Jenis-Jenis Rok Berdasarkan Modelnya


Jenis-Jenis Rok Berdasarkan Modelnya

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Jenis-Jenis Rok Berdasarkan Modelnya



macam-macam rok pias - Buat melengkapi postingan kemaren tentang jenis2 rok berdasarkan panjangnya skrg saya mwo berbagi info tentang model- model rok. Info ini penting lho guys buat kamu2 yang suka tampil modis dan sering desain baju ke modiste maupun ke butik2..karna klo kamu salah nyebutin model roknya nanti hasilnya juga beda..ini lho guys model-model roknya..

Rok suai / lurus (straight)

Rok ini modelnya lurus kebawah tanpa ada penambahan ukuran pada bagian bawah rok.
Biasanya rok ini diberi belahan pada bagian sisi kiri dan kanan ataupun diberi belahan pada bagian belakang rok. Rok ini kesannya formal sehingga banyak dipakai oleh orang kantoran, guru, maupun pegawai2 bank.
Jenis-Jenis Rok Berdasarkan Modelnya

     Rok kerut ( gathered)

Rok kerut adalah rok yang dibuat dengan cara membuat kerutan atau gelombang-gelombang halus yang terjadi dengan membuat dua jajaran setikan kemudian ujung benangnya ditarik kearah salah satu sisi. Agar rok kerutan ini bentuknya bagus bahan yang dipilih sebaiknya bahan yang lembut dan melangsai, sehingga bentuk roknya pun menjadi bagus. Rok kerut ini ada yang dikerut langsung dari bagian pinggang, tapi ada juga yang dibuat pas pada bagian panggul kemudian dikerut pada bagian bawah panggul
Jenis-Jenis Rok Berdasarkan Modelnya

    Rok lipit

Rok lipit adalah rok yang dibuat dengan penambahan lipit. Lipit ini juga terbagi menjadi beberapa macam :
a.       Lipit sungkup ( box pleats)
Lipit sungkup yaitu lipit yang mempunyai dua garis lipatan dan diarahkan pada arah yang berbeda atau berlawanan. Lipit ini biasanya terdapat pada rok SMA.
b.      Lipit searah ( side pleats)
Lipit searah yaitu lipit yang mempunyai satu garis lipatan dan semua lipatan mengarah pada arah yang sama. Lipit searah basanya dibuat sekeliling pinggang maupun pada sekeliling lingkar panggul. Lipit ini dapat dilihat pada rok seragam SD.
c.       Lipit hadap ( inverted pleats)
Lipit hadap adalah lipit yang mempunyai 2 garis lipatan dan kedua garis lipatan tersebut bertemu pada garis penempatan lipit (garis tengah). Rok ini dapat dilihat pada rok seragam SMP.

     Rok lingkaran / setengah lingkaran ( flared)

Rok ini disebut dengan rok lingkaran karena pembuatan polanya yang berbentuk lingkaran. Ada juga yang menyebut rok ini rok payung karena bentuknya yang lebar. Rok lingkaran maupun rok setengah lingkaran ini banyak dipakai untuk acara pesta. Biasanya dipilih bahan yang melangsai sehingga menimbulkan kesan bergelombang pada saat dipakai.
Jenis-Jenis Rok Berdasarkan Modelnya

     Rok pias ( seam)

Rok pias adalah rok yang dibuat dengan penambahan lebar pada bagian samping maupun tengah rok dengan teknik pecah pola. Rok pias ini terdiri dari rok pias 6 ,pias 8 maupun pias 12. Semakin banyak pias yang dibuat maka semakin lebar bagian bawah rok. Rok pias ini biasanya diberi penambahan ukuran dari pinggang kebawah, terkadang ada juga yang dilakukan penambahan ukuran dari bagian lutut ke bawah.
Jenis-Jenis Rok Berdasarkan Modelnya

    Rok drapery

Rok drapery adalah rok yang dibuat dengan teknik draping.
Jenis-Jenis Rok Berdasarkan Modelnya




 macam-macam rok
MACAM-MACAM ROK

Berdasarkan Silhouette dan pelebaran bawah rok pada pengetahuan desain busana macam-macam desain rok antara lain
1.    Rok dari pola dasar : menurut pola dasar rok dapat dibuat rok dengan retsleting disisi dan bagian bawah diklok atau tidak
2.    Rok semi span dan rok span : bila sisi rok dari pola dasar diambil tegak lurus dari panggul kebawah , maka rok yang dibuat dengan pola ini disebut rok semi span. Bila sisi rok dibuat masuk 2 atau 5 cm dibagian bawah dari garis tegak lurus dari rok semi span.rok yang terjadi disebut rok span.
3.    Rok Pias : pias berarti lembar, jadi dikenal dengan rok pias 2,3,4,5,6,7,8 dan pias banyak tergantung jumlahnya lembar yang ada pada rok tersebut
4.    Rok Kerut ; Rok yang mempunyai kerut-kerut dipinggang
5.    Rok kembang atau rok klok : rok kembang adalah rok yang bagian bawahnya diklok atau dikembangkan, sehingga dikenal.
a.    Rok kembang biasa
b.    Rok kembang bentuk setengah lingkar
c.    Rok kembang bentuk lingkar penuh
6.    Rok lipit adalah rok yang mempunyai garis-garis lurus dari pinggang kebawah. Dengan arah jatuhnya lipit, maka dikenal cirri-ciri jatuhnya lipit-lipit tersebut dengan istilah
a.    Lipit pipih (satu lipatan menghadap kearah tertentu, kiri atau kanan)bila ada beberapa lipit pipih yang jatuhnya kesatu arah. Disebut rok lipit pipih searah. Kalau lipitnya tidak dilipat terus kebawah maka rok itu disebut rok lipit bebas.
b.    Lipit hadap adalah dua lipit pipih yang berhadapan , misalnya pada contoh polar ok lipit hadap, pada tengah muka dan tengah belakang.
c. Lipit sungkup adalah dua lipit pipih yang berlawanan arah, misalnya contoh-contoh rok lipit sungkup pada tengah muka dan tengah belakang


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  macam-macam rok pias

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Profile Dinas Kesehatan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://tabusfaaqi.blogspot.co.id/2017/01/macam-macam-rok.html

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.