4 Analisis Industri

4 Analisis Industri


2.4.1 Perspektif Masa Depan Industri

Menilik kerajinan kain flannel. Kain flannel yang lembut dan memiliki warna menarik sangat mudah dibentuk, sedemikian sehingga sering dijadikan pilihan untuk membuat berbagai macam produk hiasan, mainan anak, ataupun aksesoris yang digunakan sebagai souvenir. Seperti gantungan kunci, gantungan HP, bros, jepit rambut, hiasan magnet, karet rambut dan lain-lainnya. Harga jualnya juga relatif bagus, jika dibandingkan dengan modal yang dibutuhkan, yakni sekitar Rp. 2.000,- – Rp. 8.000,- . Modal awal bisa ditekan, karena produksi awal hanya untuk sampel, selanjutnya produksi dilakukan hanya jika ada pesanan.

2.4.2 Analisis Persaingan

Pada umumnya, beberapa produk yang ada di pasaran berbahan plastik, kulit, mika, dll. Sebagian besar masyarakat kurang mengetahui mengenai suatu produk aksesoris yang berbahan flannel. Akibat dari kurang familiarnya para pembeli dengan suatu produk berbahan flannel ini adalah mereka akan memandang sebelah mata produk tersebut.
Namun, hal ini merupakan suatu tantangan bagi kami. Kami berusaha untuk menawarkan produk yang berbahan flannel ini kepada masyarakat. Dimana produk ini tentunya tidak kalah dengan produk-produk yang sudah ada di pasaran. Tentunya dengan berbagai macam kreasi yang dapat kami kembangkan seiring dengan berjalannya waktu.
Penjualan produksi handmade berbahan flannel menjadi keuntungan tersendiri bagi kami karena bahan flannel ini mudah untuk didapatkan dan harganya yang relative murah. Selain itu, belum banyak persaingan dalam bisnis penjualan handmade berbahan flannel ini.
Akan tetapi, jumlah produksi yang dihasilkan cukup terbatas. Dikarenakan proses pembuatan produk ini menggunakan proses handmade. Selain itu, tingkat kerumitan dan kurangnya waktu pengerjaan juga menjadi kendala dalam pembuatan aksesoris. Ditambah dengan ide kreatif yang harus selalu inovatif merupakan hambatan yang akan menjadi tantangan bagi kami.
Dalam memasarkan produk ini, kami memiliki beberapa kemudahan. Diantaranya adalah masih banyaknya relasi di lingkungan kami yang mempermudah proses penjualan. Selain itu, pada daerah Depok yang menjadi salah satu tempat pemasaran kami. Hal ini akan menjadi peluang yang cukup baik bagi kami untuk lebih mengenalkan produk - produk kami.

2.4.3. Segmentasi Pasar Yang Akan Dimasuki

Sasaran dari pemasaran produk kami adalah seluruh kalangan masyarakat, mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Kami berani merambah seluruh kalangan karena produk yang kami hasilkan sangat beragam dan dapat menjangkau seluruh kalangan. Dengan demikian, produk ini memiliki peluang yang sangat bagus karena masih sedikit yang memproduksi aksesoris berbahan flannel ini. Sebagai produk baru, handmade kain flanel perlu memikirkan segmentasi pasar agar mempercepat laju penjualan produk ini sendiri.
Di dalam sebuah usaha, segmentasi pasar juga memiliki peran penting untuk memajukan usaha. Salah satu alasan dari melakukan segmentasi pasar adalah untuk meningkatkan efektivitas strategi pemasaran yang telah disusun. Jika dirinci maka segmentasi pasar usaha kami adalah sebagai berikut :



    Segmentasi Geografis
Untuk memaksimalkan pemasaran, kami akan memasarkan produk kami ke seluruh daerah, baik di dalam kota, maupun diluar kota. Untuk pemasaran di dalam kota kami akan menangani langsung calon konsumen, sedangkan untuk di luar kota akan digunakan media internet untuk menjual produk kami secara online.
    Segmentasi Demografi
Untuk segmentasi demografi, usaha kami merambah ke berbagai kalangan,yaitu mulai dari anak-anak hingga dewasa. Sedangkan berdasarkan jenis kelamin, kami lebih cenderung pada wanita, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa pria juga dapat menggunakan produk kami.

    Segmentasi Psikografi
Sedangkan untuk segmentasi secara psikografi, produk kami lebih ditujukan pada masyarakat menengah kebawah. Karena produk kami relative murah dan dapat digunakan sebagai pilihan alternatif untuk membeli aksesoris.

2.5. Pemasaran
       Adapun Pemasaran yang kami lakukan yaitu sebagai berikut:
   
2.5.1.Jasa Pelayanan

Usaha flannel merupakan industri rumahan dengan membuat kreasi kerajinan tangan dari bahan dasar flannel. Oleh karena itu dalam jasa pelayanannya konsumen yang membeli dalam jumlah banyak akan langsung diantarkan barang-barangnya ke tempat si pembeli tersebut.




2.5.2.Pelaksanaan Distribusi
     Untuk Pendistribusiannya yaitu dengan cara mengirimkan produk-produk kami ke toko/counter yang memesan produk kami melalui email, social network, atau via telpon atau sms.

2.5.3.Promosi Yang Akan Dilakukan
Hal yang kami perlukan dalam mencari bentuk promosi yang murah dan memilih iklan yang tepat, antara lain :

    Survei langsung kepada masyarakat
    Promosi penjualan, dilakukan dengan cara menyebar pamplet / brosur dari produk yang kami jual.
    Mengikuti pameran-pameran yang bertemakan sesuai dengan produk yang kami pasarkan.
    Melalui Situs Jejaring Sosial.

2.5.4.Pengembangan Produk
Selalu Up to date dengan perkembangan dari produk yang kami buat, strategi ini mencakup perubahan barang yang tetap menggunakan cara produksi yang sama, bila mana kita mengetahui bahwa sasaran pembeli mulai bosan dan kita harus mengubah atau membuat sesuatu yang unik dari produk yang dibuat sehingga produk tersebut memiliki cirri khas tersendiri yang berbeda dengan produk buatan lain. 






2.6. Resiko kelemahan dalam pembuatan kain flannel
    Kalah dalam hal Personal Branding.
Menjual produk Kain Flanel memang gampang gampang susah, promo sana sini tapi tetap tidak ada hasil.  Mungkin anda berfikir yang salah adalah produknya atau anda yang kurang giat atau ada yang salah dengan anda. Padahal sebaliknya, untuk seseorang yang memiliki branding/terkenal, dengan mudahnya bisa menjual apapun produk yang mereka tawarkan.
    kurangnya ide/kreasi
Penyediaan ide-idenya yang terbatas sehingga mengurangi stock-stok yang ada sehingga para pelanggan terkadang mengeluh .
    tingkat kesabaran usaha tinggi
Harus memerlukan imajinasi dan kesabaran tersendiri bagi para pembuat kain flanel, agar dapat menghasilkan permainan yang menarik.. adanya kerusakan dalam pengiriman
    Kesalahan dalam pengiriman barang.
Kesalahan dalam pengiriman barang ke pelanggan akan mengakibatkan kerugian bagi si pemilik. Maka harus diperkirakan upaya untuk menghadapi faktor ini.




2.7.    Biaya Estimasi
BIAYA TETAP
1.    Alat Lem Tembak    2 x @ Rp. 60.000    = Rp. 120.000
2.    Gunting Biasa        3 x @ Rp.   5.000    = Rp.  15.000
3.    Gunting Gerigi    2 x @ Rp.   7.500    = Rp.  15.000
4.    Penggaris Ukr. 30 cm    5 x @ Rp.   2500    = Rp.  12.500
5.    Jarum Jahit        1 box            = Rp.    7.500
TOTAL                                = Rp. 176.000

BIAYA VARIABEL DALAM WAKTU 1 BULAN
1.    Kain Flanel    200 pcs x @ Rp. 1500        = Rp. 300.000
2.    Dacron        2 kg x @ Rp. 10.000        = Rp.  20.000
3.    Aksesoris                           = Rp. 100.000
4.    BenangSulam    50 x @ Rp. 1.500                = Rp.   75.000
5.    Isi Lem Tembak     5 x @ Rp. 2.000    = Rp.   10.000
6.    Tali Coor        30 x @ Rp. 1.000    = Rp.   30.000
7.    Peniti Bross    50 x @ Rp. 500        = Rp.   25.000
TOTAL                                = Rp. 560.000

BIAYA OPERASIONAL
1.    PEMAKAIAN LISTRIK            = Rp. 20.000
2.    TRANSPORT                    = Rp. 10.000
TOTAL                                = Rp. 30.000
ESTIMASI HARGA/Pcs
Type  (S)        = Rp. 3.000 – Rp. 10.000
Type (M)        = Rp. 15.000 –  Rp. 25.000
Type (L)        = > Rp. 30. 000

ESTIMASI PENJUALAN DALAM WAKTU 1 BULAN
 Type  (S)    = 150 pcs @ Rp. 3.000    = Rp. 450.000
Type (M)    = 25 pcs @ Rp. 20.000    = Rp. 500.000
Type (L)    = 10 pcs @ Rp. 45.000    = Rp. 450.000
TOTAL                        = Rp. 1.400.000

BIAYA VARIABEL UNTUK MEMBUAT  1 pcs GANTUNGAN HANDPHONE
1.    Kain Flanel    3 pcs x @ Rp. 1.500    = Rp. 4.500
2.    Tali Coor        1 buah        = Rp. 1.000
3.    Benang Sulam    1 pcs            = Rp. 1.500
4.    Lem                    = Rp.    500
TOTAL                            = Rp. 7.500

KEUNTUNGAN = PENDAPATAN KOTOR – TOTAL ( TETAP + VARIABEL   + OPERASIONAL )
            =  Rp. 1.400.000 – Rp. 766.000    = Rp. 634.000

PERHITUNGAN BEP ( BREAK EVENT POINT )
BEP    =    BIAYA TETAP       
       HARGA/Pcs – B.VARIABEL/Pcs
    =            RP. 176.000   
       Rp. 10.000 – Rp. 7.500
        = 58, 6
Jadi, dalam waktu 1 bulan untuk mencapai BEP penjualan barang dengan harga Rp. 10.000/pcs sebanyak 58 pcs.

BAB III
PENUTUP



A. Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat di simpulkan sebagai berikut :
1.    Kita dapat memulai usaha tidak hanya dengan biaya yang besar dan cara yang rumit, tetapi harus dengan kreativitas agar dapat menghasilkan peluang bisnis yang menguntungkan.
2.    Dalam menjalankan bisnis yang membutuhkan kreativitas, harus lebih ditingkatkan pada keunikan sehingga barang yang dihasilkan memiliki daya tarik tersendiri.

B. Saran

Bagi para pengusaha pemula, dapat dilihat saran sebagai berikut :
1.    Mulailah usaha dengan modal yang memadai. Serta pastikan modal tersebut dikelola dengan baik dan benar.
2.    Pilihlah tempat pemasaran yang sesuai usaha anda dengan tepat. Tempat dengan sasaran pasar.
3.    Pastikan promosi dilakukan secara maksimal untuk memperkenalkan bisnis flannel anda yang telah di jalankan, dapat melalui media cetak maupun face to face atau dengan demo.
4.    Tampilkan kreativitas – kreativitas baru yang unik, menarik agar dapat menarik hati para konsumen





DAFTAR PUSTAKA


Yunita, Eka. 2007. Kreasi Flannel Untuk Souvenir. Jakarta: Puspa Swara.

http://lucky-star-shoponline.blogspot.com/2010_03_01_archive.html

http://flanel-imut.blogspot.com/p/analisa-swot.html


Comments