5 tips belajar menjahit otodidak

 5 tips belajar menjahit otodidak

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 5 tips belajar menjahit otodidak


bisakah belajar menjahit otodidak - Banyak cara agar sukses belajar sesuatu secara otodidak.Termasuk belajar menjahit.Saya sendiri cukup senang dengan hasil belajar menjahit sendiri secara otodidak.Tapi jangan salah, awalnya ketika belajar jahit sendiri saya menggunakan metode windy alias angin-anginan. jadi dalam waktu satu bulan paling belajarnya cuman 3 hari.So, 2 tahun belajar jahit metode "windy" cuman bisa ngejahit lurus plus tempat koin yang wuelek banget pletotan dan gak pake lining.Tempat koin.nya saya museum untuk kenang-kenangan..karena terlalu jelek belum saya pakai sama sekali.Padahal kata orang harus bangga dengan bikinan sendiri,tapi watik ini orangnya gak pedean dan rapuh,serapuh kue kering kurang mentega.


Setelah lewat masa angin-anginan,akhirnya yang ditunggu datang juga.Kehamilan!!Lah kok kehamilan??lah emang ini yang saya tunggu setelah pernikahan kok dan Alhamdulillah.nya diberi anak perempuan,jadi mood saya terpompa banget bikinin baju unyu, kelak nanti buat nih anak kalo sudah lahir.Mood yang bagus,plus punya anak yang unyu kayak hafsa bikin belajar jahit saya back on track madep mantep.Mungkin ini yang dibilang garis takdir.Saking on tracknya saya sama dunia persilatan benang dan jarum, hati ini masih kekeuh tak mau selingkuh meskipun sekarang lagi trend decoupage.


Now,i give you some tips,berdasarkan pengalaman saya belajar menjahit otodidak..Yah biar kalian gak perlu lewat fase angin-anginan dulu dan gak perlu nunggu bunting anak cewek juga. Capcus!

 5 tips sukses belajar menjahit otodidak

1.Niat Karena kita akan belajar sendiri maka niat perlu dibesarkan dan perlu mantap,Niatkan diri untuk belajar menjahit.Setelah mantap silahkan dikomunikasikan niat belajar menjahit ini dengan orang terdekat seperti orang tua,suami,pacar,sahabat,pacar sahabat *lahhh*.Harapannya sih mereka mensupport dan mendukung niat kita ini.Maksud saya adalah memberikan bantuan entah mau dititipin kain,membantu jaga anak,atau memberikan semangka. Semangat Kaka!

 2.Luangkan waktu. Kalo saya biasanyameluangkan waktu, seminggu 2 kali 1,5 jam untuk acara menjahit.Entah ngejahit bikin pola ,ngegunting atau sekedar bersih-bersih mesin jahit.Pemilihan hari sih flexible tapi lebih baik lagi kalo disiplin Biar mirip kayak les jahit beneran gituloh.Seumpama senin malam dan jumat pagi...asal gak kamis malam ajah nanti ada yang memble *senggolin omega*.

3.Kurikulum .Kalo saya sih lebih suka bikin kurikulum sendiri terlebih dahulu.Contohnya : minggu ini mau belajar jahit resleting jepang maka siapkan project yang butuh pemakaian resleting jepang,Beli resleting,setting mesin jahit dan juga browsing cara menjahit resleting jepang.Kalo sudah silahkan dinbundling dan kerjakan.Anggap saja semacam les jahit. Yang saya tulis tadi adalah wacana.nya. Faktanya adalah saya molor!!jadi saya kalo belajar selalu molor speed jahit saya macam siput,kadang bikin yang simple banget butuh waktu 1minggu.Nah piye??kadang sudah waktu saya harus masuk kamar dan belajar jahit,omega juga sudah siap untuk momong hafsa,tapi hafsanya yang gak mood untuk main sama bapaknya.Kalo begitu??yah saya milih ngalah dan lebih mementingkan anak,dan mengganti di kemudian hari.

4.Fun! Untuk saat ini saya belum siap nerima pesanan jahitan.Karena masih dalam proses terus belajar dan saya adalah penjahit suka-suka,bukan penjahit pesanan.Saking fun banget,di Kamar jahit saya sudah siap radio yang muter lagu-lagu kekinian untuk menemani saya menjahit.Jadi ketika menjahit saya kadang sambil nyanyi-nyanyi senang.Semacam hiburan lah jadi biar belajar jahit.nya juga menyenangkan dan bikin ketagihan.

5.Fokus Di dunia persilatan craft banyak banget jurusannya.Ada yang crochet,knitting,clay,jahit dsb.Permasalahan yang biasanya terjadi adalah sudah belajar jahit liat kawan belajar cabang lain langsung latah ikutan cari tutorial di pinterest dan berkata dalam hati "hei its easy".Faktanya adalah tidak semua tutorial di pinterest semudah fotonya.Mereka yg membuat tutorial kebanyakan sudah pro dan berpengalaman.Plus  kalo kita pindah cabang berarti kita perlu belanja (watik tebelin nih kata belanjanya) lagi,belajar lagi dari awal dan menghabiskan waktu.So saya sarankan fokus yah ;).


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  bisakah belajar menjahit otodidak

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Macam Macam Belahan Pada Jahitan 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://www.emakwatik.com/2015/06/5-tips-belajar-menjahit-otodidak.html

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.