Tutorial Peci Lebaran 2016 Ala Ogut (Crochet)

Tutorial Peci Lebaran 2016 Ala Ogut (Crochet)

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
Tutorial Peci Lebaran 2016 Ala Ogut (Crochet)

cari cara membuat peci - Intermezo tentang Peci Lebaran 2016 sudah ogut buat di postingan sebelumnya, klo penasaran bisa di baca di sini. Nah sekarang ogut coba membuat tutorial dan juga pola Peci tersebut. Mohon di simak, gak ada kata ulangan karena ude kemaleman nih nebeng internet kantor hahaha.

Okeh, sudah lihat penampakan hasil jadinya kan ? ini loh perhatikan seksama, TOLONG FOKUS DI PECINYA jangan liat modelnya… huhuhu *nutup mata

Awalanya adalah pola seperti dari ini, katanya sih pola peci, kayaknya ogut belom pernah coba membuat utuh sesuai pola di bawah ini.
13563511_635282286630109_691974644_n
Googling
Tapi temen ogut, Eli Yuniati sudah pernah membuatnya, dan hasilnya seperti di bawah ini, ternyata berhasil wakakaka, Yang salah bukan polanya tapi ogut nye aja yang rada oneng gak bisa baca pola dan merubah jumlah stitch (tusukan).
12141789_424629767724920_6647266762285236023_n
Karya Eli Yuniati
Ya sudahlah, ogut gak akan bahas karya orang lain yang telah jadi, tapi yang ogut bahas di sini adalah Peci Karya buatan ogut sendiri hasil modifikasi Pola di atas dengan pikiran logika ogut dikala menemui kendala atau permasalahan membuat karya tangan.
Langsung aja, kita bahasa apa saya yang dibutuhkan dalam membuat Peci Crochet ala Ogut, yaitu :
  • Benang & Alat
Karena project ini merupakan uji coba dan masih belom berani pake benang bagus, ogut pake benang katun lokal, klo gak salah namanya Katun bali. Warna yang ogut ambil adalah hitam dan putih. Harganya lumayan murah loh, gak akan nguras sisa THR deh, paling kisaran 15ribuan se gulung. ( maaf gak update harga ).
20160701_190338
Benang Katun Lokal dan Hakpen Clover
Nah klo alat nye adalah Hakpen atau ada yang bilang hook atau hakken. Ogut beli di toko Maju Mayestik, klo di sini rada mahal, mending beli di online shop benang dan alat rajut yang berteberan di internet aja, untuk hakpen seperti Tulip Gold kisaran 30ribuan klo gak salah ( maaf gak update harga lagi).
Nah karena benang katun lokal yang diameter kecil ini, ogut pake hakpen ukuran 2.3mm (nomor 3). Pas banget jika ngait benangnye dan lancar jaya dalam merajutnya. *eh tergantung merek sih dan keluwesan tangan si perajut hahaha.
  • Pola Bergambar
Awalnye sih ogut gak pengen buat pola seperti di atas, ude brosing ke sono – ke mari dari pinterest sampe ravelry gak nemu pola peci yang cocok, sekalinye ada yang cocok kudu berbayar. Padahal pengen banget buat Peci Knitting, tapi karena gak nemu terpaksa pake yang ada aja, yaitu pola di atas.
Proses Pembuatan
Pastinya yang baca postingan ini lebih banyak perajut yang sudah mahir baik baca pola ataupun mengarang sendiri, tapi ada juga yang belom mengerti proses pembuatan karya terutama topi yang sesuai dengan lingkar kepala, apalagi jika kita memiliki pola tapi tidak tidak mengikuti gauge dari pola asli, baik itu ukuran benang dan hakpen dengan yang alat dan benang yang kita miliki.
lingkar pala
Mengukur Lingkar Kepala
Pertama yang ogut lakukan mengukur lingkar kepala ogut menggunakan meteran tukang jahit, jangan pake meteran tukang bangunan yee…, nah terlihat lingkaran pala ogut adalah 57cm.
Pada saat menggunakan pola awal, ternyata row atau baris ke 7 jika melihat pola itu adalah batas dari bentuk motif kuwaci  (segitiga bolak balik) yang merupakan  batas pengurangan ( decrease ) tusukan ( stitch ) tidak pas atau masih kurang dilingkaran pala ogut, maka ogut tidak serta merta mengikuti pola tersebut.
Di sinilah proses berfikir menggunakan akal dan logika agar kita tetap membuat sesuatu sesuai dengan bentuk yang kita inginkan yaitu topi atau peci.
20160701_190120
Di row ke 8, ogut tetap menambah tusukan ( increase ) hingga row ke 12, pastinya melebar dari bentuk pola aslinya. masuk row ke 13, jumlah tusukan stabil sesuai dengan jumlah tusukan row 12.
Kenapa berhenti sampai ke row 12, karena pada saat ogut templokin hasil rajutan tersebut di atas kepala alias ngepasin, ternyata sudah pas menurut insting ogut. Jadi berhenti untuk menambah jumlah tusukan lagi. Yaitu dengan diameter lingkaran 21,5 cm karena ukuran lingkar kepala ogut 57cm.
20160701_190213
Setelah itu mulai pendalaman bentuk, pastinya tetap sesekali dipasin ke kepala ogut. Jika ke dalam Peci tersebut sudah pas, terasa masi kendur, mulai lah dengan menguranginya.
Oh, tusukan yang ogut pake dari row 1- 13 adalah Double Crochet ( DC ). Karena motif sudah tidak bakal bisa seperti pola asalnya yaitu Kuaci, dan juga ada keinginan merubah motif menggunakan motif tapestry, maka ogut merubah tusukan dari double croche ke singel croche (SC).
20160701_190250
Lagi-lagi insting ogut meleset, ternyata terlalu pendek untuk membuat motif tapestry dan males ngitung jika membuat pola sesuai dengan sisa media yang ada. Jadi cuma asal bentuk motif ala tapestry aja yang menclok di peci tersebut hahaha.
Ya sudalah lah, dengan menggunakan motif ala kadarnya dan mengkombinasikan 2 warna benang hitam dan putih yaitu corak garis. di tutup dengan tusukan slip stitch ( sl st ). Akhirnya jadilah, yang penting muat Peci ogut buat lebaran tahun ini hehehe.
Hmm, sudah jadi suatu kelatahan dalam dunia para perajut, jika membuat karya di posting di media sosial ada aja yang teriak “boleh minta polanya?” . Hahaha.. gak mereka gak ogut juga, tapi ogut jarang banget minta pola jika melihat postingan karya temen, paling cuma iseng ngeramiin komentar di postingan tersebut.
Tapi karena teriakan itu pula, ogut penasaran mencoba membuat pola peci yang ogut buat ini. Awalnya memang males banget, dan juga emang gak bisa buat pola baik tulisan dan gambar. Tapi yaitu tadi karena penasaran dan juga ingin berbagi di bulan Ramadhan ini, akhirnya ogut coba membuatnya.
13516443_635362126622125_1844993174247588424_n
Pembuatan pola pertama kali ogut coba membuat dengan menggunakan software design grafis yaitu Adobe ilustrator berdasarkan tutorial yang ogut cari di Youtube  . Pasalnye ogut cukup familiar menggunakan software ini, tapi pas di coba kok jlimet juga yaa. Akhirnya malah gagal dan males nerusin.
13516389_635884659903205_4235182737921334519_n



Nah iseng-iseng cari-cari di youtube, ogut nemuin tutorial membuat pola crochet yang memang sengaja software itu di buat untuk membuat pola crochet. Akhirnya ogut pelajari dan cari link downloadan software tersebut. Namanya adalah Crochet Chart , software ini gratis dan bebas di download dan di gunakan loh. gak percaya? TKPnya di sini.

crochet chart

    Starting with version 1.2 Crochet Charts is open source. That means it is now free to download and use.

Jika mau belajar cara menggunakan Crochet Charts nya ada kok tutorialnya, pelajari aja tutorial di bawah ini.

Sudah jelaskan ? atau masih mau pola Peci Lebaran ala Ogut juga? hahaha.. okeh nih ta kasih. Jangan protes dan banyak tanya klo salah yaa, karena yang buat bukan ahli rajut dan ahli buat pola, tetap gunakan logika dan berfikir gimana caranya berhasil, namanya juga belajar dan mau disebut orang kreatif ya harus kreatif berfikir doong.

Peci Crochet Lebaran 2016

Peci Crochet Lebaran 2016 download pola pdf  , dan pola file jpg 

Okeh segitu aja tutorial dan proses pembuatan Peci Lebaran 2016 dengan teknik Crochet, semoga bermanfaat dan cepet bikin karena dikit lagi lebaran, kasih kado lebaran buat orang tercinta kita.


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cari cara membuat peci

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Cara Membuat Celengan dari Tanah Liat

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://tinuleutik.wordpress.com/2016/07/01/tutorial-peci-lebaran-2016-ala-ogut-crochet/

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.