, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Jahitan #4 : Jumpsuit Pendek Batik {Batik Short Jumpsuit}


Jahitan #4 : Jumpsuit Pendek Batik {Batik Short Jumpsuit}

pola celana jumpsuit  jumpsuit pattern  pola jumpsuit anak  model jumpsuit untuk wanita gemuk  pola celana kodok  baju jumpsuit lengan panjang  pola jumpsuit anak perempuan  cara membuat pola celana jumpsuit
 Jahitan #4 : Jumpsuit Pendek Batik {Batik Short Jumpsuit}

cara buat pola jumpsuit - Sukses membuat Blus Kerah Gelombang {Rippled-collar Blouse} dan Blus Lengan Gembung {Puffed Sleeves Blouse} ternyata mengakibatkan aku makin kecanduan jahit *yaaa daripada kecanduan narkoba mending kecanduan jahit kan?*

Ada yang suka gaya berpakaiannya cewek-cewek Korea?? Banyak toko-toko yang menjual baju-baju ala Korea, tapi aku gak minat beli karena kebanyakan bahannya adalah shifon, aku kurang suka karena transparan dan terlalu lemas *menurutku loh ya... selera orang bisa beda-beda*, makanya aku jadi pengen bikin sendiri dengan bahan yang berbeda tapi modelnya yaaa... mirip-mirip dikit boleh kan??

Awal Maret lalu, aku beli batik cap di pameran "Pesona Batik" yang diadakan di Tunjungan Plasa Surabaya. Kain batik warna ungu yang aku beli motifnya cheerful banget, jadi pengen aku bikin model yang cheerful pula. Aku pernah beli jumpsuit di Pasar Sukowati, tapi modelnya terlalu gombrong di badanku ini *apalah daya, badan terlalu kurus*, dan seperti biasa... aku jadi pengen banget bikin sendiri jumpsuit yang pas buat ukuran badanku. Mulai lah aku googling model-model jumpsuit yang ok menurutku, dan inilah inspirasi itu :


Inspirasi Jumpsuit (gambar diambil dari google, lupa websitenya apaan)


Saking semangatnya, aku sampai lupa memotret polanya :D, pola yang diperlukan untuk membuat jumpsuit ini yaitu :
- pola badan depan (kanan dan kiri)
- pola badan belakang
- pola kerah rebah (hanya bagian depan)
- pola celana pendek (depan dan belakang)
- pola kantong dalam

Kalau sebelumnya aku masih dibantu mamaku jahit dengan mesin jahit, kali ini full semua aku sendiri yang jahit, mulai dari jahit rendanya, bajunya, kerahnya, lengannya, celananya, kantongnya, pokoknya semua aku jahit sendiri. Senangnyaaaaa...... Proses menjahitnya memang agak rumit, tapi sebenarnya simple kok. Nanti kalau ada kesempatan aku coba bikin tutorialnya ya.

Tantangan terberatnya waktu menjahit renda, menyambung celana pendek dengan bajunya *sambungannya tebel banget* dan waktu pasang lengan tulip. Sebenarnya ada cara yang mudah untuk pasang lengan tulip, yaitu : sambung bahu – pasang lengan tulip bagian belakang – pasang lengan tulip bagian depan – sambung samping badan. Tapi berhubung sudah terlanjur salah langkah rumitlah prosesnya ^^
Eits, gak boleh menyerah, harus telaten memang, dan setelah jadi pun hati terasa puas melihat hasil jadinya. This is it : Jumpsuit Pendek Batik {Batik Short Jumpsuit}

Jahitan #4 : Jumpsuit Pendek Batik {Batik Short Jumpsuit}




Sebenarnya aku pengen bikin yang pendeknya seperti di gambar inspirasi di atas, tapi karena mama gak suka aku pakai yang terlalu mini yaaa aku panjangkan sampai di atas lutut supaya mama sedikit lega lah. Kalau dilihat dari dekat lubang kancingnya memang kurang rapi, karena memang aku membuatnya sendiri dengan tangan, tanpa mesin sama sekali, karena mesin jahitnya gak ada fitur pembuat lubang kancing, belum punya sepatu khusus pelubang kancing pula. Dekat rumah ada sih penjahit yang terima obras dan bikin lubang kancing, tapi harus ditinggal dan diambil besoknya *males mondar mandir, takut keburu niat ilang, belum lagi kalau besok pas mau ambil eh ternyata belum jadi T.T*. Akhirnya mamaku pun ngajarin aku bikin lubang kancing sendiri, cukup mudah ternyata.

Just for share...untuk membuat jumpsuit ini, yang dibutuhkan antara lain :
- 1 potong batik atau setara 2 meter kain (sebenarnya bisa pas 1.75 meter, tapi di toko kain kan jarang yang ngebolehin beli kain kelipatan 0.25 meter)
- 1 benang sesuai warna kain
- 1 bisban sesuai warna kain untuk kerung leher
- 1 meter karet elastis
- 2 meter renda bunga
- 4 pcs kancing

Okay, sekian dulu pamer jahitan yang keempat, jadi pengen jahit lagi ^^


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang cara buat pola jumpsuit

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Grade Seven

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://yuanitacik.blogspot.co.id/2012/05/jahitan-4-jumpsuit-pendek-batik-batik.html

0 komentar:

Post a Comment