, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Muatan Lokal : Apa dan Kenapa ?

 Muatan Lokal : Apa dan Kenapa ?

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Muatan Lokal : Apa dan Kenapa ?



mulok itu pelajaran apa - Pelajaran muatan lokal adalah salah satu mata pelajaran tambahan yang wajib di selenggarakan di tiap sekolah di Indonesia. Kewajiban ini khususnya mengacu pada Peraturan Pemerintah Dinas Pendidikan Nasional (Permendiknas) no.22 tahun 2006 tentang Standar Isi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Dalam KTSP ditegaskan selain memuat mata pelajaran juga memuat muatan lokal yang wajib diberikan pada tiap tingkat satuan pendidikan. Muatan lokal sebenarnya bukanlah pelajaran baru dalam dunia pendidikan di Indonesia, sebab pada kurikulum sebelumnya juga telah tercantum dan terselenggara, hanya saja dengan nama yang berbeda. Kurikulum 1968 misalnya menyebutkan pelajaran muatan lokal ini dengan kerajinan tangan, kurikulum 1975; prakarya kesenian, kurikulum 1984; keterampilan bebas dan terikat, selanjutnya Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan KTSP menyebutnya langsung dengan muatan lokal, dengan menitikberatkan kepada potensi daerah yang ada. Adanya penitikberatan tersebut sesuai dengan arti muatan lokal itu sendiri. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) muatan artinya memasukan, sedangkan lokal bermakna apa yang dimiliki oleh suatu daerah tertentu. Jadi dapat disimpulkan bahwa pelajaran muatan lokal adalah pelajaran yang diajarkan disesuaikan dengan sumber daya atau potensi yang dimilliki suatu daerah dimana sekolah itu berada. Berdasarkan pengalaman yang ada di lapangan, pada awalnya terjadi kebingungan di masing-masing tingkat satuan pendidikan tentang penerapan pelajaran muatan lokal. Sehingga pelajaran muatan lokal yang ada hanya diisi dengan mata pelajaran bahasa seperti bahasa asing. Hal ini disebabkan minimnya jumlah guru yang mempunyai latar belakang pendidikan sesuai. Tapi dengan adanya pelatihan yang diselenggarakan oleh dinas setempat dan pusat maka pelaksanaan muatan lokal ini dapat lebih terarah. The process starts from the end, suatu proses dimulai dari akhir. Agaknya itulah kalimat yang tepat untuk memetakan pelajaran muatan lokal ini. Berangkat dari tujuan pertama pelajaran ini yaitu untuk membantu siswa menjadi mandiri. Membantu siswa untuk mandiri khususnya bagi siswa di sekolah umum yang tidak diajarkan keterampilan atau keahlian khusus seperti yang diperoleh oleh siswa yang bersekolah di sekolah kejuruan, maka mata pelajaran muatan lokal ini berguna untuk menyiapkan siswa sekolah umum untuk dapat mempelajari keterampilan. Intisari pelajaran ini adalah untuk bekal menyambung hidup jika siswa tidak lagi bersekolah atau tidak melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Dari tujuan pelajaran muatan lokal yang pertama ini kita dapat menarik benang merah tentang pelajaran muatan lokal apa sebaiknya yang akan kita ajarkan. Jika di wilayah tempat sekolah itu berada memiliki sumber daya laut yang berlimpah maka idealnya muatan lokal tersebut berbasis kelautan; apakah itu budidaya hasil laut, keterampilan limbah laut, atau pengolahan hasil laut. Jika di wilayah tersebut menonjolkan hasil agraria atau perkebunan maka konten muatan lokal dapat berupa budidaya pertanian atau pengolahan hasil pertanian. Selanjutnya disebutkan bahwa tujuan kedua dari pelajaran muatan lokal itu adalah membantu siswa untuk mengenal sopan santun di dalam masyarakat. Mengenal sopan santun dalam masyarakat ini dapat digali lewat muatan lokal berbasis kebudayaan setempat, misalnya kebudayaan melayu. Pelajaran muatan lokal berbasis kebudayaan ini nantinya dapat disinergikan dengan potensi pariwisata yang ada di daerah tersebut, sebab pariwisata sebenarnya tidak hanya soal tempat dan panorama tapi juga mencakup kebudayaan didalamnya. Namun terkadang pelajaran muatan lokal ini susah-susah gampang untuk mengajarkannya. Hal ini dikarenakan anggapan sebagian siswa bahwa pelajaran muatan lokal adalah pelajaran tambahan saja, oleh karenanya dari awal guru perlu memberitahukan pentingnya pelajaran muatan lokal kepada siswa. Pada dasarnya muatan lokal itu lebih banyak memuat praktek daripada teori. Praktek yang diadakan sebaiknya merupakan hal yang tak biasa bagi siswa, walau secara hakikat sifatnya hanya modifikasi atau kreativitas saja. Pada pengolahan hasil laut contohnya, kita bisa praktek membuat nugget yang biasanya dari ayam, atau daging sekarang kita ganti dengan berbahan dasar ikan, cumi-cumi atau yang lain, kerupuk dari kulit dan tulang ikan dan sebagainya. Pada muatan lokal agraria kita juga dapat mengolah pupuk, hal yang tak biasa dilakukan siswa namun mempunyai korelasi dengan pelajaran lain seperti kimia dan biologi bahkan TIK. Kiranya gambaran singkat ini dapat membantu memberikan sedikit pencerahan mengenai muatan lokal.


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  mulok itu pelajaran apa

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  KERAJINAN TAPLAK MEJA

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://mulok2015.blogspot.co.id/2015/06/muatan-lokal-apa-dan-kenapa.html

0 komentar:

Post a Comment