, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Macam – Macam Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya


baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Macam – Macam Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya

Macam – Macam Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya


harga macam macam perangkat hardware  -  Sobat mungkin tidak asing dengan perangkat elektronik yang satu ini, dan saya yakin sebagaian besar telah banyak menggunakannya. Akan tetapi tahukah sobat macam macam perangkat komputer yang bekerja apabila sobat menghidupkan sebuah komputer ?.

Pada ulasan sebelumnya Utopicomputers telah membahas mengenai Apa itu Software Hardware dan Brainware ? Berikut Pengertiannya. dimana pada ulasan tersebut telah sedikit disinggung mengenai perangkat keras komputer yang mendukung sebuah komputer agar dapat digunakan dengan semestinya. Untuk mengulas lebih jauh mengenai perangkat komputer dalam hal ini Hardware, Utopicomputers akan membeberkannya dalam ulasan macam - macam perangkat komputer dan dilengkapi dengan fungsi perangkat komputer tersebut, Ok kita langsung saja ke topik permasalahan.



Macam - Macam Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya
Perangkat Komputer Pemroses / Central Processing Unit

Central Processing Unit atau disingkat CPU merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memproses atau mengelola data, perangkat komputer yang satu ini memiliki tugas yang cukup penting dalam sebuah sistem komputer. Banyak orang menyebutkan Central Processing Unit merupakan otak dari sebuah komputer yang dapat menjalankan program - program yang dijalankan komputer.

Didalam CPU Sendiri ada beberapa komponen yang mendukung fungsi dan kinerja dari perangkat keras komputer yang satu ini :
1. Processor

Processor merupakan sebuah chip yang berfungsi untuk memproses data yang di inputkan pada komputer, komponen CPU ini sangat penting dan utama, jadi apabila processor mengalami masalah maka CPU tidak akan bisa digunakan. Untuk mengetahui lebih lengkapnya sobat dapat membaca ulasan Pengertian Processor, Fungsi dan Jenis – Jenisnya.
2. Memori RAM

Memori merupakan komponen CPU yang berfungsi untuk penyimpanan sementara data - data yang akan diproses. Apabila komputer dimatikan data - data yang disimpan dalam memori RAM akan hilang. Apabila sobat ingin mengetahui lebih lengkapnya mengenai fungsi RAM lebih lengkapnya dapat membaca Pengertian Fungsi Dan Macam – Macam Jenis Memori RAM Komputer.
3. Motherboard

Komponen CPU yang satu ini berfungsi sebagai papan sirkuit untuk menghubungkan komponen - komponen yang lainnya. Motherboard sendiri memiliki memori ROM yang berfungsi untuk menyimpan program - program utamanya. Apabila sobat komputer ingin mengetahui lebih lengkap fungsi komponen CPU yang satu ini sobat dapat membaca ulasan Pengertian Dan Bagian Motherboard Serta Produsen Merek Mainboard Terbaik
4. Power Supply

Komponen CPU ini berfungsi mendistribusikan arus listrik ke beberapa komponent yang ada dalam CPU, jadi Power Supply sangat penting keberadaannya. Ada beberapa jenis Power Supply yang beredar di pasaran yaitu AT, ATX dan BTX.
5. Heatsink / Kipas Pendingin

Komponen CPU yang satu ini berfungsi untuk mendinginkan suhu processor dan juga komponen CPU yang lainnya, Biasanya Heatsink pada processor dipasang melakat pada processor itu sendiri, sementara untuk mendinginkan komponen CPU yang lain menggunakan Heatsink yang terpasang pada Casing CPU.
6. Video Graphic Adapter

Video Graphic Adapter atau disebut juga dengan VGA Card berfungsi untuk mengelola data grafis komputer yang nantinya ditampilkan pada perangkat komputer Monitor. Komponen yang satu ini memiliki sebuah chip processor tersendiri yang disebut dengan Graphic Processing Unit. Apabila sobat ingin mengetahui lebih lengkap mengenai VGA Card sobat dapat membaca ulasan Pengertian Dan Macam – Macam Tipe Atau Jenis VGA Komputer.
7. Sound Card

Sound Card berfungsi untuk mengelola data audio yang nantinya akan di keluarkan lewat perangkat keras komputer speaker. Sama seperti VGA Card, Sound Card juga memiliki Chip khusus di dalamnya. Komponen ini sebenarnya adalah pelengkap dari komponen - komponen yang ada pada CPU.
8. LAN Card

LAN Card merupakan perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan sebuah komputer ke dalam sebuah jaringan, komponen ini memiliki jenis yang beragam, hal ini tergantung dari media transmisi yang digunakan. Ada yang menggunakan kabel atau media gelombang.
Perangkat Komputer Input

Fungsi perangkat komputer yang satu ini adalah memasukan data - data yang akan di proses dalam sebuah komputer, Ada bermacam - macam perangkat komputer yang tergolong dalam perangkat input diataranya adalah sebagai berikut.
1. Keyboard

Keyboard merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk media inputan yang berbentuk papan kunci. di dalam Keyboard sendiri terdapat deretan tombol huruf, angka, simbol dan tombol perintah yang lain. Jenis - jenis keyboard sendiri ada beberapa macam diatanya keyboard Alphabetik, keyboard Numeric, keyboard DVORAK, keyboard QWERTY, keyboard KLOCKENBERG dan keyboard Maltron.
2. Mouse

Mouse merupakan perangkat keras komputer input yang berfungsi sebagai media penggerak kursor pada komputer. perangkat keras komputer yang satu ini memiliki bentuk seperti tikus, itu sebabnya perangkat komputer ini dinamakan mouse.
3. Microphone

Microphone merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukan data audio pada komputer, perangakat komputer yang satu ini kebanyakan digunakan untuk keperluan Multimedia.
4. Scanner

Scanner merupakan perangkat komputer yang berfungsi untuk memasukan data gambar pada komputer, perangkat ini memiliki prinsip kerja merubah bentuk hard file menjadi soft file.
5. WebCam

WebCam merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai pengambil data foto maupun video dan dimasukan dalam komputer untuk di proses. ada banyak sekali model Webcam di pasaran dan yang membedakan disini adalah kualitas gambar atau video yang dihasilkan.
6. Optical Drive

Optical Drive merupakan perangkat komputer yang berfungsi untuk membaca dan menulis data dalam media CD / DVD. Perangkat komputer yang satu ini ada beberapa jenis yaitu CD ROM drive, CD RW drive, DVD ROM drive dan DVD RW drive.
7. Modem

Modem merupakan perangkat komputer yang berfungsi untuk menghubungkan komputer ke dalam jaringan, Untuk menghubungan komputer dengan modem komputer menggunakan LAN Card yang terpasang pada motherboard.
Perangkat Komputer Output

Fungsi perangkat keras komputer output yaitu menampilkan atau mengeluarkan hasil data yang sudah di proses oleh CPU. Perangkat komputer yang tergolong dalam perangkat output ada banyak sekali, diataranya adalah sebagai berikut :
1. Monitor

Monitor merupakan perangkat keras komputer yang masuk dalam perangkat output, Monitor berfungsi untuk menampilkan hasil data yang diolah oleh komputer dalam bentuk grafis digital. belakangan ini perkembangan monitor sendiri sangar tajam, dan di pasaran sendiri ada beberapa macam jenis monitor diataranya, Monitor CRT, Monitor LCD dan Monitor LED.
2. Printer

Printer merupakan perangkat keras komputer yang juga tergolong dalam perangkat output, Printer berfungsi untuk mencetak data yang sudah di proses oleh komputer kedalam media kertas. Beberapa jenis printer yang ada di pasaran antara lain, printer dot metrik, Printer Desk Jet, Ink Jet, dan juga Bubble Jet dan Printer Laser Jet.
3. Speaker

Speaker merupakan perangkat komputer output yang berfungsi untuk mengeluarkan data suara yang telah di proses oleh komputer. Untuk dapat dihubungkan dengan komputer, Speaker membutuhkan media khusus yang di sebut dengan Soud Card.
Perangkat Komputer Penyimpan / Storage

Fungsi perangkat komputer yang satu ini adalah menyimpan data yang akan di proses dan juga setelah di proses oleh CPU. Beberapa perangkat komputer yang tergolong dalam media penyimpan antara lain :
1. Hard Disk

Hardisk merupakan sebuah komponen perangkat komputer yang berfungsi menyimpan sistem operasi, aplikasi dan juga data - data dokumen yang lain, sobat dapat membaca ulasan mengenai Pengertian Fungsi Dan Jenis – Jenis Hard Disk Komputer. untuk informasi lebih lengkapnya.
2. Flash Disk

FlashDisk merupakankan perangkat komputer yang berguna untuk menyimpan data dari komputer, perangkat ini juga dapat disebut dengan USB Drive, Pocket Drive, Pen Drive atau Microdisk. Dipasaran ada banyak sekali jenis FlashDisk dengan berbagai macam kapasitas penyimpanan.
3. Disket

Perangkat penyimpanan komputer yang satu ini mempunyai funsi seperti layaknya Hard Disk akan tetapi terbatas sekali kapasitas penyimpanannya, jadi perangkat komputer yang satu ini mulai ditinggalkan.

Itulah ulasan mengenai macam macam perangkat komputer dan juga dilengkapi dengan fungsi perangkat komputer tersebut, sebenarnya masih banyak perangkat komputer yang ada sekarang ini, akan tetapi perangkat komputer diatas adalah perangkat yang umum digunakan oleh banyak kalangan. Sekian semoga ulasan diatas dapat bermanfaat utuk sobat komputer sekalian.

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang harga macam macam perangkat hardware

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi

lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Tips Menjemput Kesuksesan Buat Kamu, Para Peserta Kursus Jahit Baru!

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://www.utopicomputers.com/macam-macam-perangkat-keras-komputer-dan-fungsinya/

0 komentar:

Post a Comment