Membuat Kerajinan Tangan Strimin

 Membuat Kerajinan Tangan Strimin

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Membuat Kerajinan Tangan Strimin

cara membuat kain strimin - Hallo Sahabat...!!!


Apa kabar semua..?
Lama tak mengisi blog ini, dikarenakan ada sedikit kendala.. Hmmm.. Aku harap semua baik-baik saja yaa..

Oya.. Kali ini aku ingin berbagi sedikit info tentang sebuah karya. Di sini aku akan membahas tentang kerajinan tangan Strimin atau disebut juga dengan Crossstitch atau Kristik atau Kruistik. Hmmm.. Banyak ya, namanya.. Hehe..

Masih ingat nggak, sama kerajinan tangan yang satu ini? Dulu, waktu masih di zaman Sekolah Dasar, kita sering kali diharuskan untuk membuat sebuah karya didalam salah satu mata pelajaran sekolah. Terkadang membuat anyaman, boneka unyil, menyulam dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah, salah satunya adalah kerajinan tangan strimin. Strimin ini dalam pembuatannya merupakan jahit menjahit, tapi menjahit di sini dengan menggunakan tusuk silang (×).

Seperti ini nih, contohnya..

Tusuk Silang

Nah, untuk membuat strimin ini dibutuhkan kain strimin, benang, jarum, gunting dan pastinya pola yang akan kita buat.

Kain strimin ini sudah khusus untuk membuat strimin, karena kain ini sudah berlubang dengan bentuk kotak-kotak kecil. Kain ini ada yang terbuat dari plastik dan ada yang dari bahan. Dulu, waktu aku pertama kali membuat strimin, aku menggunakan yang dari plastik. Tahu, nggak? Kawat nyamuk atau yang kita pakai di ventilasi udara, seperti itulah kira-kira bentuknya. Karena terbuat dari plastik kain strimin ini lebih kaku ketimbang yang terbuat dari bahan.

Setelah itu aku membuat strimin lagi, tapi menggunakan kain yang terbuat dari bahan. Menurut info yang aku dapat, untuk nama bahan dan jumlah atau ukuran kotak kain strimin itu sebenarnya ada banyak. Tapi, karena aku lebih sering menemukan kain strimin yang seperti ini

Kain Strimin. Gambar diambil dari jarak jauh.

Dari jarak dekat.

Dari jarak lebih dekat.

Maka aku lebih sering menggunakan yang ini.

Dan untuk benangnya, aku menggunakan benang wol. Mungkin ada juga yang menggunakan benang selain benang wol, tapi kalau aku pribadi, menggunakan benang wol.

Untuk jarumnya juga sudah khusus untuk strimin, jarum strimin ini memiliki lubang yang besar dan ujungnya tidak tajam seperti jarum yang lain.

Jarum strimin


Cara membuat strimin ini, menurut pengalaman yang aku dapat, aku membuatnya dengan menghitung 3 kotak.


Cara Membuat Strimin

Masukkan benang ke dalam jarum, potong benang sesuai kebutuhan. Tarik ujung benang satu sisi lebih pendek dan satu sisi lebih panjang dan tak perlu diikat karena kalau diikat khawatir nanti ikatan akan lepas atau keluar dari lubang kain strimin saat dibuat.


Lalu tusuk lubang dari belakang kain


Tarik benang lalu biarkan benang tetap ada di belakang, yaa kurang lebih sekitar 1 atau 2 cm, ini dimaksudkan untuk mengikat benang.

Benang dari sisi belakang

Lalu hitung kotak dari awal benang, 3 kotak ke samping dan 3 kotak ke bawah, setelah itu bawa benang ke kotak paling akhir dan tusuk ke bawah. Maka akan membentuk setengah silang.

Tusuk setengah silang

Selanjutnya, bawa benang ke atas kembali, ke kotak ketiga dari belakang, tapi jangan lupa untuk menindih benang yang ada di belakang. Jadi, benang yang kita sedang pakai, berada di atas benang tersebut. Nah, seperti itulah cara mengikat benang strimin ini.

Mengikat benang di sisi belakang

Kemudian bawa benang ke bawah dengan menghitung 3 kotak kembali di sisi sebelahnya. Maka akan terbentuklah tusuk silang. Seperti ini

Tusuk silang

Jadi deh, tusuk silang strimin.


Nah, pastinya kita akan membuat strimin secara utuh, maksudnya sesuai dengan pola, pasti akan ada banyak tusuk silang yang dibutuhkan.

Lakukan langkah-langkah seperti yang sudah aku jelaskan tadi sampai membentuk setengah silang, karena kita membutuhkan banyak tusuk silang maka kita bisa mengulang membuat tusuk setengah silangnya terlebih dahulu sesuai berapa banyak tusuk silang yang dibutuhkan dalam satu baris, ini bertujuan untuk memudahkan kita dalam membuatnya dan untuk menghemat benang juga. Hehe..


Setelah itu, kita buat setengah silang di sisi sebelahnya, maka akan membentuk silang utuh


Jadi, deh...
Buat terus seperti itu, sampai dengan selesai, sesuai dengan pola yang ada.


Mudah, nggak? Mudah siihh..
Tapi memang diakui, membuat kerajinan tangan strimin ini dibutuhkan ketelitian dan kejelian mata.. Hehee.. Karena kita harus teliti menghitung dan jeli melihat kotaknya, secara kotaknya itu kecil-kecil.. Hahaa...

Hmm.. Bagi siapa saja yang ingin mencobanya, silahkan..

Dan ini adalah salah satu hasil karyaku dengan pola sendiri, walaupun masih kurang rapi siihhh alias masih minim efek.. Hehehe... Tapi nggak apa-apa yaa.. Namanya juga kan, mencoba membuat karya..

Dan dengan bersusah payah, berimajinasi dalam membuat pola ditambah dengan teknik dalam membuat strimin.. Fiuuuhhhh... Akhirnya... selesai juga.. Yeeeyyyyy... !!!

Hasil karya striminku

Kerajinan tangan strimin ini tidak hanya untuk hiasan dinding lho.. Bisa untuk hiasan lain. Dan aku mengkreasikannya dengan membuat bros.


Baiklah, Sahabat..
Itulah sedikit info tentang kerajinan tangan strimin. Semoga membantu dan bermanfaat yaa.. Dan selamat mencoba bagi yang ingin mencoba..

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara membuat kain strimin
, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Berat Badan Turun Drastis Hanya dengan Jogging

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://gustiamardaleni.blogspot.co.id/2016/12/membuat-kerajinan-tangan-strimin.html

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.