vislin, kain pelapis, apa dan buat apa

vislin, kain pelapis, apa dan buat apa

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
vislin, kain pelapis, apa dan buat apa


cara mengukur atasan kamisol dalaman - Apa itu Vislin? Vislin adalah salah satu material jahit yang dibutuhkan untuk membuat sebuah baju.

Biasanya vislin dibutuhkan untuk melapisi bagian krag/leher, bagian posisi kancing serta posisi lubang kancing, bagian ban lengan/manset lengan, sert bagian- bagian lain yang diperlukan.

Sebelumnya, nama asli  untuk jenis kain pelapis ini belum saya temukan, apakah vislin,visilin atau malah vaselin ? karena di kamus mode juga tidak disebutkan dan bahkan di bungkus kain ini juga tidak ditulis, kecuali merknya ^_^.

Untuk bagian krag, selain vislin biasanya diperlukan juga staplek (akan dibahas pada artikel lain). Vislin merupakan pelapis (bagian dalam kain) yang diaplikasikan pada bagian dalam kain dengan cara ditempel menggunakan setrika panas, karena pada permukaan vislin bagian bawah ada lem – lem perekat yang apabila ditempel pada bahan menggunakan setrika panas vislin akan menempel pada bahan.

Hati – hati, jangan sampai salah memposisikan permukaan vislin, mana yang menghadap kain, mana yang menghadap setrika. Yang menghadap kain adalah permukaan yang mengandung lem, yang menghadap setrika adalah permukaan tanpa lem.





Ada beberapa jenis/merk vislin yang terdapat dipasaran, tapi lengkapnya saya sendiri kurang faham.

RJH sudah pernah menggunakan 2 jenis vislin.

Pada awalnya (awal pembuatan baju di RJH sekitar 3 tahun lalu) RJH menggunakan vislin yang merknya bukan seperti pada foto. Kadar lemnya agak sedikit, jadi ketikan diaplikasikan pada kain, daya rekatnya kurang, sehingga cenderung mudah mengkerut.

Nah, dengan pengalaman tersebut, RJH mencoba mencari jenis/merk vislin lain yang kualitasnya lebih bagus, dengan arti kualitas lebih bagus sama dengan harga lebih mahal tentunya…Ketemulah vislin dengan merk seperti ditunjukkan pada foto.

Vislin jenis/merk ini memiliki titik/kadar lem yang lebih banyak dari vislin yang digunakan sebelumnya, titik lem lebih rapat, sehingga ketika diaplikasikan pada kain “daya cengkeram”nya lebih kuat, kain tidak mudah mengkerut. Jadi, merk vislin inilah yang saat ini RJH gunakan, karena yang terbaik yang pernah dipakai.

Tapi tidak menutup kemungkinan apabila ada rekomendasi yang lebih baik, bisa dishare disini. Dan satu lagi, vislin bukanlah satu -satunya jenis pelapis pada baju, selain vislin ada trikot/tricod, ada staplek, ada kupner/kopner, masing -masing punya fungsi yang berbeda dan diaplikasikan untuk bagian baju atau jenis baju yang berbeda pula, selengkapnya dibahas pada artikel selanjutnya ya


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang cara mengukur atasan kamisol dalaman

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  16 JENIS BAHAN JILBAB ATAU KERUDUNG

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://rumahjahithaifa.com/2012/04/06/vislin-kain-pelapis-apa-dan-buat-apa/

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.