cerah) atau kapur jahit (untuk kain flannel berwarna gelap).
    Gunakanlah kain flannel yang bersih dan tidak memiliki bekas lipatan. Untuk merapikan kain flannel yang memiliki bekas lipatan, seterikalah dengan hati-hati dan suhu seterika jangan terlalu panas.
    Gunakanlah benang sulam untuk menjahit kain flannel, warnanya disesuaikan dengan warna kain flannel.
    Ada beberapa jenis teknik tusuk jahit dan tusuk hias, diantaranya tusuk feston, tikam jejak, jeruji dan tusuk pipih. Yang paling sering digunakan adalah tusuk feston karena selain memperindah bentuk kreasi yang dihasilkan, tusuk feston ini berguna untuk merapikan pinggiran kain flannel, menggabungkan 2 lembar kain yang memiliki bentuk dan ukuran yang sama, serta untuk menjahit ritsleting pada kain.



2.3.3.Produk Yang Dihasilkan

Dewasa ini, Minded yang dimiliki masyarakat lebih mementingkan kepada suatu hal yang berbeda dan orisinal dibandingkan dengan orang kebanyakan, terutama pada bidang fashion. Hal ini dapat dicontohkan dengan banyaknya suatu tren ala Jepang, dimana istilahnya adalah Harajuku.
Kita dapat mengekspresikan diri kita dengan berbagai macam gaya. Untuk mendukung hal tersebut, tak jarang orang-orang menggunakan suatu aksesoris untuk menambah kesan agar terlihat lebih modis. Melihat hal tersebut, kami bermaksud untuk mengambil kesempatan untuk memulai suatu usaha di bidang aksesoris. Belum banyak orang mengetahui suatu produk yang diproduksi menggunakan suatu bahan seperti kain flannel. Apabila kain flannel dikreasikan dengan baik, maka hasil yang didapatkan akan tampak menarik. Berikut beberapa produk berbahan flannel yang dihasilkan, seperti:









Gambar 2.1 Kantong Souvenir Rp. 10.000,-


Gambar 2.2 Bross Rp. 5.000,-







   
Gambar 2.3 Tempat Pensil Rp. 10.000,-






   
            Gambar 2.4 Dompet Rp. 9.000,-


Gambar 2.5 Dompet Hp Rp. 15.000,-












   
           Gambar 2.6 Frame Rp. 35.000,-


Gambar 2.7 Sampul Memo Rp. 13.000,-









Gambar 2.8 Sampul Binder Rp. 25.000,-






2.3.4.Penetapan Harga
Harga jual dari produk yang kami jual sesuai dengan jenis tipenya, adapun jenis tipe tersebut adalah sebagai berikut :
•    Produk dengan Tipe (S) = Rp. 3.000 – Rp. 10.000, yaitu berupa gantungan kunci, gantungan handphone, tempat pensil, dll.
•    Produk dengan Tipe (M) = Rp. 15.000 – Rp. 25.000, yaitu berupa tas souvenir, sampul binder, dll.
•    Produk dengan Tipe (L) = > Rp. Rp.30.000, yaitu berupa frame photo, dll.

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.