Taplak Meja Batik Jumputan


Taplak Meja Batik Jumputan

cara membuat taplak meja dari kain mori  motif batik taplak meja sederhana  cara membuat taplak meja dari kain batik  cara membuat taplak meja dengan kelereng  cara membuat batik jumputan motif bunga  cara membuat batik jumputan pelangi  cara membuat batik jumputan dengan 2 warna  cara menghias taplak meja dengan kain flanel
 Taplak Meja Batik Jumputan


taplak meja jumputan - Assalamualaikum Wr. wb.
       Saya disini akan menjelaskan cara membuat taplak meja dengan motif jumputan. Silahkan menyimak.
Alat dan Bahan

    Kain katun polos/putih ukuran 1 meter
    Perwarna kain (wantex/wenter)
    Panci
    Ember/baskom
    Garam
    Karet gelang/tali rafia
    Kelereng/batu/bola bekel, bola tenis, dan bola kecil lainnya

Cara Mmbuat
1. Siapkan kain, lalu ikat kain bersamaan dengan kelereng sesuai bentuk kreasi anda. Kemudian ikat dengan kuat dan rapat agar hasil ikatannya menjadi bagus dan warnanya lebih menarik.

2. Warna bagian tengah kelereng serta pola lainnya pada bagian tengahnya, setelah itu tutup bagian yang telah diwarnai dengan kantok plastik, kemudian ikat bagian yang ditutup menggunakan karet.

3. Setelah mengikat dan mewarna pola pada kain, siapkan panci berisi air. Kemudian rebus air hingga mendidih, setelah mendidih masukkan wenter/wantex (perwarna kain), serta masukkan garam juga kedalam air. Setelah itu aduk aduk air.

4. Kemudian masukkan kain kedalam panci yang berisi air yang sudahh diberi wenter dan garam tersebut. Tunggu hingga warna meresap dengan kain. Sambil menunggu hingga warna meresap dengan kain, aduk dan bolak-balik kain.

5. Setelah warna sudah meresap dengan, kemudian angkat dan taruh kain pada baskom yang berisi air biasa, lalu cuci kain hingga kain dirasa sudah bersih dan hingga air berwarna pewarna tersebut.

6. Setelah itu tiriskan, lalu jemur kain hingga kain kering. Setelah kain kering, kemudian lepaskan ikatan karet pada kain. Setelah melepas ikatan karet, setrika kain dengan keadaan setrika tidak telalu panas.

Dan kemudian kain siap digunakan untuk taplak ^_^

Selamat mencoba..........

Sekian postingan saya tentang cara membuat taplak meja batik jumputan, bila ada kata-kata yang salah mohon dimaafkan. Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  taplak meja jumputan

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Bahan Kuliah: ARSITEKTUR PERILAKU

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://haryoghaza.blogspot.co.id/2015/02/taplak-meja-batik-jumputan.html


Comments