, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Uniknya Baju Pengantin Pada Pernikahan Adat Aceh

Uniknya Baju Pengantin Pada Pernikahan Adat Aceh

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
Uniknya Baju Pengantin Pada Pernikahan Adat Aceh


di cari contoh baju pengantin adat aceh - Pernahkah kamu melihat atau menghadiri pernikahan yang menggunakan adat Aceh? Ternyata pernikahan  adat Aceh yang menggunakan adat ini menarik sekali lho, selain pakaian adat dan juga pelaminan yang terlihat mewah, rangkaian adatnya juga padat. Mau tau seperti apa yuk simak.


Aceh yang dikenal sebagai kota serambi Mekah ini ternyata menyimpan pesona adat yang tak kalah dengan adat lainnya. Dengan pakaian adat yang khas dan pelaminan yang mewah berhasil membuat siapa saja calon pengantinnya terlihat stunning.
Pakaian Pengantin Wanita

Saat melihat pakaian pernikahan adat Aceh ini rasanya mirip dengan pakaian-pakian yang digunakan pada pernikahan kerajaan jaman dahulu. Tenyata paduan pakaian pernikahan adat Aceh ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Samudra Pasai.
Nuansa mewah yang terlihat berpadu dengan nilai – nilai islami merupakan ciri khas dari kota yang dijuluki sebagai Serambi Mekah ini. Jika beberapa daerah memiliki pakaian adat yang membentuk tubuh, maka pakaian adat untuk mempelai wanita dibuat dengan gaya yang longgar dan tidak membentuk lekukan tubuh. Hal ini dikarenakan nila budaya Aceh yang identik dengan nilai Islami yang kuat.

Uniknya dari pakaian pernikahan adat Aceh ini adalah sang mempelai wanita mengunakan baju kurung yang dipadukan dengan kain songket dan juga celana panjang. Ya, celana panjang dipadukan dengan kain sulam sejenis songket yang menutupi sebagian baju kurung dan celana. Bisa dibilang hanya pakaian pernikahan adat Acehyang memadukan celana panjang dalam pakaian pengantin wanitanya. Celana panjang yang digunakan biasa disebut dengan seluweue meutunjong, yang kemudian ditutupi dengan kain songket yang umumnya bermotif bunga tabur, saluran daun, dan juga pucuk rebung.

Pakaian yang nampak mewah ini kemudian dilengkapi dengan sejumlah aksesoris yang melekat pada pakaian sang pengantin wanita. Dimulai dari hiasan kepala sejenis suntiang, ditambah lagi dengan perhiasan pendukung, seperti kalung, gelang, ikat pinggang (taloe ike pieng) , dan juga perhiasan simplah yang merupakan hiasan yang menggantung di pundak dan menyilang hingga ke bagian dada. Semua aksesoris ini terbuat dari lempengan berwarna keemasan ataupun perak. Semua perhiasan ini terlihat seperti menegaskan kesan mewah kebangsawanan.
Pakaian Pengantin Pria

Sedangkan untuk tampilan pakaian pernikahan adat Aceh sang pengantin pria terlihat lebih simpel namun tidak mengurangi kesan gagah bak raja-raja Aceh. Sang pria biasanya mengenakan baju lengan panjang (bajee), celana panjang hitam (siluweuwe) yang berpadu dengan kain songket Aceh, dan juga kopiah (kupiah meukuetob). Jika kamu pernah melihat tampilan pengantin pria yang menggunakan adat Aceh, maka kamu akan terfokus pada kopiah yang digunakan. Kopiah yang berbentuk khas ini merupakan (kupiah meukuetob).


Kopiah Meukuetob merupakan topi tradisional Aceh yang disebut juga topi Teuku Umar yang merupakan pahlawan nasional dari Aceh, karena beliau sering menggunakan topi ini. Kopiah Meukutop terbuat dari kain songket Aceh yang dan hiasan khas Aceh lainnya. Jika dilihat sekilas bentuknya mirip dengan topi bangsa Turki, karena konon dahulu kala Raja Sultan Iskandar Muda pernah melakukan hubungan kebudayaan dengan bangsa Turki. Namun yang pasti sampai saat ini Kupiah ini menjadi ciri khas dan juga pelengkap tampilan pernikahan adat Aceh pengantin pria.


 Baju & Pakaian Pengantin Aceh




Pakaian Pengantin Pria



Busana Penganti laki-laki disbut Linto baro. mempelai pria dalam busana adat perkawinan Aceh Barat mengenakan gaya jas tutup berkancing lima. Selain gaya ini terdapat pula gaya jas terbuka berkancing dua disebut baje kot.



Pakaian pengantin laki-laki memakai celana yang dalam bahasa daerah disebut siluweue, berbentuk runcing kebawah, terbuat dari kain wol serupa dengan baju (jas). Sarung, istilah daerahnya adalah ija krong, terbuat dari sutera dalam teknik songket, umumnya dengan warna dasar gelap. Senjata yang disandang adalah rencong atau siwah berkepala emas atau perak yang berukir clan bertahtakan permata. Sepatu, berwarna hitam sedangkan aneka aksesoris terbuat dari emas antara lain talo takue, sejenis kalung pada leher.


Pakaian Pengantin Wanita
Busana penganti wanita disebut Dara baro, mempelai wanita dalam busana adat perkawinan Aceh Barat. Aneka perhiasan emas di kepala, dada, tangan dan pinggang mengungkapkan pengaruh-pengaruh asing yang ikut memperkaya budaya lokal seperti pengaruh Minangkabau, India, Arab dan Cina.

Pakaian dara baro ini, mempelai wanita dalam busana adat perkawinan Aceh Barat, memakai aneka perhiasan emas. Perhiasan pada bagian kepala meliputi sunting-Âsunting keemasan yang amat dekoratif clan terdiri atas berbagai bentuk flora yang disebut culok. Culok Dara Baro, mempelai wanita, memakai perangkat busana yang lebih rumit dari mempelai pria, mulai dari berbagai perhiasan kepala, baju, celana, kain sarung, selendang, tali pinggang serta aksesorisÂaksesoris lainnya pada leher dan jari ini memiliki namanya masing-masing seperti culok ok bungong, got-got, bungong sunting clan sisir. Selain itu ada juga hiasan bunga-bungaan asli, bungong pekan, seperti bungan jeumpa, bungong seulango clan sebagainya. Pada telinga terpasang subangsubang atau antiong-anting besar yang bertatahkan permata disebut subang meukundam walaupun saat sekarang ini sudah amat jarang dipakai dan diganti dengan kerabu.



 Pencarian Terbaru (100)
Pakaian adat dan asal daerahnya. Aksesoris pakaian adat aceh. Berpakaian baju pengantin. Busana pengantin aceh. Gaya photo pengantin adat aceh. Permainan menghias pengantin wanita laki laki. Permainan wanita berdandan menghias penantin daerah.
Sunting penganten. Games berpakaian adat. Nama nama pakaian adat yg ada di gayo lues. Gambar pakaian adat aceh adat aceh beserta keterangannya. Foto pengantin adat aceh. Pakaian adat aceh untuk pria dan wanita. Gambar baju pengaruh barat.
Baju nikah. Tradisi islam kupang. Gambar model dlm pakaian songket. Baju pernikahan cowok. Artikel baju pengantin aceh. Foto pernikahan dari aceh. Kain songket jawa dan caranya.
Pakaian adat aceh yang dipakai wanita. Aceh dan pengaruh asing. Baju nikah wanita. Proposal kain songket. Permainan berpakaian pernikahan. Gambar dan contoh pakaian pengantin adat jawa. Belanja baju perikahan adat.
Foto mengunakan baju adat aceh. Baju & pakaian pengantin aceh. Busana pernikahan aceh. Cara berdandan pengantin. Contoh pakaian adat daerah aceh dan keterangannya. Pakaian perkawinan adat aceh. Artikel pengantin daerah kupang.
Gambar baju adat khas aceh. Gambar aksesoris pakaian adat aceh. Contoh baju pengantin india. Jas aceh. Permainan cewe memakai baju dan laki laki. Memakaikan pakaian pada pengantin. Gambar sepatu terbuat dari permata.
Contoh baju pengantin pria. Pakaian pengantin aceh. Permainan menghias modrl. Contoh foto foto pernikahan pakaian adat. Model perhiasan pengantin. Foto pakaian adat aceh 2011. Pengantin perempuan aceh.
Gambar baju jas keren. Proposal busana pegantin. Games menghias pengantin laki dan perempuan. Foto foto adat dan perangkat pengantin aceh. Games berpakaian khusus muslimah. Pakaian adat aceh untuk wanita dinamakan. Permainan berpakaian adat.
Pakaian budaya lokal. Pakaian pernikahan aceh. Foto pernikahan adat aceh. Contoh budaya lokal aceh. Devinisi busana jass pria. Game baju pernikahan. Games berpakaian khusus india.
Pakaian adat jakarta dan assesorisnya. Contoh pakaian asing. Contoh budaya lokal pernikahan. Gambar songket aceh. Baju pengantin aceh gayo lues. Assessoris pengantin aceh. Dara aceh dalam pakaian adat.
Www.pakaian pengantin aceh terbaru. Cara memakai pakaian adat padang. Model kalung cewek pengantin. Baju songket pria. Makanan khas aceh. Baju pernikahan dewi sandra. Contoh perhiasan laki laki.
Kain baju jas. Permainan cewe lelaki pengantin. Foto wedding pakaian aceh. Game memakaikan baju pernikahan wanita dan laki laki. Pakaian perkawinan aceh. Contoh adat aceh jaya. Game berpakaian pengantin.
Contoh photo gaun pernikahan chinese. Baju nikah khas aceh. Model baju pengantin wanita aceh. Beli kain songket aceh dan aksesorisnya. Contoh berpakaian ke perkawinan. Adat perkawinan islam di kupang. Baju aceh paduan tiongkok.
Baju nikah ala aceh. Dampak tidak memakai celana dalam untuk pria. Www.photo pengantin aceh. Nama pakaian pengantin pernikahan adat aceh. Games pakaian cowok. Permainan berpakaian kebaya. Toko songket aceh.
Permainan toko baju pernikahan dengan wanita dan cowo. Baju kawinan pakai j


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  di cari contoh baju pengantin adat aceh

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Jenis-Jenis Rok Berdasarkan Modelnya

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://www.seputarpernikahan.com/uniknya-baju-pengantin-pada-pernikahan-adat-aceh/

0 komentar:

Post a Comment