, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR


gambar macam macam tusuk - Satuan Pendidikan    :  SMALB - D
Kelas X, Semester 1

Standar Kompetensi    Kompetensi Dasar
1.    Memberikan pelayanan secara prima kepada pelanggan    1.1    Berkomunikasi dengan pelanggan
1.2    Memberi bantuan untuk pelanggan
1.3    Melakukan pekerjaan secara tim
2.    Menggambar busana (fashion drawing)        Menyiapkan tempat dan peralatan gambar
    Memindahkan gambar busan pada proporsi tubuh
    Menyelesaikan gambar busana
3.    Megukur tubuh pelanggan sesuai desain        Menyiapkan alat ukur sesuai kebutuhan
    Mengidentifikasi bagian-bagian tubuh yang akan diukur
    Mengukur tubuh dengn tepat sesuai SOP
4.    Menggambar pola konstruksi        Menggambar pola dasar
    Mengubah pola dasar sesuai desain
    Memeriksa pola
    Menggunting pola
    Melakukan uji coba pola
    Meyimpan pola





2.    Menyetrika busana    Teknik menyetrika busana    -    Menyetrika busana sesuai jenis dan desain
-    Mengemas hasil setrika dengan memperha tikan keindahan
    -    Busana disetrika sesuai prosedur dengan mem perhatikan    K 3
-    Busana dikemas sesuai keindahan        20 jp   
tusuk dasar menjahit beserta gambarnya

MODEL SILABUS

Nama Sekolah    : 
Mata Pelajaran    :  Keterampilan Tata Busana
Jenis Keterampilan    :  Kerumahtanggaan
Kelas/Semester    :  XI / 1
Standar Kompetensi    :  Pengepasan busana fitting

Kompetensi Dasar    Materi Pokok    Kegiatan Pembelajaran    Indikator    Jenis Penilaian    Alokasi Waktu    Sumber Bahan / Alat
1    2    3    4    5    6    7
3.    Menyiap kan tempat dan alat pengepasan
    -    Menyiapkan tempat dan alat untuk mengepas pakaian    -    Menyiapkan tempat dengan mem perhatikan SOP
-    Menyiapkan alat untuk mengepas    Tempat dan alat disiapkan sesuai SOP    Praktik dan unjuk produk    6 jp   
4.    Melaksanakan pengepasan
    Mengepas pakaian    -    Mengepas pakaian sesuai pengambilan ukuran badan sebelumnya
-    Memberi tanda pada bagian-bagian yang tidak pas ukuran badan    -    Pakaian dipas sesuai ukuran
-    Bagian-bagian badan yang tidak pas diberi tanda        52 jp   
5.    Mengamati bentuk dan model pakaian    Desain busana    -    Mengamati bentuk pakaian sesuai desain
-    Memilih bahan pelengkap sesuai pesanan
-    Memperhati kan keseluruhan  busana secara detail
-    Mencatat permasalahan yang muncul lalu melaporkan    -    Bentuk pakaian diamati sesuai desain
-    Bahan pelengkap dipilih sesuai  pesanan
- macam-macam tusuk sulam dan caranya
-    Busana secara keseluruhan diamati secara detail
-    Permasalahan yang muncul dicatat dan dilaporkan    Praktik    6 jp    - Busana yang dijahit
- Alat ngepas
- Alat ukur pakaian










MODEL SILABUS

Nama Sekolah    : 
Mata Pelajaran    :  Keterampilan Tata Busana
Jenis Keterampilan    :  Kerumahtanggaan
Kelas/Semester    :  XI / 2
Standar Kompetensi    :  Pengepresan busana

Kompetensi Dasar    Materi Pokok    Kegiatan Pembelajaran    Indikator    Jenis Penilaian    Alokasi Waktu    Sumber Bahan / Alat
1    2    3    4    5    6    7
1.    Menyiap kan tempat alat penge presan
    -    Tata letak dan alat pengepresan    -    Menyiapkan tempat kerja sesuai aturan
-    Menyiapkan alat pres utama dan alat pendukung yang digunakan    -    Tempat kerja disiapkan sesuai aturan
-    Alat pres utama dan alat pres pendukung digunakan sesuai prosedur    Tes tertulis dan praktik    6 jp    - Alat pres
- Panduan
  pengepresan

2.    Mengerja kan penge presan    Teknik pengepresan    -    Memeriksa po tongan bahan baku dan ba han pendu kung yang akan dipres
-    Mengatur temperatur sesuai produksi persyaratan spesifikasi kain dan prosedur kerja
-    Melakukan uji coba pengepresan untuk mencegah kerusakan
-    Mengepres sesuai SOP dan prosedur kerja     -    Potongan-potongan bahan baku dan bahan pendukung diperiksa
-    Temperatur diatur sesuai spesifikasi kain
-    Potongan-potongan bahan baku dan bahan pendukung dipres sesuai SOP dan prosedurnya        150 jp   
3.    Menyerah kan hasil pengepre san    Membuat laporan pengepresan    -    Mencatat kerusakan dari hasil pengepresan
-    Melaporkan hasil pengepresan    Hasil pengepresan dicatat dan dilaporkan sesuai prosedur kerja    Praktik unjuk produk    6 jp   


MODEL SILABUS

Nama Sekolah    : 
Mata Pelajaran    :  Keterampilan Tata Busana
Jenis Keterampilan    :  Kerumahtanggaan
Kelas/Semester    :  XI / 2
Standar Kompetensi    :  Menyelesaikan busana dengan tangan

Kompetensi Dasar    Materi Pokok    Kegiatan Pembelajaran    Indikator    Jenis Penilaian    Alokasi Waktu    Sumber Bahan / Alat
1    2    3    4    5    6    7
4.    Menyiap kan tempat dan alat kerja
    -    Tata letak tempat kerja sesuai K 3
-    Macam-macam alat jahit tangan    -    Menyiapkan tempat kerja sesuai K 3
-    Menyiapkan alat jahit tangan sesuai kebutuhan    -    Tempat disiapkan sesuai K 3
-    Alat jahit tangan disiapkan sesuai kebutuhan    Praktik    6 jp    - Peralatan menjahit
  tangan
- Hasil jahitan yang
   belum selesai
5.    Menyiap kan bahan pelengkap dan bahan finishing    Macam-macam pelengkap busana
-    Kancing hias
-    Pedding (bantal bahu)
-    Payet
-    dll    Menyiapkan bahan pelengkap busana sesuai kebutuhan    Bahan pelengkap disiapkan sesuai kebutuhan        6 jp   
6.    Menyelesaikan busana    -    Teknik penyelesaian busana
-    Macam-macam tusuk kelim    -    Membuat lubang kancing
-    Memasang kancing
-    Memasang bantal bahu
-    Memasang payet
-    Mengelim bagian bawah    Busana diselesaikan dengan teknik jahit yang sesuai        76 jp   

MODEL SILABUS

Nama Sekolah    : 
Mata Pelajaran    :  Keterampilan Tata Busana
Jenis Keterampilan    :  Kerumahtanggaan
Kelas/Semester    :  XI / 2
Standar Kompetensi    :  Membuat hiasan pada busana
- macam macam tusuk jahit dan keterangannya
Kompetensi Dasar    Materi Pokok    Kegiatan Pembelajaran    Indikator    Jenis Penilaian    Alokasi Waktu    Sumber Bahan / Alat
1    2    3    4    5    6    7
7.    Menetukan jenis dan letak hiasan
    Desain hiasan busana    -    Membuat atau mengutip desain hiasan
-    Menentukan letak hiasan pada busana    -    Desain busana dibuat sesuai kebutuhan
-    Hiasan diletakkan sesuai kebutuhan
    Praktik dan unjuk produk    6 jp    - Alat jahit tangan
- Alat jahit mesin
- Buku Panduan 
   menghias kain
8.    Memindahkan hiasan pada busana    Teknik memindahkan desain hiasan    Memindahkan hiasan pada busana dengan cara mengutip    Desain hiasan dipindahkan dengan cara mengutip        6 jp   
9.    Mneyelesaikan hiasan busana    Teknik menye lesaikan meng hias busana    -    Menyelesai kan hiasan dengan tangan
-    Menyelesai kan hiasan busana dengan mesin semi otomatis/otomatis    -    Hiasan busana diselesaikan dengan tangan
-    Hiasan busana diselesaikan dengan mesin        86 jp   
10.    Mengemas busana    Teknik mengemas busana    -    Menyiapkan alat dan bahan untuk mengemas busana
-    Mengemas busana sesuai jenis dan busana yang dihias    Busana yang sudah dihias,  dikemas dengan menonjolkan hiasannya        60 jp   






Kelas X, Semester 2

Standar Kompetensi    Kompetensi Dasar
5.    Memilih/membeli bahan baku dan bahan pelengkap busana sesuai desain (material)        Mengetahui macam/jenis bahan baku dan bahan pelengkap busana
    Mengetahui corak bahan tekstil
    Memilih bahan pelengkap busana sesuai desain
    Memilih jenis dan corak bahan busana sesuai desain
    Menyusun rencana belanja
6.    Memotong bahan        Memeriksa keadaan bahan
    Meletakkan pola diatas bahan
    Memindahkan tanda pola pada bahan baku dan pelengkap
    Mengemas hasil potongan
7.    Menjahit dengan mesin        Menyiapkan mesin jahit
    Mengoperasikan mesin jahit
    Menjahit bagian-bagian busana












Kelas XI, Semester 1

Standar Kompetensi    Kompetensi Dasar
1.    Penyelesaian akhir busana        Membersihkan sisa-sisa benang
    Menyetrika busana
2.    Pengepresan busana        Menyiapkan tempat dan alat pengepresan
    Mengerjakan pengepresan
    Menyerahkan hasil pengepresan dengan menerapkan praktik keselamatan, kesehatan dan kemanan kerja
3.    Pengepasan (fitting)        Menyiapkan tempat dan alat pengepasan pakaian
    Melaksanakan pengepasan pakaian
    Mengamati bentuk dan model pakaian


Kelas XI, Semester 2

Standar Kompetensi    Kompetensi Dasar
4.    Penyelesaian busana dengan tangan        Menyiapkan alat dan tempat kerja
    Menyiapkan bahan pelengkap dan bahan finishing
    Menyelesaikan busana sesuai SOP
5.    Membuat hiasan pada busana        Menentukan jenis dan letak hiasan busana
    Memindahkan desain pada busana
    Menyelesaikan hiasan busana
    Mengemas



Kelas XII, Semester


Standar Kompetensi    Kompetensi Dasar
1.    Mengawasi mutu pekerjaan busana
        Melaksanakan pengecekam bahan baku/bahan utama
    Memeriksa kualitas bahan pelengkap
    Memeriksa mutu pola
    Mengawasi dan memeriksa kain yang dipotong
    Mengecek hasil penyelesaian
2.    Pemeliharan alat jahit        Menyiapkan alat dan tempat kerja
    Memelihara, memperbaiki dan menyimpan alat jahit dan alat bantu lainnya
3.    Menggunakan alat jahit mesin
-    Mesin jahit
-    Mesin bordir        Menyiapkan tempat dan alat
    Menjahit busana







MODEL SILABUS

Jenjang Pendidikan    : SMALB (B)
Mata Pelajaran        : Keterampilan Produktif
Paket Keterampilan    : Kerumahtanggaan
Jenis Keterampilan    : Tata Busana
Kelas/Semester        : X/I
Standar Kompetensi    : Memberikan pelayanan secara prima kepada pelanggan


Kompetensi dasar    Materi pokok    Kegiatan Pembelajaran    Indikator    Jenis penilaian    Alokasi waktu    Sumber bahan/alat
1    2    3    4    5    6    7
1.    Melakukan komunikasi dengan pelanggan



     Komunikasi lisan dan non lisan dengan mempertimbang-kan perbedaan budaya.

      •    Sopan dan ramah ketika menangani permintaan pelanggan
•    Jujur dalam memberi informasi kepada pelanggan
•    Tenang dalam menyikapi pelanggan yang komplin
    Berkomunikasi secara efektif dengan beragam latar budaya    •    Tertulis
•    Praktik     6 jp    Buku tentang kepribadian 

2.    Memberi bantuan untuk pelanggan

    •    Jenis-jenis pelayanan
•    Mengatasi keluhan pelanggan    •    Tanggap terhadap kebutuhan pelanggan
•    Teknik menangani keluhan pelanggan
    Melayani kebutuhan pelanggan     Praktik     4 jp   

3.    Melakukan pekerjaan secara team    Prinsip-prinsip bekerja dalam team    •    Saling mempercayai antar anggota team
•    Tolong menolong antar anggota team
•    Bertanggung jawab atas pekerjaan yang dipercayakan.
    Bekerja dalam team        40 jp   


MODEL SILABUS

Jenjang Pendidikan    : SMALB (B)
Mata Pelajaran        : Keterampilan Produktif
Paket Keterampilan    : Kerumahtanggaan
Jenis Keterampilan    : Tata Busana
Kelas/Semester        : X/1
Standar Kompetensi    : Menggambar busana (fashion drawing)


Kompetensi dasar    Materi pokok    Kegiatan Pembelajaran    Indikator    Jenis penilaian    Alokasi waktu    Sumber bahan/alat
1    2    3    4    5    6    7
1.    Menyiapkan tempat peralatan menggambar



     •    Macam-macam proporsi tubuh
•    Teknik penyelesaian gambar
•    Pengetahuan alat dan bahan untuk menggambar
    •    Mengetahui tentang alat gambar
•    Memilih alat gambar dengan tepat sesuai kebutuhan

    Dapat menyiapkan alat dan bahan untuk menggambar    Praktik    2 jp    Alat gambar buku mode

2.    Memindahkan gambar busana kepada proporsi tubuh    Menggambar busana    •    Mengetahui cara menggambar busana pada proporsi tubuh
•    Menggambar/mengutip gambar busana dengan cermat/teliti.    Pemindahan gambar busana pada proporsi tubuh        4 jp   
3.    Menyelesaikan gambar busana    Teknik menyelesaikan gambar busana    •    Mengetahui dasar-dasar teknik penyelesaian gambar busana
•    Menyelesaikan gambar busana dengan pensil warna, pinset, spidol, drawing pen
    Penyelesaian gambar busana        40 jp   


MODEL SILABUS

Jenjang Pendidikan    : SMALB (B)
Mata Pelajaran        : Keterampilan Produktif
Paket Keterampilan    : Kerumahtanggaan
Jenis Keterampilan    : Tata Busana
Kelas/Semester        : X/1
Standar Kompetensi    : Mengukur tubuh pelanggan sesuai desain


Kompetensi dasar    Materi pokok    Kegiatan Pembelajaran    Indikator    Jenis penilaian    Alokasi waktu    Sumber bahan/alat
1    2    3    4    5    6    7
1.    Menyiapkan alat ukur sesuai kebutuhan

    •    Macam-macam alat ukur
•    Teknik mengukur tubuh
    Menyiapkan peralatan untuk mengukur    Alat-alat ukur disiapkan sesuai kebutuhan     Observasi    2 jp    - Peralatan
- Manazin/ boneka/pass pop
- Veterband
- Meteran
2.    Mengidentifikasi bagian-bagian tubuh yang akan diukur.    Menentukan titik dan garis tubuh sesuai dengan SOP    •    Menganalisasi posisi titik dan garis tubuh.
•    Menjelaskan anatomi tubuh    •    Posisi titik dan garis tubuh yang akan diukur ditentukan berdasarkan anatomi tubuh


•    Posisi titik dan garis tubuh akan diukur berdasarkan kebiasaan berpakaian    Praktik    6 jp   
3.    Mengukur tubuh dengan tepat sesuai SOP    Teknik mengukur tubuh    •    Pengambilan ukuran dilakukan secara sistematis sesuai SOP
•    Hasil pengukuran diperiksa, disesuaikan dengan data kewajaran untuk tubuh            12 jp   


MODEL SILABUS

Jenjang Pendidikan    : SMALB (B)
Mata Pelajaran        : Keterampilan Produktif
Paket Keterampilan    : Kerumahtanggaan
Jenis Keterampilan    : Tata Busana
Kelas/Semester        : X/1
Standar Kompetensi    : Membuat pola busana dengan teknik konstruksi


Kompetensi dasar    Materi pokok    Kegiatan Pembelajaran    Indikator    Jenis penilaian    Alokasi waktu    Sumber bahan/alat
1    2    3    4    5    6    7
1.    Menggambar pola dasar    Teknik meng-gambar pola dasar    •    Menjelaskan jenis alat gambar pola.
•    Menjelalskan macam pola
•    Menggambar pola dasar secara konstruksi    Pola dasar dibuat dengan benar sesuai SOP    Praktik    60 jp   
2.    Mengubah pola dasar sesuai desain    Mengubah pola dasar    •    Menjelaskan teknik pecah model berbagai model busana.
•    Menjelaskan perkembangan model busana
•    Teliti dan cermat dalam merubah pola sesuai desain.    Pola dasar dirubah sesuai desain        40 jp   
3.    Memeriksa pola    Memeriksa pola    •    Menjelaskan ukuran bagian pola
•    Menjelaskan garis dan bentuk pola
•    Menjelaskan tanda pola
•    Teliti dan cermat dalam memeriksa pola
    Pola diperiksa dengan cermat dan teliti    Praktik    6 jp   
4.    Menggunting pola    Menggunting pola    •    Menjelaskan alat gunting pola
•    Menjelaskan tanda-tanda pola
•    Teliti dalam memilih alat gunting pola
•    Teliti dalam menentukan garis potong.
    Pola digunting sesuai desain dengan tepat        6 jp   
5.    Melakukan uji coba pola    Uji coba pola    •    Menjelaskan langkah-langkah uji coba pola
•    Menjelalskan cara memperbaiki pola.
•    Teliti dan cermat membuat uji coba pola
•    Melakukan uji coba pola    Uji coba pola dapat dilakukan        20 jp   
6.    Menyimpan pola    Teknis menyimpan pola    •    Menjelaskan jumlah komponen pola sesuai desain.
•    Menjelaskan teknik pengemasan dan penyimpanan pola
•    Teliti menghitung berapa banyaknya pola sesuai desain.
•    Teliti dan cermat dalam pengelompokan pola sesuai identitas pola.    Uji coba pola dapat dilakukan        20 jp   


MODEL SILABUS

Jenjang Pendidikan    : SMALB (B)
Mata Pelajaran        : Keterampilan Produktif
Paket Keterampilan    : Kerumahtanggaan
Jenis Keterampilan    : Tata Busana
Kelas/Semester        : X/2
Standar Kompetensi    : Memilih/membeli bahan baku dan bahan pelengkap busana sesuai desain (material)


Kompetensi dasar    Materi pokok    Kegiatan Pembelajaran    Indikator    Jenis penilaian    Alokasi waktu    Sumber bahan/alat
1    2    3    4    5    6    7
1.    Mengetahui macam/jenis bahan baku dan bahan pelengkap busana    •    Memilih bahan utama sesuai desain
•    Menetukan bahan pelengkap sesuai desain    •    Menjelaskan cara mengidentifikaksi jenis bahan utama
•    Menjelaskan cara mengidenntifikasikan bahan pelengkap
•    Menentukan bahan sesuai disain dan corak bahan    •    Bahan baku dan bahan pelengkap busana diidentifikasi sesuai desain
•    Dapat membedakan  bahan utama dan bahan pelengkap    •    Tertulis
•    Praktik/unjuk kerja
•    Hasil/produk    6 jp    Buku pengetahuan tekstil
2.    Mengetahui corak bahan tekstil    Macam corak bahan    Meletakan pola sesuai arah corak bahan    Pola diletakan sesuai arah corak bahan        8 jp   
3.    Menyusun rencana belanja    •    Membuat perencanaan belanja
•    Teknik merancang bahan utama dan bahan pelengkap
•    Teknik merancang harga bahan utama, bahan pelengkap dan bahan pembantu.    •    Menghitung jumlah kebutuhan
•    Membuat kalkulasi harga
•    Menentukan biaya produksi
•    Menentukan harga jual    Rencana belanja disesuaikan dengan kebutuhan         10 jp   


MODEL SILABUS

Jenjang Pendidikan    : SMALB (B)
Mata Pelajaran        : Keterampilan Produktif
Paket Keterampilan    : Kerumahtanggaan
Jenis Keterampilan    : Tata Busana
Kelas/Semester        : X/2
Standar Kompetensi    : Memotong bahan


Kompetensi dasar    Materi pokok    Kegiatan Pembelajaran    Indikator    Jenis penilaian    Alokasi waktu    Sumber bahan/alat
1    2    3    4    5    6    7
1.    Memeriksa keadaan bahan    Menyiapkan bahan busana    •    Teknik memeriksa kualitas bahan
- Menentukan
- Lebar bahan
- Jenis bahan
- Corak bahan
    •    Kualitas dan kuantitas bahan diperiksa, disesuaikan dengan jumlah kebutuhan.
•    Bahan disusutkan/diseterika sesuai dengan karakteristik bahan     •    Praktik
•    Hasil/produk    8 jp    - Bahan tekstil
- Bahan
   pelengkap
- Peralatan
   Potong
2.    Meletakan pola di atas bahan    Teknik meletakan pola di atas    Meletakan pola di atas bahan sesuai SOP    •    Jumlah dan bagian-bagian pola bahan baku utaama diperiksa sesuai identitas model dan disain.
•    Bagian luar dan dalam bahan diberi tanda sesuai desain.
•    Bahan baku dibentangkan, serat kain diluruskan sesuai SOP        6 jp   
3.    Memindahkan-tanda-tanda pola    Teknik memindahkan pola-pola bahan    Tanda pola dipindahkan pada lahan berdasarkan kebutuhan dan sesuai desain.    Alat pemberi tanda yang digunakan sesuai dengan tekstur dan warna bahan.        6 jp   
4.    Mengemas hasil potongan    Teknik mengemas hasil potongan    •    Memberi tanda jahitan
•    Bundelling    •    Pola dilepaskan dari bahan sesuai urutan nomor pola
•    Potongan bahan dikemas atau diikat dilengkapi dengan identitas
        10 jp   


MODEL SILABUS

Jenjang Pendidikan    : SMALB (B)
Mata Pelajaran        : Keterampilan Produktif
Paket Keterampilan    : Kerumahtanggaan
Jenis Keterampilan    : Tata Busana
Kelas/Semester        : X/2
Standar Kompetensi    : Menjahit dengan mesin


Kompetensi dasar    Materi pokok    Kegiatan Pembelajaran    Indikator    Jenis penilaian    Alokasi waktu    Sumber bahan/alat
1    2    3    4    5    6    7
1.    Menyiapkan mesin jahit    Tata letak tempat kerja dan alat mesin jahit sesuai kebutuhan    •    Menyiapkan tempat kerja dengan memperhatikan KS
•    Menyiapkan alat jahit yang layak pakai    Tempat dan alat disiapkan sesuai kebutuhan     Praktik
     6 jp    - Mesin jahit
- Alat bantu
   jahit

2.    Mengoperasikan mesin jahit    Teknik mengoperasikan mesinjahit sesuai SOP    Mendeteksi kelayakan mesin jahit
•    Mengatur setikan
•    Memasang jarum
•    Memasang benang
•    Memasang pada kumparan.
•    Menyelesaikan busana sesuai tehnologi busana
•    Menerapkan prosedur K3    •    Mesin jahit yang layak pakai disiapkan sesuai kebutuhan
•    Setikan mesin jahit dicoba pada kain tepat pada garis lurus. Lengkung dll
•    Busana diselesaikan dengan teknik menjahit
•    Sikap kerja disesuaikan dengan prosedur K3.        100 jp   
3.    Menjahit bagian-bagian busana    Teknologi menjahit busana    •    Menjahit bagian-bagian busana sesuai prosedur
•    Menyelesaikan busana dengan teknik menjahit yang tepat    Bagian-bagian busana dijahit sesuai prosedur    Unjuk kerja
Hasil produk    92 jp    Hasil potongan bagian busana









MODEL SILABUS

Nama Sekolah    : 
Mata Pelajaran    :  Keterampilan Tata Busana
Jenis Keterampilan    :  Kerumahtanggaan
Kelas/Semester    :  XI / 1
Standar Kompetensi    :  Penyelesaian akhir busana

Kompetensi Dasar    Materi Pokok    Kegiatan Pembelajaran    Indikator    Jenis Penilaian    Alokasi Waktu    Sumber Bahan / Alat
1    2    3    4    5    6    7
1.    Membersihkan sisa benang
    Macam-macam alat finishing :
-    setrika
-    papan setrika
-    sprayer
-    guntung benang
-    dll    -    Menyiapkan peralatan finishing
-    Membersih kan sisa-sisa benang    -    Sisa-sisa benang digantung agar rapi
-    Peralatan finishing disiapkan sesuai kebutuhan
    Praktik unjuk produk    6 jp    - Peralatan finishing
- Busana
- Papan setrika





MODEL SILABUS

Nama Sekolah    : 
Mata Pelajaran    :  Keterampilan Tata Busana
Jenis Keterampilan    :  Kerumahtanggaan
Kelas/Semester    :  XII / 1
Standar Kompetensi    :  Mengawasi mutu pekerjaan busana
- tusuk tikam jejak
Kompetensi Dasar    Materi Pokok    Kegiatan Pembelajaran    Indikator    Jenis Penilaian    Alokasi Waktu    Sumber Bahan / Alat
1    2    3    4    5    6    7
1.    Melaksanakan pengecekan bahan baku utama
    Pengaturan tekstil    -    Memeriksa kualitas bahan sesuai standar
-    Memeriksa jenis, sifat bahan baku dan bahan pelengkap    Kualitas bahan diperiksa sesuai standar        20 jp   
2.    Memeriksa bahan pelengkap
    -    Pengetahuan desain busana
-    Pengeta huan penga wasan dan pengenda lian mutu    Memeriksa bahan pelengkap sesuai dengan desain busana dan permintaan pemesan    Bahan pelengkap diperiksa sesuai desain dari pemesan        50 jp   
3.    Memeriksa mutu pola
    Teknik pemeriksaan pola    -    Memeriksa kelengkapan pola sesuai desain
-    Menganalisa pola sesuai desain
-    Memeriksa bentuk dan garis pola
- tusuk feston
-    Memeriksa ukuran sesuai kriteria pesanan
-    Memeriksa tanda-tanda pola
-    Memeriksa tanda arah benang
-    Melaporkan hasil pemeriksaan    Pola diperiksa sesuai ukuran, kelengkapan, tanda-tanda pola dan tanda arah benang sesuai pesanan        70 jp   
4.    Mengawasi dan memeriksa kain yang dipotong
    Teknik pengecekan hasil potongan sesuai marker    -    Memeriksa jumlah potongan dengan akurat sesuai marker
- tusuk pipih
-    Mencatat hasil pemeriksaan dan melaporkan sesuai prosedur kerja    -    Potongan diperiksa sesuai jumlah yang dibutuhkan

-    Hasil pemeriksaan dilaporkan    Unjuk kerja    40 jp   
5.    Mengecek hasil penye lesaian jahitan
    -    Teknik menentukan ukuran
-    Teknik menentukan mutu jahitan    -    Memeriksa ukuran sesuai pesanan
-    Memeriksa hasil jahitan sesuai standar
-    Memeriksa kelengkapan pelengkap busana sesuai desain

-    Memeriksa hasil pressing
-    Melaporkan hasil pemeriksaan sesuai prosedur    Hasil jahitan busana diperiksa sesuai pemesan dan desain        64 jp   

- tusuk rantai

MODEL SILABUS

Nama Sekolah    : 
Mata Pelajaran    :  Keterampilan Tata Busana
Jenis Keterampilan    :  Kerumahtanggaan
Kelas/Semester    :  XII / 2
Standar Kompetensi    :  Pemeliharaan alat jahit

Kompetensi Dasar    Materi Pokok    Kegiatan Pembelajaran    Indikator    Jenis Penilaian    Alokasi Waktu    Sumber Bahan / Alat
1    2    3    4    5    6    7
1.    Menyiap kan alat dan tempat kerja
- tusuk jelujur
    -    Tata letak sesuai  K 3
-    Bahan dan alat perawatan alat jahit    -    Menyiapkan tempat kerja sesuai K 3
-    Menata peralatan yang digunakan dengan rapi
-    Menyiapkan bahan untuk perawatan alat jahit    Tempat, alat danbahan disiapkan sesuai K 3        6 jp   
2.    Memelihara, memper baiki dan menyimpan alat jahit serta alat bantu lainnya    -    Teknik pemelihara an mesin jahit
-    Merawat mesin jahit secara rutin dan berkala    -    Membersih kan mesin jahit secara rutin dan berkala
-    Mencatat jadwal perawatan mesin jahit
-    Perawatan mesin jahit sesuai jadwal    Mesin jahit dirawat sesuai teknik perawatan mesin jahit        200 jp   
3.        -                    66 jp   




Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  gambar macam macam tusuk

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang SULAMAN ( SULAMAN PUTIH ) 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://yuswan62.files.wordpress.com/2013/11/tatabusana-smalb-d

0 komentar:

Post a Comment