Cara Membuat Taplak Meja Dari Benang Wol Bagi Pemula


Cara Membuat Taplak Meja Dari Benang Wol Bagi Pemula

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Cara Membuat Taplak Meja Dari Benang Wol Bagi Pemula
    

cara membuat taplak meja dari benang wol - Wol adalah serat yang diperoleh dari rambut hewan dari keluarga Caprinae, terutama domba dan kambing, tetapi bisa juga berasal dari rambut mamalia lainnya seperti alpaca bisa juga disebut wol. Contoh serat dari hewan adalah wol. Serat wol dihasilkan dari bulu domba atau biri-biri. Bulu domba dicukur. Bulu domba dipintal dan dipili menjadi benang. Selanjutnya, benang ditenun menjadi kain. Dari kain wol dihasilkan berbagai benda seperti pakaian, karpet dan selimut.

Wol berbeda dengan serat lain karena struktur kimianya. Struktur kimia ini mempengaruhi tekstur, elastisitas, dan formasi kerutannya. Wol merupakan serat protein, yang terdiri dari lebih dari 20 asam amino. Asam amino ini membentuk polimer protein. Wol juga mengandung sejumlah kecil lemak, kalsium dan sodium.

Wol atau wool memiliki sifat elastis, mampu meregang sekitar 50% ketika basah dan 30% saat kering. Dapat di bentuk sekitar 20,000 kali tanpa patah atau rusak. Bahan ini juga tidak mendukung penyebaran api saat terbakar (ini dikarenakan oleh kandungan air dan nitrogennya yang tinggi). Ketika banyak serat buatan melumer dan menempel pada kulit ketika terbakar, wol biasanya akan hanya menyala dan hangus bukannya meledak terbakar menjadi api.

Oleh sebab itu wol sering digunakan untuk membuat kain untuk keperluan tentara, pemadam kebakaran, dan pada pekerjaan dimana mereka terekspos pada resiko yang berhubungan dengan api. Banyak maskapai penerbangan juga menggunakan wol atau campuran wol untuk kain upholstry di kursi mereka.

Cara Membuat Taplak Meja Dari Benang Wol Bagi Pemula
Taplak Meja Dari Benang Wol

Taplak meja merupakan salah satu aksesoris yang biasanya terdapat di ruang tamu.Ya..karena taplak memang di gunakan untuk menutup dan memperindah tampilan meja yang terdapat di ruang-ruang pada rumah anda. Banyak jenis dan macam dari taplak meja ini. Ada yang terbuat dari benang, kain, anyaman, bahkan rajutan dari benang wol pun dapat dijadikan taplak meja yang indah.

Seni kriya merupakan semua jenis karya seni yang dibuat langsung oleh tangan tanpa bantuan mesin dan lain sebagainya. Seni kriya bukan hanya memperhatikan aspek fungsinya saja, tetapi juga digunakan sebagai sebuah media pemenuhan kebutuhan akan keindahan (artistik). Jadi sangat tepat kalau seni kriya dikategorikan sebagai seni terapan. Kali ini kita akan membuat seni kriya taplak meja dari benang wol.
Langkah Mudah Membuat Taplak Meja Dari Benang Wol

Hal pertama yang perlu di lakukan adalah membuat cetakan taplak meja yang akan kita buat.Hal ini bertujuan agar kita dapat menentukan taplak meja model seperti apa yang nanti akan kita buat. Cara yang dapat kita lakukan dalam mempersiapkan cetakan adalah sebagai berikut.

a.    Bahan yang diperlukan, yaitu kayu reng, paku kecil, dan paku ukuran sedang (paku reng).
b.    Alat yang diperlukan, yaitu gergaji, palu, penggaris, pensil, dan kertas
c.    Tahapan-tahapan membuat cetakannya adalah sebagai berikut.
1)    Buat kayu cetakan sesuai ukuran taplak meja kemudian poton
g kayu sesuai pola, panjang      kurang    lebih 100 cm dan lebar kurang lebih 50 cm.
2)    Potong setiap ujung kayu membentuk siku. Setiap ukuran 5 cm kemudian tancapkan paku ukuran kecil.
3)    Pakukan kedua ujung kayu menggunakan paku ukuran sedang sampai membentuk bingkai.

Setelah semua bahan cetakan yang kita perlukan siap, maka tahap penting selanjutnya adalah membuat taplak mejanya. Caranya   sebagai berikut :
a.    Bahan yang diperlukan, yaitu : benang wol warna tua dan muda yang senada.
b.    Alat yang diperlukan, yaitu gunting, peniti, dan cetakan.
c.    Tahapan-tahapan membuat taplak meja adalah sebagai berikut :
1)    Buat perencanaan penataan warna yang akan dipakai dalam cetakan.
Hitung dulu paku-paku yang ada. Jika sudah, gambar dengan pola pada kertas.
2)    Ambil benang sesuai pola, talikan pada kawat yang paling pinggir, kemudian ikat dengan simpul mati.
3)    Selanjutnya, kita talikan secara berputar pada paku. Kita talikan dengan jumlah tali 8, lalu putarlah 4 kali. Jika ganti benang, benang terakhir dibuat simpul mati agar kuat.
4)    Langkah selanjutnya, talikan benang secara diagonal.
5)    Jika semua sudah terikat, potong benang yang dekat dengan paku secara merata.
6)    Taplak meja dari benang wol sudah jadi dan siap dipakai.

Nah, tidak begitu sulit bukan,membuat taplak meja ini? Meski ma
sih permulaan anda bisa mencoba belajar membuat taplak meja dari benang wol ini di rumah anda.


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara membuat taplak meja dari benang wol

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Membuat Gamis Model Klok 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://www.depoconsulting.com/2016-05-31/cara-membuat-taplak-meja-dari-benang-wol-bagi-pemula.html

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.