Pengertian Pola di Hari Perempuan Internasional 2017

 Pengertian Pola di Hari Perempuan Internasional 2017

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Pengertian Pola di Hari Perempuan Internasional 2017


apa yang dimaksud dengan pola jadi - Menurut Wiryodiningrat dan Basuki (2007), pola (pattern) adalah benda yang berbentuk komponen-komponen yang digunakan sebagai petunjuk atau acuan dalam pemotongan bahan maupun pembuatan sepatu. Sebelum membuat sepatu harus mengetahui ukuran kaki calon pemakainya kemudian dirancang atau ditentukan acuan dan desain sepatunya. Berdasarkan data tersebut maka perancang membuat polanya. Pola sepatu merupakan hal yang paling penting dalam proses pembuatan sepatu, sebelum memotong bahan, mengerjakan bagian atas atau bagian bawah sepatu. Metode atau sistem pembuatan pola, yaitu :
1.Copy of Last
Copy of last adalah metode pembuatan pola dengan mencontoh acuan (last) yaitu dengan pembalutan acuan dengan paper tape. Titik-titik penting yang digunakan adalah titik S (seat point : titik tumit belakang acuan), titik E (End of Toe : titik ujung acuan), titik P (titik ujung hidung acuan), C (counter point : titik batas tinggi acuan bagian belakang), titik V (vamp point : titik batas vamp), titik I (instep : titik pada lengkung punggung acuan), titik J (titik joint : titik singgung lengkung bawah acuan dengan bidang datar), dan titik Q (titik tertinggi pada belakang acuan).
2.Geometri
Metode geometri ini adalah pembuatan pola dengan pengukuran langsung pada kaki pemakai, jadi ukuran kaki digunakan sebagai dasar dalam pembuatan sepatu. Bagian-bagian yang diukur adalah :
a.Ukuran panjang telapak kaki.
b.Ukuran lingkar tumit.
c.Ukuran lingkar gemur atau ball kaki.
d.Tinggi hak yang diinginkan.
Macam-macam pola antara lain sebagai berikut :
1)Pola Dasar
Pola dasar berfungsi sebagai acuan dalam pembuatan pola jadi, perwujudan pola ini berupa satu pola badan produk dengan dilengkapi infomasi-informasi pokok (tanda selut, tanda jahit), aksesoris, dan sebagainya.
2)Pola Jadi
Pembuatan pola jadi harus berdasarkan pola dasar, pola ini berfungsi untuk proses pemolaan diatas material (maping)

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  apa yang dimaksud dengan pola jadi

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Menerapkan Ragam Hias pada Bahan Tekstil 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://sepatukumasuk.blogspot.co.id/2013/11/pengertian-pola.html

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.