, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Teknik-teknik penerapan ragam hias

Teknik-teknik penerapan ragam hias

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
Teknik-teknik penerapan ragam hias
 alat dan bahan penerapan ragam hias bahan kayu - Penerapan ragam hias dapat dilakukan pada media keramik, besi, kayu, tembaga, rotan, anyaman bambu, batu, dan kuningan. Secara teknis penerapan ragam hias yang dipakai pada masing-masing bahan berbeda-beda, ada yang menggunakan teknik ukir, cor, dan pengecatan.


1. Teknik Ukir
 

Jenis bahan yang dapat digunakan dalam teknik ukir dapat berupa bahan dari kayu. Kayu yang sudah diberi ragam hias kemudian diukir sesuai dengan pola yang sudah ditentukan. Alat yang digunakan harus menyesuaikan dengan ukuran ragam hias yang dibentuk.


2. Teknik Cor
                                                

Teknik cor umumnya menggunakan bahan-bahan yang dicairkan terlebih dahulu seperti bubuk gips, tanah liat, dan logam. Bahan-bahan tersebut ada yang menggunakan air sebagai bahan tambahannya dan ada yang menggunakan proses pemanasan/ pembakaran seperti logam, penggunaan teknik cor dilakukan dengan cara membuat negatif atau model yang akan dicetak, membuat cetakan, pembakaran, dan pada tahap penyelesaian hasilnya dilapisi cat dan pelapis vernis/melamin.

3. Teknik Pengecatan
 
Keindahan ragam hias dapat dijumpai pada lingkungan kita. Ragam hias dengan motif tertentu terlihat dengan nuansa warna-warni yang indah dengan perpaduan warna cat yang harmonis. Aplikasi motif ragam hias dapat dilakukan dengan pengecatan pada bahan kayu, batu, maupun besi. Bahan-bahan tersebut terlebih dahulu dibuat ragam hiasnya, kemudian dilakukan pengecatan sesuai dengan pola ragam hiasnya.


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  alat dan bahan penerapan ragam hias bahan kayu

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Sesuaikan Arah Serat Kain 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://learnilmu.blogspot.co.id/2016/09/teknik-teknik-penerapan-ragam-hias.html

0 komentar:

Post a Comment