, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Menjahit Ban Pinggang


Menjahit Ban Pinggang

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Menjahit Ban Pinggang


cara menjahit ban pinggang rok elastic - Ban pinggang atau dalam bahasa Inggris disebut waistband merupakan salah satu komponen pakaian yang terdapat pada rok maupun celana panjang. Fungsi utamanya adalah untuk mengapit garis pinggang sehingga rok atau celana terkesan lebih rapi dan nyaman ketika dikenakan. Meski umumnya ban pinggang dibuat dari bahan kain yang sama dengan bahan utama, namun beberapa wanita lebih suka menambahkan aplikasi lain berupa pita atau kain yang berwarna kontras sebagai pemanisnya. Berikut beberapa langkah sederhana yang dapat diterapkan untuk membuat ban pinggang pada rok wanita.
Ban Pinggang


Pertama-tama potong kain sesuai ukuran lingkar pinggang. Kemudian lipat potongan ban pinggang tepat pada bagian tengahnya dengan posisi bagian baik keduanya saling berhadapan sehingga diperoleh dua bagian sama besar. Jahit lurus salah satu ujungnya dan jahit tegak lurus ujung lainnya.
Ban Pinggang


Balikkan ban pinggang yang telah dijahit sehingga bagian buruk keduanya saling berhadapan dan bagian baiknya berada diluar.
Ban Pinggang


Rentangkan ban pinggang kemudian gabungkan ujung ban pinggang yang dijahit lurus dengan bagian kiri belahan rok yang sudah dijahit. Sematkan jarum pentul untuk menahannya agar tidak bergeser. Kemudian jahit lurus sepanjang garis kampuh pada bagian garis pinggangnya.

 Ban Pinggang

Balikkan ban pinggang untuk menutup garis pinggang, kemudian lipat kampuh bagian dalam ban pinggang untuk menyembunyikan sisa-sisa potongan yang kurang rapi. Jika dibutuhkan sematkan jarum pentul untuk membantu proses penyelesaian ban pinggangnya.
Ban Pinggang


Sebagai penyelesaian akhir, jahit sekeliling ban pinggang yang terletak di bagian dalam menggunakan tusuk kelim. Teknik kelim ini dikerjakan menggunakan tangan dengan cara membuat tusukan awal sebagai penguat pada lipatan dalam kelim, dilanjutkan dengan mengambil dua hingga tiga helai serat kain dengan jarak yang teratur. Setiap enam langkah tusukan, jahitan sebaiknya dimatikan supaya hasilnya kuat dan tidak mudah lepas.
 
Ban Pinggang
Sumber : http://byhandlondon.com/
Ban Pinggang
Ban Pinggang


Untuk memberikan efek yang lebih rapi dan tegas, tindas bagian tepi bawah ban pinggang menggunakan  pola jahitan berbentuk lurus dengan bantuan mesin jahit.  Terakhir, tambahkan aplikasi berupa kancing jepret sebagai penguat dibagian dalam dan kancing hias sebagai elemen dekoratif dibagian luarnya.

 
Ban Pinggang
Sumber : http://byhandlondon.com/
Ban Pinggang
Sumber : http://byhandlondon.com/



 Praktek memasang ban pinggang Rok
Hai sis kali  ini My Hobbi memuat bagaimana cara memasang ban pinggang pada rok. Ikuti tahapn di bawah ini....

Tahap

1. Potong bahan dengan lebar 8 cm, panjang setengah lingkar pinggang di bagi dua, bagian sebelah
    kiri di tambah 4 cm, sisi yang lain di tambah 2 cm.
2. Potong kain keras dengan panjang lingkar pinggang di bagi dua, salah satu sisi di tambah 3 cm.
3. Sterika kain keras pada bahan.



4

4. jahit sisi yang ada kain keras pada rok

 5. Jahit bagian pinggir/ujung ban pinggang

 


6. Balik ban pinggang dan jahit bagian luarnya.


7. Hasil akhir...setelah di jahit rapih, maaf ya.....tidak terlalu rapi, tetapi My hobbi harap kan tutorial
    ini bisa bermanfaat dan sista mengerjakan jauh lebih rapih dari My Hobbi.
8. Happy Sewing....!





Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara menjahit ban pinggang rok elastic

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Knitting Machine

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://fitinline.com/article/read/menjahit-ban-pinggang/

0 komentar:

Post a Comment