Cara Mengambil Ukuran Badan


Cara Mengambil Ukuran Badan

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Cara Mengambil Ukuran Badan


cara mengambil ukuran dari ketiak - Mengambil Ukuran

Sebelum kita membuat busana, kita mesti mengambil ukuran yang akan dibutuhkan dalam pembuatan pola. Berikut ini cara mengambil ukuran badan wanita;

    Lingkar Leher (LL) : Diukur sekeliling batas leher, dengan meletakkan jari telunjuk di lekuk leher.
    Lingkar Badan (LB) : Diukur sekeliling badan atas yang terbesar, melalui puncak dada, ketiak, letak pita ukur pada badan belakang harus datar dari ketiak sampai ketiak lainnya. Diukur pas, lalu ditambah 4cm, atau diselakan 4 jari.
    Lingkar Pinggang (LP) : Diukur sekeliling pinggang, pas dahulu, kemudian ditambah 1 cm, atau diselakan 1 jari. Untuk pinggang ban rok dan slack boleh dikurangi 1 cm.
    Lingkar Panggul (LPa) : Diukur sekeliling badan bawah yang terbesar dengan pita ukur datar. Diukur pas, kemudian ditambah 4 cm atau diselakan 4 jari.
    Tinggi Panggul (TPa) : Diukur dari bawah ban petar pinggang sampai dibawah pan petar di panggul.
    Pangjang Punggung (PP) : Diukur dari tulang leher yang menonjol di tengah belakang lurus kebawah sampai dengan ban petar bagian bawah.
    Lebar Punggung (LP) : Diukur 9 cm di bawah tulang leher yang menonjol atau pertengahan jarak bahu terendah dan ketiak dari batas lengan kiri sampai batas lengan kanan.
    Panjang Sisi (PS) : Diukur dari batas ketiak ke bawah ban petar pinggang dikurangi 2 cm atau 3 cm.
    Lebar Muka (LM) : Diukur pada 5 cm di bawah lekuk leher atau pertengahan jarak bahu terendah dan ketiak dari batas lengan kanan sampai batas lengan kiri.
    Panjang Muka (PM) : Diukur dari lekuk leher di tengah muka ke bawah sampai di bawah ban petar pinggang.
    Tinggi Dada (TD) : Diukur dari ban petar pinggang, tegak lurus ke atas sampai di puncak buah dada.
    Panjang Bahu (PB) : Diukur pada jurusan di belakang daun telingan dari batas leher ke puncak lengan, atau bahu yang terendah.
    Ukuran Uji (UU) : Disebut juga ukuran control. Diukur dari tengah muka di bawah ban petar serong melalui puncak buah dada ke puncak lengan terus serong ke belakang sampai tengah belakang pada bawah ban petar.
    Lingkar Lubang Lengan (LLL) : Diukur sekeliling lubang lengan, pas dahulu kemudian ditambah 2 cm untuk lubang lengan tanpa lengan, dan ditambah 4 cm untuk lubang lengan yang akan dipasangkan lengan.
    Panjang Lengan Blus (PLB) : Diukur dari puncak lengan terus ke bawah lengan sampai melewati tulang pergelangan tangan yang menonjol.
    Lebar Dada (LB) : Diukur dari kedua puncak buah dada. Ukuran ini tidak digunakan untuk konstruksi pola, hanya untuk ukuran pemeriksa.


 cara mengambil ukuran badan wanita
Mengukur harus dilakukankan dan dipelajari dengan penuh perhatian. Ukuran yang diambil dengan baik, akan memberikan kesan ketegasan yang menjadi dasar kokoh untuk menggambar pola dan membuat pola yang sebenarnya.

Bila akan mengukur atau diukur maka ikatlah peterband di pinggang. Sebaiknya perhatikanlah dengan seksama bentuk badan, pinggang dan panggul, sebab dalam prakteknya kita menghadapi bermacam-macam bentuk badan dari masing-masing orang yang kita ukur.


A. BAGIAN_BAGIAN YANG PERLU DIUKUR

    Lingkar Badan (LB) diukur badan yang paling besar melingkari buah dada melalui ketiak terus kebelakang lurus, kemudian ditambah 4cm.
    Panjang Dada (PD) diukur dari lekuk leher sampai batas pinggang.
    Lebar Dada (LD) diukur dari lengan kiri sampai lengan kanan pada tinggi setengah jarak bahu yang terendah sampai ketiak ataukurang lebih 5 cm di bawah lekuk leher.
    Panjang Sisi (PS) ketiak diberi mistar/penggaris diukur dibawah ketiak turun 2cm sampai pinggang.
    Lebar Bahu (LB) diukur dari batas leher sampai bahu yang terendah bagian luar.
    Lingkar Leher (LH) diukur keliling leher licin ditambah 2cm.
    Tinggi dada (TD) diukur dari payudara sampai pinggang.
    Lingkar Pinggang (LP) diukur sekeliling yang diikat peterband kemudian ditambah 1cm.
    Panjang Punggung (PP) diukur dari tulang leher yang menonjol sampai batas pinggang yang diikat.
    Lebar Punggung (LP) diukur dari batas lengan kiri sampai batas lengan kanan (sebelum diukur diturunkan terlebih dahuu 8cm dibawah lekuk leher).
    Jarak Payudara (JPD) diukur dari puncak payudara sebelah kiri ke sebelah kanan.
    Lingkar Kerung Lengan (LKL) diukur sekeliling ketiak keadaan licin kemudian ditambah 4cm.

B. CARA MENGAMBIL UKURAN ROK WANITA

     Lingkar Pinggag (LPi) diukur sekeliling pinggang yang diikat dengan peterband ditambah 1cm.
    Lingkar Panggul (LPa) diukur bagian panggul yang terbesar dari ukuran pas, kemudian ditambah 4cm atau 4 jari.
    Tinggi Pinggul (TPa) diukur dari pinggang sampai batas untuk mengambil ukuran panggul.
    Panjang Rok (PR) diukur dari pinggang sampai batas yang diinginkan.

Setelah mencoba mempraktekan cara mengambil ukuran-ukuran di atas, selanjutnya anda  dapat menerapkan ukuran-ukuran tersebut dalam membuat pola. Untuk lebih mudahnya, kita akan membuat pola dasar rok wanita terlebih dahulu, yang dapat anda simak di cara membuat pola dasar rok wanita.


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara mengambil ukuran dari ketiak

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Cara Service Mesin Jahit karena Jahitan Loncat

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://ussyamarngeblog.blogspot.co.id/2014/01/cara-mengambil-ukuran-badan-wanita.html

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.