7 komponen mesin obras yang perlu anda tahu

7 komponen mesin obras yang perlu anda tahu

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
7 komponen mesin obras yang perlu anda tahu


cara pasang pisau mesin obras - Obras merupakan jahitan khusus pada tepi busana ( Kelim). Obras berfungsi untuk mencegah berserabutnya kain. Mesin obras merupakan mesin untuk membuat jahitan tepi yang berfungsi untuk mencegah terurainya jahitan. Walaupun saat ini sudah banyak mesin jahit yang dilengkapi semi obras, namun hasilnya tidak sebaik mesin obras. Hal ini karena mesin obras dilengkapi dengan pisau pemotong kain, sedangkan mesin jahit tidak. Mesin jahit hanya bekerja dengan dua benang, sedangkan mesin obras dapat bekerja dengan benang dua, tiga atau lebih.
Sebagaimana mesin jahit, mesin obras juga terdiri dari beberapa komponen. Ada 7 komponen mesin obras yaitu

1. Badan mesin
Badan mesin merupakan tempat melekatnya komponen-komponen mesin obras. Komponen-komponen yang dimaksud antara lain Benang, jarum, pisau pemotong dan lain-lain.

2. Jarum dan tiang jarum
Jarum mesin obras berbentuk bulat pada ujung atasnya. Jarum ini memiliki ukuran lebih pendek dibandingkan dengan jarum mesin jahit. Mesin obras biasanya memakai tiga jarum sekaligus.
Jarum mesin obras dipasang pada tiang jarum. Cara memasangnya hampir sama dengan cara memasang jarum mesin jahit. Longgarkan sekrup pada tiang jarum, lalu masukkan jarum hingga keatas dengan bantuan tang atau penjepit. Ingat, Bagian yang cembung harus berada dibelakang. Setelah jarum terpasang dengan baik, pasang kembali sekrupnya lalu kencangkan.

3. Tension
Tension merupakan pengatur tegangan benang digunakan untuk mengencangkan dan melonggarkan tegangan benang. jika hasil obrasan kurang rapi, barang kali bagian tension harus dirubah pengaturannya. Putar tension kearah kiri untuk melonggarkan benang, atau putar kearah kanan untuk mengencangkan benang. Misalnnya jika hasil obrasan pada bagian benang depan terlalu pendek, maka tegangan benang bagian depan harus sedikit dilonggarkan.

4. Looper
Looper adalah lubang-lubang tempat benang dikaitkan. Umumnya terdapat dua jenis looper, yakni over looper atau pembentuk loop atas dan under looper atau pembentuk loop bawah.

5. Tiang benang
Mesin obras memiliki bagian yang unik dan khas, tiang-tiang benang yang tinggi. Tiang benang berfungsi untuk meletakkan gulungan benang obras. Setiap mesin obras memiliki jumlah tiang benang yang berbeda-beda. Misalnya mesin obras benang tiga memiliki tiang yang berjumlah tiga. Tiang pertama terletak dibagian bawah depan mesin. Tiang kedua terletak di bagian atas. Sementara tiang ke tiga berada dibagian kiri samping.



Cara mengganti benang pada mesin obras yaitu dengan mencabutnya dari jarum, kemudian menggantinya dengan warna yang dibutuhkan. Jangan lupa untuk melonggarkan tension agar benang mudah dilepas. Pastikan juga bahwa benang telah aman dan memiliki simpul-simpul kecil, sehingga mudah melewati looper.

6. Pisau mesin obras
umumnya pisau mesin obras terletak dibagian bawah, di sebelah jarum mesin. Pisau obras berfungsi untuk memotong tepian kain obras, sehingga pakaian tidak berjumbai. Perlu diperhatikan, pisau ini sangat tajam. Oleh karena itu, anda harus berhati-hati ketika mengobras, jangan sampai jari anda terluka nantinya

7. Pedal
Mesin obras juga memiliki pedal sama hal nya mesin jahit yang berada di bawah meja. Pedal mesin obras berfungsi untuk menggerakkan mesin. Anda cukup menginjakkan kaki pada pedal ini untuk membuat mesin bekerja. Namun perlu diperhatikan, mesin obras bergerak sangat cepat. Oleh karena itu, ijaklah pedal dengan lembut dan hati-hati agar hasil obrasan lebih bagus dan rapi.
Itulah 7 komponen mesin obras yang merupakan bagian-bagian penting dari mesin obras.



Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara pasang pisau mesin obras

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang cara menggunakan sepatu neci untuk mengelim ujung kain 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://inikarpet.blogspot.com/2016/07/7-komponen-mesin-obras-yang-perlu-anda.html

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.