APLIKASI UTILITY INTERNAL WINDOWS

APLIKASI UTILITY

INTERNAL WINDOWS



7.1.    System Tools
Windows menyediakan fasilitas untuk menata, mencari Informasi dan memecahkan masalah pada sistem komputer. Fasilitas-fasilitas tersebut berada pada kelompok program System Tools dalam kelompok Accessoris. Beberapa Fasilitas tersebut antara lain :
7.1.1.Disk Cleanup
Disk Cleanup berguna untuk membersihkan disk dari data atau file yang tidak diperlukan, Misalnya file yang dihapus dan masih tersimpan dalam recycle Bin, File Temporer dll. Dengan demikian akan diperoleh tempat bebas yang lebih banyak dalam disk.
Untuk Menjalankan Disk Cleanup caranya adalah sebagai berikut :
•    Klik Tombol Start →Program→Accessoris→System Tools→Disk Cleanup Sehingga akan muncul tampilan select drive yang akan dibersihkan.
•    Tentukan drive yang akan dibersihkan, trus klik tombol OK.
(windows secara otomatis akan memeriksa drive atau disk dan menunjukkan direktori atau file yang menurut windows sudah tidak berguna lagi atau bisa dibersihkan).
•    Setelah anda menentukan pilihan kemudian klik OK.
Option yang lain bisa dipilih untuk keperluan membuang:
    Paket windows yang tidak diperlukan
    Program yang sudah ter-install
    Semua program dan menjalankan system restore

Gambar 7.1. Dialox box disk cleanup
7.1.2.Disk Defragmenter
Utility ini merupakan program untuk mengatur kembali penempatan file secara fisik dalam suatu disk. Cara Kerja program ini otomatis, Sehingga kita tidak perlu merasa khawatir untuk mencobanya.
Jika komputer sudah cukup lama kita pakai, baik untuk menyimpan data, menghapus data, memasang program, membatalkan pemasangan program dll, maka kemungkinan besar sebagaian data akan tersimpan secara tidak berurutan (Uncontiguous file). Mengapa demikian? Jawabannya adalah jika kita menghapus suatu data maka daerah yang akan ditempati data tersebut akan dibebaskan dan daerah ini mungkin tidak terletak di akhir file. Kemudian jika kita menyimpan suatu file maka data tersebut mungkin akan disimpan pada daerah yang bebas tersebut. Tetapi jika daerah yang bebas tersebut tidak mencukupi maka lanjutan dari data yang disimpan akan diletakkan pada daerah lain yang bebas dan mungkin letaknya berjauhan untuk itu ada baiknya system ini dilakukan setiap satu, dua atau enam bulan sekali sehingga tidak terlalu banyak file-file yang terpisah.
Untuk menggunakan program disk defragmenter ini, langkahnya adalah sebagai berikut :
•    Klik Tombol Start → Program → Accessoris → Sistem Tools → Disk Defragmenter. Sehingga akan muncul tampilan disk defragmenter

Gambar 7.2. Dialog Box Disk Defragmenter
•    Tentukan drive atau disk yang akan di defragmentasi, lalu klik Analyze kemudian Defragment 
•    Perhatikan bahwa proses diatas dapat berlangsung lama, tergantung dari kapasitas disk. Anda tidak harus melakukan defragmentasi hanya dalam satu tahap. Dapat saja jika anda hentikan proses tersebut setiap saat dengan mengklik tombol Stop dan melanjutkan lain kali.
7.13. Maintenence Wizard
Maintenance wizard dipakai untuk mengaktifkan jadwal pemeliharaan komputer secara periodik, sehinga komputer dapat melakukan sendiri secara otomatis  beberapa pemeliharaan tugas yang perlu antara lain:
•    Disk Cleanup
•    Scan disk
•    Disk Defragmenter
Cara kerja dari ketiga tugas diatas sangat aman sehingga anda tidak perlu meragukan kegunaannya.
Untuk menjalankan maintenance Wizard langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
     Klik tombol Start→Programaccessoris→System Tools→Maintenance Wizard
     Tentukan cara setup yang diinginkan, pilihan Express untuk menggunakan setting umum yang dipakai, pilihan custom untuk sesuai dengan keinginan kita
     Pilihlah Jadwal Pemeliharaan yang tepat
     Klik tombol next untuk proses selanjutnya
     Beri tanda pilihan pada pilihan when I Clik.......... dan klik tombol Finish untuk menyelesaikan maintenance Wizard,sekaligus memulai pemeliharaan yang telah ditentukan.
7.1.4. Scan Disk
Scan disk dipakai untuk memeriksa file dan disk secara fisik kemudian memperbaikinya jika perlu. Scan disk disarankan untuk dijalankan secara rutin dalam jangka waktu tertentu misal seminggu sekali karena selain dapat memperbaiki file atau disk yang rusak scan disk juga dapat menghindarkan penempatan file pada daerah yang kemungkinan akan rusak, sehinga data anda akan aman. Oleh karena itu scan disk biasanya juga diikutkan dalam jadwal Pemeliharaan.
Untuk Menjalankan Scan Disk secara manual  dapat dilakukan ddengan cara sebagai berikut :
•    Klik Tombol Start→progarm→accessoris→system tools→scan disk sehingga muncul tampilan.
•    Kemudian settinglah sesuai dengan keinginan anda
•    Klik tombol Start untuk memulaiscan disk, perhatikan jika scan disk memakan waktu yang cukup lama maka anda dapat menghentikan proses tersebut secara aman dengan menekan tombol cancel
7.15. Sceduled Task
Scheduled task Digunakan untuk membuat dan mengatur jadwal pelaksanaan program tertentu termasuk program-program dalam kelompok pemeliharaan seperti yang telah dibahas diatas.
Jika anda memilih System scheduled Task pada Program System Tools atau pada Control Panel maka akan terdapat program Add Scheduled Task untuk membuat Jadwal baru dan beberapa icon yang telah dimasukkan dalam jadwal.
Anda dapat mengatur setting untuk tugas tertentu dengan mengklik ganda pada icon yang sesuai. Pada bagian ini kita tidak akan membahasnya lebih lanjut tetapi disarankan untuk mencobanya sendiri.
7.1.6.System Information
System ini merupakan bagian pada fasilitas pada help and support. System Information dapat dipakai untuk mengetahui informasi tentang sistem komputer yang dipakai, termasuk system konfigurasi perangkat keras, cara kerja sistem dan problem sistem.
Lewat System Informasi ini anda dapat juga mengakses help and support yang menjelaskan secara lebih luas. Selain itu beberapa utility untuk memecahkan berbagai masalah dapat juga langsung diakses.
Untuk memanggil System Information caranya adalah :
•    Pilih tombol Start → program → accessoris → systemTools → Sistem Information sehingga muncul tampilan sebagai berikut.


Gambar 7.3. System Information
•    Pilih pada bagian system summary sehingga didapatkan keterangan yang lengkap pada sebelah kanannya.
•    Untuk menampilkan system summary yang lebih lengkap klik saja pada tanda plus atau segitiga.
7.1.7.System Restore
System restore merupakan fasilitas terbaru pada windows yang sangat berguna jika karena suatu hal perubahan setting pada komputer menyebabkan tidak bekerjanya sistem dengan baik, maka system restore memungkinkan kita untuk kembali pada setting sistem komputer sebelumnya sehingga kita tidak perlu ragu-ragu untuk melakukan sesuatu yang menyebabkan setting sistem komputer tidak berjalan.
Perubahan setting komputer sendiri bisa dilakukan secara sengaja bisa juga secara otomatis tanpa disadari oleh pemakaimisalnya pada saat pemasangan program operasi baru, oleh karena itu system restore sangat diperlukan dalamsistem komputer kita.
Untuk menjalankan system restore lakukan langkah-langkah sbb :
•    Klik tombol Start → Program → Accessoris → System tools → System Restore sehingga muncul tampilan layar sebagai berikut :
  
Gambar 7.4. System Restore
•    Tampilan pada gambar diatas menunjukkan bahwa system restore dapat mengembalikan setting sistem berdasarkan catatan setting perubahan terdekat.
•    Pilih Restore my computer to an earlier time atau Create a restore point, lalu klik tombol next
•    Kalau anda memilih pilihan pertama, maka akan ditampilkan pilihan kalender, untuk memilih konfigurasi terakhir di tanggal berapa yang akan anda kembalikan.
•    Untuk pilihan ke 2, anda ketikkan keterangan tentang restore point kemudian klik tombol Next sehingga proses pembuatan restore point dilaksanakan.
•    Setelah selesai semua klik OK

Gambar 7.5. Confirm Restore Point
•    Tampilan pada gambar diatas tersebut menunjukkan konfirmasi atas kondisi konfigurasi terakhir yang dilakukan, bahwa proses sistem restore tidak akan menghilangkan data yang sudah tersimpan sesudah restore point selain itu proses restore point akan dapat dibatalkan secara lengkap. Hanya saja seluruh program yang dipasang diatas sistem restore point harus dipasang ulang karena settingnya telah akan hilang.
•    Klik tombol next sampai ditampilkan menu sebaiknya semua program ditutup dahulu.
•    Setelah Proses selesai komputer akan otomatis di boot ulang dan anda tinggal mengklik  tombol OK yang muncul kemudian
Membatalkan Proses sistem Restore
Untuk melakukan proses pembatalan proses sistem restore caranya adalah sebagai berikut :
•    Klik tombol start program accessoris system tools system restore sehingga muncul tampilan
•    Pilih pada pilihan Undo My last Restoration
•    Klik tombol next sehingga muncul tampilan yang meminta anda menutup seluruh program yang sedang berjalan
•    Setelah restore selesai maka komputer akan diboot ulang dan anda tinggal mengklik tombol OK yang muncul Kemudian
7.1.8.System Performance
Gunakan Fasilitas ini untuk mengatur pemakaian file sistem, penyesuaian kompatibilitas peralatan grafik serta konfigurasi fasilitas virtual disk. Untuk keperluan tersebut gunakan menu start submenu setting folder Control Panel dan Sistem.
Pada waktu sistem utility system aktif sistem akan menampilkan kotak dialog bernama sistem properties. Pada saat itu aktifkan lembar proses bernama performance.
Pada kotak dialog systyem properties lembar proses performance gunakan tombol proses bernama
•    File System
Untuk mengatur Konfigurasi file sistem
•    Graphic
Untuk mengatur kompatibilitas peralatan graphic yang digunakan
•    Virtual Memiori
Untuk mengatur fasilitas virtual memori
Contoh dari System Performance antara lain
1.    File system
Untuk mengatur konfigurasi file sistem gunakan tombol proses bernama file sistem pada kotak dialog system properties lembar proses performance pada waktu prosesnya sistem akan menampilkan kotak dialog bernama file sistem properties
Pada Kotak dialog File sistem properties terdapat 5 lembar proses yaitu :
    Hard Disk
    Floppy Disk
    CD-ROM
    Removeable Disk
    Troubelshooting
2.    Graphic
Berfungsi untuk mengatur kompatibilitas peralatangraphic yang dipakai gunakan tombol proses bernama graphic pada kotak dialog bernama system properties lembar proses performance pada waktu prosesnya sistem akan menampilkankotak dialog bernama Advance Graphic Setting
3.    Virtual Memori
Untuk mengatur fasilitas virtual Memori gunakan tombol proses bernama virtual memori pada kotak dialog system properties lembar proses performance Pada waktu prosesnya sistem akan menampilkan kotak dialog bernama virtual memory
7.1.9. Windows Explorer
Utility ini berguna untuk mengatur object pada sistem windows, manajemen file & direktori. Utility ini merupakan perluasan dari fasilitas window, agar user dapat memproses semua fasilitas window pada windows explorer.
Untuk mengakses fasilitas ini dapat dengan mengklik Start →  Program→ Accessories → Windows Explorer, atau bisa juga dengan menekan tombol dengan logo Windows + E di keyboard anda.

Gambar 7.6. Windows Explorer

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.