, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Beginilah proses pembuatan kaos…


Beginilah proses pembuatan kaos…

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Beginilah proses pembuatan kaos…
    



Termurah cara membuat kaos oblong - Sepertinya suatu pengecualian, jika diantara kita tidak pernah memakai kaos. Salah satu bagian penting dari kebutuhan pokok kita yaitu sandang.

Tentunya bahkan mungkin sebagian dari kita mengoleksi berbagai macam kaos. Baik itu yang bermerk mahal nan terkenal ataupun yg biasa saja atau bahkan tidak bermerk…

Manakala kita membeli kaos… entah itu di mall, factory outlet, pasar ataupun tukang kredit.., pernahkah kita berfikir…“gimana sih proses pembuatan kaos?”
Nah, dari sedikit pengalaman saya di dunia perkaosan, kurang lebih inilah tahapan tahapan proses pembuatan kaos.

    Pertamax: Memilih jenis bahan.

Ada berbagai jenis bahan kaos. Monggo di cekidot  dan cekibroot

   
Kedua: PRODUKSI
Tahapan BCA ini akan kita deskripsikan menjadi beberapa step:
1. Cutting (pemotongan) berpola.
Pastikan pola sudah kita tetapkan, baik model/style maupun size aka ukuran yang kita kehendaki. Bisa menggunakan gunting…,jangan menggunakan pisau dapur apalagi kampak…! Anda sedang menebang pohon…!
Dalam hal ini apabila kaos itu diproduksi massal tentunya cutting menggunakan gunting sangatlah tidak efektif ! Selain hasil cutting ga presisi juga dikawatirken tangan kita bisa koyak alias lecet bin mblonyoooh….. Ciloko tenan… Teknologi sekarang memungkinkan proses ini menggunakan cutter machine…alhasil efisiensi waktu dan cost produksi bisa diminimalisir.
Muda Grafika for WordPress 4 Muda Grafika for WordPress 8Muda Grafika for WordPress 7
Sampai disini….apabila kita menginginkan kaos itu without image yg menempel alias polos tak bergambar/typo (dan ini walaupun ada.,sangat jarang) bisa langsung kita jahit…. Namun kebanyakan orang lebih cenderung memilih kaos yang bergambar. Lha..wong kalo kita mbeli kaos saja..pandangan pertama pasti tertuju ama design (image/typo) yang nempel…ya ga?! Sangat bisa jadi identitas pemakai terwakili dari kaos yang dipakai. Betul tidak? (Aak gim style)
2. ——– Screen printing (sablon)
Baiklah…anggap kita menginginkan suatu design nemplok di kaos…
Muda Grafika for WordPress 17 Muda Grafika for WordPress 18Muda Grafika for WordPress 15 Muda Grafika for WordPress 16
Yaaap…tahap ini sering disebut menyablon. Transfer design dengan cat menggunakan screen… Tentunya screen tersebut sudah tercetak film/klise design… Lebih lanjut tentang bagaimana proses membuat cetakan screen sablon., mudah-mudahan di lain artikel bisa kita gali lebih dalem….(sumur…ngkali)
3. ——— Embroidery (bordir)
Sebenarnya setelah bakal kaos itu tersablon dengan sukses., bisa langsung kita jahit. Akan tetapi untuk kaos yang segmented aka branded (seperti yang banyak kita jumpai di beberapa factory outlet, mall dsb) akan melewati tahapan ini..yakni proses embroidery alias bordir.
Muda Grafika for WordPress 23 Muda Grafika for WordPress 25 Muda Grafika for WordPress 26 Muda Grafika for WordPress 27
Memaang sedikit menyita waktu dan menambah ongkos produksi…tapi diyakini oleh kalangan pengusaha garment…bisa sedikit menaikkan nilai jual…. Itulah mengapa kaos berbordir biasanya agak sedikit lebih mahal daripada yang tidak berbordir…
4. ———- ADDED ACCESSORIES
Tentunya kita pernah menjumpai kaos yang ada embel embel pin.,button atau semacamnya…yaaak proses menambahkan accessoris. Ditilik dari namanya.,langkah ini bermuara ke estetika….bertujuan sebagai pelengkap saja…pemanis tanpa formalin… Tapi sampeyan jangan menganggap remeh proses ini….
Muda Grafika for WordPress 6 Muda Grafika for WordPress 14
Danger…!!!  Banget! Need a professional skill untuk mengoperasikan mesin ini….meleng dikit aja…bisa bisa jari tangan rontok….!!!
5. ———- SEWING (menjahit)
Muda Grafika for WordPress 9 Muda Grafika for WordPress 10 Muda Grafika for WordPress 11
Nah…dalam tahap ini dituntut ketelitian serta kemahiran kita. Feeling dan skill musti klik ama property kerja….
Menjahit.,mengobras.,menge-cam (overdeck)…melibatkan banyak mesin mesin pendukung..agar hasil yang diinginkan terwujud rapi dan maksimal…
Ho..oh banget….Selain design,manakala hendak memutuskan membeli kaos.., ada kalanya sebagian dari kita meneliti kerapihan jahitan..
Ketiga: FINISHING
Pada bab ini, kita sudah memulai proses penyelesaian aka finishing…akan kita bahas sub pokok bahasan.. Cekidot..
1. ———- Quality Control (QC) aka penyortiran.
Tahap berikut.,setelah kaos terjahit…masuklah kita ke proses penyortiran. Memilih dan memilah kualitas kaos.,agar terhindar dari godaan setan eh,cacat produksi.
Muda Grafika for WordPress 13 Muda Grafika for WordPress 12
Butuh quality control yang jeli dalam menyaring hasil-hasil proses sablon.,bordir dan jahit. Ini penting…lho.! Hanya kaos yang memenuhi standar mutu bagus yg layak lolos seleksi.
2. ——— Menggosok aka menyeterika
Disini..kita tak lagi menggunakan setrikaan listrik yg biasa dipake ibu-ibu menggosok lho…apalagi strikaan berbahan bakar arang…wah.. Yo wis ra jaman maneh…
Muda Grafika for WordPress Muda Grafika for WordPress 1
So…. we must use the machine iron…. Yes..strikaan berbahan bakar gas elpiji…berknalpot uap. Kenapa uap.? Karena disinyalir semburan uap panas yg dihasilkan.,membantu merapikan kaos serta “mematikan” kerutan jahitan..dan sekaligus membunuh kuman..hehehehe…
3. ——— CODING (barcode)
Maksude opo sih? Setelah bebas dari kuman-kuman..eh, rapi..tibalah kita memasuki kamar operasi CODING. Opo kuwi?
Muda Grafika for WordPress 29
Yakni penempatan barcode… Tentunya kita akrab sekali.,manakala membeli something di market modern sang kasir dengan pede abis mengangkat “pistol”. Dan….Tiiiiiiit (sensor)….jeng…jeng…terteralah nominal rupiah di layar kasir. Yaaak….itu scanner aka pemindai..special buat mengidentifikasi barcode..
4. ——— Packaging (pengemasan)
Nah..sampailah kita pada proses terakhir dari rentetan proses produksi kaos.
Muda Grafika for WordPress 3 Muda Grafika for WordPress 2Muda Grafika for WordPress 28
Dimulai dari pengemasan perkaos.,hingga kemasan dalan suatu artikel. Kamsude ngene….biasanya dalam satu artikel itu terdiri dari beberapa warna dan seri kaos… Nah setelah packaging sudah terselesaikan..barulah kita distribusikan ke customer aka klien..
Muda Grafika for WordPress 30
So…setelah kita mengetahui ternyata sedemikian panjang rute kita hanya untuk memakai kaos…pertanyaan nyeleneh saya..diapakan kaos sampeyan yang sudah usang alias tidak terpakai lagi…???!!


Belajar Menjahit Kaos Oblong



Cara Menjahit T Shirt Sendiri di Rumah.Belajar menjahit untuk Hobi dan untuk membuka usaha

Kaos merupakan baju sederhana ringan utk badan sektor atas, rata-rata berlengan pendek tidak dengan kancing serta kerah, bersama leher bulat. Kaos atau T-Shirt kepada awalnya dimanfaatkan
juga sebagai baju dalam tentara Inggris serta Amerika terhadap abad 19 hingga awal abad 20. Histori pemakaian nama T-shirt, tdk ketahuan dengan cara tentu. Teori yg paling umum di terima yakni nama T-Shirt berasal dari bentuknya yg menyerupai huruf "T", atau di karenakan pasukan militer sering memakai baju tipe ini sbg "training shirt".

Peralatan yg wajib ada dalam laksanakan jahit yakni
Gunting
Gak lucu khan apabila seseorang penjahit tdk punyai gunting utk memotong bahan kain atau jahitan, pola pakaian, pola jaket ata lainya.
Penggaris Pola
Nah ini sarana utk bikin pola, lantaran bahan sebelum dijahit mesti dibikin polanya dulu khan.
Pemutus benang / pendedel
Ini dibilang utama pun enggak selamanya menjahit terjadi tidak tersendat khan, saat berjalan salah jahit yg butuh kita melaksanakan adala membongkar jahitan pakaian atau jaketnya bersama hati-hati & seksama nah.. media ini menopang sekali dalam jalankan tugas dedel mendedel.
Meteran ukur / metlen
Cirikhas penjahit umumnya ada meteran yg dikalung dileher. Ini gunanya utk mengukur ukuran tubuh yg dapat dijadikan bahan buat menciptakan pola.

Pola basic mempunyai sekian banyak sektor yg satu sama lain yakni wajib ada biar mampu jadi suatu pola. Biar lebih enteng ane dapat membahasnya dgn pola basic cowok. Pola basic cowok mempunyai sekian banyak sektor ialah; pola depan, pola belakang, lengan, kerah, serta saku.

Pola depan ialah pola yg terdiri dari dua bidang seperti pakaian kemeja yg terdiri dari dua sektor depan kanan & kiri. Pola depan ini utk menggunakannya dipakai patokan lebar tubuh & tinggi tubuh. Sektor segi depan pola ini mempunyai kerung yg berbentuk elips yg fungsinya utk menempa kerah pakaian(leher).

Pola belakang yakni pola sektor belakang tubuh yg cuma terdiri dari satu lembar. Patokan pengerjaan pola belakang ini memanfaatkan lebar tubuh & tinggi tubuh. Bidang atas tengah pola tidak serupa dgn bidang depan pola belakang tdk mempunyai kerung leher yg dalam.

Pola lengan yakni pola yg difungsikan utk menciptakan potongan bahan yg jika disambung bakal jadi sektor lengan pakaian baju. patokan pelaksanaan pola lengan memakai basic dari pola tubuh.

Sama bersama pola depan serta belakang dan lengan pola kerah leher pula mennjadi sektor mutlak. Kerah terdiri sekian banyak tipe & bakal dibahas dilain menulis, tapi sebekumnya dapat gue ulas lebih lanjut berkenaan trick pengerjaan pola, dengan cara apa kiat mengukur tubuh menerapkannya jadi pola

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang Termurah cara membuat kaos oblong

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Kursus JAHIT Tingkat DASAR

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://mudagrafika.wordpress.com/2013/02/18/beginilah-proses-pembuatan-kaos/

0 komentar:

Post a Comment