APLIKASI UTILITY EXTERNAL WINDOWS

APLIKASI UTILITY

EXTERNAL WINDOWS



Agar kondisi komputer dapat tetap bekerja secara normal dan bisa bekerja maksimal, ada beberapa jenis utility dan anti virus yang cukup baik dan direkomendasikan untuk digunakan pada komputer personal ataupun komputer kantor, PC maupun server. Bagi anda seorang pengguna komputer yang baru meng-install sistem operasi baru, ada baiknya anda menambah aplikasi dengan beberapa utility temasuk antivirus sebelum anda menggunakan komputer tersebut untuk keperluan anda sehari-hari.
Perhatikan…!!! Tidak ada satu aplikasi-pun yang mampu memenuhi semua kebutuhan user. Tidak ada satu utility-pun yang mampu mengatasi semua masalah dan mengerjakan pekerjaan yang kita inginkan secara sempurna.
Kemampuan aplikasi utility maupun anti virus untuk mengatasi masalah komputer atau mengembalikan komputer kita ke keadaan normal sangat tergantung dari perilaku user selama menggunakan komputer, kualitas hardware, kerusakan atau masalah yang ditimbulkan serta versi produk software yang kita gunakan.
    Antivirus, Anti-Trojan, Anti-Worm, Anti-Dialer dan Anti-Spyware
Perlu untuk diketahui bahwa tidak ada satu antivirus yang mampu mengatasi semua virus yang pernah ada. Tiap-tiap antivirus dibuat untuk mengatasi virus pada priode tertentu. Kalaupun kemudian sebuah anti virus dapat mengatasi model virus-virus terbaru, maka update antivirus tersebut perlu dan mutlak dilakukan, untuk mengantisipasi munculnya virus-virus baru yang muncul dikomputer kita.
Beberapa antivirus yang pernah digunakan penulis, dari beberapa produsen anti virus untuk PC, antara lain:
1.    Avast (Free)
2.    NOD32 (Free)
3.    Antivir (Free)
4.    AVG dari Grisoft (Free & Commercial) for Windows XP, 2000 Pro, 2003, Linux
5.    Avira (commercial)
6.    Kapersky Lab (free & commercial)
7.    McAfee (Commercial) for Windows 98, Me, 2000 Pro, XP
8.    Norton Antivirus dari Symantec (commercial) for Windows 98, Me, 2000 Pro, XP & Vista
9.    Norman (Free & commercial)
10.    Panda Software (Free & commercial)
11.    Trend Micro Incorporated (Free & commercial)
Disamping anti virus yang tesebut diatas masih terdapat beberapa program khusus Anti-Trojan, Anti-Worm, Anti-Dialer dan Anti-Spyware lain, yang dapat membuang program-program mencurigakan yang bekerja dibelakang layar komputer, yang memberikan informasi tentang komputer yang kita gunakan ke komputer lain di jaringan lokal ataupun internet.
Program-program tersebut ada yang tidak merusak sistem komputer yang kita gunakan, melainkan mencuri atau mencari informasi rahasia yang kita sembunyikan, atau mengamati pekerjaan apa saja yang sedang dilakukan dikomputer kita.
    Utility External
Terdapat beberapa tool atau perangkat lunak yang mampu membantu user komputer untuk melakukan manajemen file atau direktory, manajemen sistem, seperti: registry, proses, dan memory. Scandisk, recovery disk, repairing disk, cloning disk, compare disk, partition disk dan keperluan lainnya.
Software utility tersebut antara lain:
1.    Norton SystemWorks, sudah termasuk didalamnya:
Norton Utility: untuk keperluan scandisk, windoctor, protect file/un-erase, manajemen register.
Norton Disk Doctor: untuk memperbaiki lost cluster pada harddisk
Norton Clean Sweep untuk disk clean-up
Norton System Optimizer: untuk manajemen system dan hardware
Norton Speed Disk: untuk keperluan defragmentasi harddisk, floppy disk, maupun flash disk.
Norton Go-back: untuk keperluan recovery data dan konfigurasi
2.    Norton Ghost: untuk meng-cloning harddisk atau partisi harddisk dan memback-up data.
3.    Norton Virtual Drive: untuk membuat drive CD-ROM virtual
4.    Easy Recovery, Recovery for all: untuk mengembalikan isi disk yang telah di-delete atau ter-format
5.    Disk Manager: untuk mengembalikan kondisi harddik yang telah rusak
6.    PowerQuest’s Partition Magic: untuk membuat partisi primary dan extended serta logical di harddisk.
7.    Nero: untuk menyalin ulang file atau image .ISO ke media CD atau DVD
8.    ZoneAlarm dari ZoneLab: firewall popular dan banyak direkomedasikan untuk mengamankan komputer dari masalah-masalah jaringan komputer.
9.    UPX, Winzip, WinRAR: Program ini dapat digunakan untuk memampatkan alias memperkecil ukuran file atau direktori pada Windows95/98/NT, dan DOS. Tingkat pemampatannya cukup tinggi, bisa mencapai 70%.
10.    RegCleaner: Program untuk menghapus key pada registry yang sudah tidak diperlukan oleh program Windows. Sangat berguna jika Anda sering melakukan proses install dan uninstall program.
11.    PdfCreator, word2pdf, jaws, Solid converter pdf Professional: Untuk membuat file PDF atau mengubah bentuk file .doc, .xls, .ppt, menjadi .pdf.
12.    Jsplit: program kecil yang dapat digunakan untuk melakukan split (memecah file) berukuran besar menjadi beberapa file berukuran kecil yang dapat Anda tentukan sendiri ukurannya.
13.    Hz-Tool: Program yang dapat digunakan untuk mengatur berbagai setting Display untuk monitor dan VGA card Anda, yang meliputi resolusi, refresh rate dan kedalaman warna.
14.    Registry Crawler: Program yang dapat digunakan untuk menggantikan registry editor bawaan Windows. Dengan program ini Anda dapat melakukan modifikasi registry dengan lebih nyaman.
15.    dll.
Disamping utility external for windows tersebut, ada banyak tools lain yang dibutuhkan komputer untuk keperluan khusus, seperti:
1.    Network Monitoring (Cabling maupun Wireless): Tools yang digunakan untuk mengamati kondisi jaringan komputer dengan kabel maupun tanpa kabel. Menteteksi penyusupan dan sekaligus mengamankan jaringan.
2.    Hotspot area scanning: software/tools untuk melacak keberadaan koneksi internet bagi perangkat wireless.
3.    Hacker tools: software untuk keperluan memasuki sistem komputer lain di jaringan komputer, banyak jenis sofware ini yang digunakan untuk mengetahui sistem komputer lain, melihat dokumen, password, port atau service yang terbuka dari komputer lain.
4.    Password cracker/recovery: penemu password suatu file atau password untuk login kesuatu sistem komputer.
5.    Keygens: untuk menemukan serial number atau produk key sebuah software commercial, dll.


Comments