, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

cara menjahit rok satu lingkaran atau rok payung

cara menjahit rok satu lingkaran atau rok payung

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
cara menjahit rok satu lingkaran atau rok payung
 
cara mwmbuat rok kingkaran oenuh - Di postingan kali ini saya ingin memberikan tutorial bagaimana membuat sebuah rok satu lingkaran penuh, rok ini biasa di sebut dengan rok payung,  Karena bentuknya yang bisa mengembang seperti payung.


Dengan memakai rok ini maka seorang wanita akan terlihat semakin anggun dan feminim jika di bandingkan dengan memakai celana, sementara untuk kebutuhan kain pada pembuatan rok ini lebih banyak di bandingkan dengan membuat rok jenis lain nya seperti rok span, untuk membuat rok payung ukuran dewasa, tidak kurang dari 3 meter bahan kain yang kita butuhkan itu pun harus yang lebar 150 cm. hal ini tentu saja 3 kali lipatnya jika di bandingkan dengan pembuatan rok biasa.

Untuk gambar pola dari rok payung ini adalah seperti berikut




Setelah Anda mengetahui pola dari rok payung ini maka selanjutnya ialah mengaplikasikannya pada kain, untuk lebih jelas bagaimana caranya silahkan di simak sebagai berikut

Pertama kita taruh sehelai kain yang akan di gunting pada lantai atau meja yang bersih, dengan terlebih dahulu melipat dua kain tersebut, disini saya meletakan kain tersebut pada lantai. Setelah itu kita buat pola rok payung seperti pada gambar pola di atas, disini saya langsung menggambar pola tersebut di kain, jika Anda belum bisa silahkan menggunakan kertas terlebih dahulu




Rencana nya disini panjang rok yang akan di buat adalah 37 cm dengan lingkar pinggang 54 cm, karena nantinya akan menggunakan karet elastik maka lebar dari lingkar pinggangnya saya tambahi 10 cm sehingga menjadi 54 cm, selanjutnya kain tersebut saya gunting.




Di bagian lingkar pinggang, karena akan di pasang karet elastik maka saya mempersiapkan selembar kain dengan lebar 9 cm dan panjang sesuai ukuran lingkar pinggang, tidak lupa juga saya persiapkan karet elastik dengan panjang 40 cm dan lebar 2.5 cm, yang pertama saya lakukan adalah membungkus terlebih dahulu karet tersebut dengan kain ban agar memudahkan pada saat di pasang ke kain rok




untuk proses membungkus karet tersebut yaitu pertama saya melipat dua kain ban kemudian menjahit ujungnya




karet elastik saya lipat dua juga dan jahit juga pada bagian ujungnya




setelah itu saya menjahit karet elastik ke kain ban




lalu kain ban tersebut saya lipat sehingga menutupi karet kemudian menjahitnya tepat pada pinggiran karet




selanjutnya merapihkan ujung nya agar sama rata dengan cara mengguntingnya




hasil dari jahitan ban pinggang ini seperti berikut




Setelah  ban pinggang tersebut jadi selanjutnya saya memasangnya ke kain rok saya mulai dengan menempelkan antara sisi rok dengan sisi ban pinggang, dan memberikan jarum pentul agar memudahkan saat di jahit



kemudian mulai menjahit sekeliling pinggirannya




Selanjutnya setelah di jahit saya melakukan pengobrasan di bagian ujung persambungannya agar tidak terurai.




Hasil akhir nya terlihat seperti berikut ini




Untuk bagian bawah rok saya menjahit kelim neci bagian ujungnya karena jika di jahit membutuhkan waktu yang lebih lama. Hasil dari jahit neci pada bagian bawah rok terlihat seperti berikut




Disini saya menggunting rok ini dari satu lembar kain utuh, karena panjang rok nya tidak terlalu panjang, dan cukup dengan lebar kain yang di gunakan, jika Anda memotong rok payung ukuran dewasa, biasanya ukuran panjang kain tidak cukup, oleh karenanya bisa kita akali dengan di sambung. Yaitu kita gunting 2 lembar rok setengah lingkaran lalu di gabungkan.

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara mwmbuat rok kingkaran oenuh

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Kumpulan Kerajinan Tangan dari Kain Perca yang Mudah Dibuat 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://penjahitgoblog.blogspot.co.id/2017/01/cara-menjahit-rok-satu-lingkaran-atau.html

0 komentar:

Post a Comment