, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

27 Contoh Gambar Ragam Hias Geometris Pada Batik Indonesia


27 Contoh Gambar Ragam Hias Geometris Pada Batik Indonesia

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 27 Contoh Gambar Ragam Hias Geometris Pada Batik Indonesia


contoh gambar ragam hias – Ragam hias geometris merupakan ragam hias yang memakai berbagai macam unsur-unsur pada garis, misalnya garis lurus, garis zigzag, garis lengkung, garis spiral dan berbagai jenis bidang seperti segitiga, segiempat, persegi panjang, layang-layang, lingkaran serta bentuk-bentuk lainnya sebagai motif dasar.

Motif atau ragam hias geometris adalah motif tertua dalam ornamen karena sudah dikenal dan digunakan sejak zaman prasejarah. Perkembangan motif geometris sendiri berawal dari bentuk titik, garis, dan kemudian bidang yang berulang-ulang mulai dari yang sederhana hingga pola yang lebih rumit.
gambar ragam hias fauna
Ragam hias geometris umumnya banyak diaplikasikan pada kain sulam, kain batik, kain tenun, kain bordir, bangunan-bangunan, candi-candi, perabotan rumah tangga, ukiran pada benda, kerajinan tangan, dan lain sebagainya.

- gambar ragam hias figuratif

Motif Dasar Ragam Hias Geometris Nusantara

Berikut adalah 6 motif dasar ragam hias geometris yang umum diaplikasikan kain batik Indonesia.

1. Swastika

Ragam hias ini merupakan motif hias yang berbentuk dasar seperti huruf Z atau zigzag yang saling berlawanan satu sama lainnya. Dalam batik motif ini biasanya dipakai sebagai hiasan pinggir. Jika motif swastika saling berkait atau saling berhubungan maka akan menghasilkan motif yang disebut motif Banji.

2. Pilin

Ragam hias ini memiliki bentuk dasar seperti huruf S, variasi bentuknya adalah SS atau disebut juga pilin ganda. Biasa digunakan sebagai hiasan pinggir dan pengisi bidang.

3. Meander

Merupakan ragam hias dengan bentuk dasar seperti huruf T yang berkembang dan memunculkan ragam hias swastika. Digunakan sebagai hiasan pinggir dalam batik. Dalam perkembangannya, motif meander kemudian memunculkan motif Pinggir Awan. - cara menggambar ragam hias
 

4. Kawung

Dalam bahasa Sunda berarti arena atau kolang-kaling. Oleh sebab itulah, ragam hias ini mempunyai bentuk seperti buah aren yang dipotong secara melintang dan terlihat menjadi empat biji aren. Motif ini sering digunakan sebagai hiasan bidang.

5. Tumpal

- ragam hias flora yang mudah digambar Motif ini sangat mudah dikenali dengan bentuk dasarnya adalah segitiga sama kaki dan sering diaplikasikan sebagai hiasan pinggir batik.

6. Ceplokan

- ragam hias fauna yang mudah digambarMotif ini merupakan ragam hias yang terdiri dari satu motif saja dan kemudian disusun secara berulang-ulang. Ragam hias ceplokan sering juga disebut sebagai motif kertas tempel.

Contoh Gambar Ragam Hias Geometris Batik


sen1budaya.blogspot.co.id

senirupasaloku.blogspot.com

senirupasmasa.wordpress.com

wisatabatikmas.wordpress.com

umzaragallery.wordpress.com

senirupasaloku.blogspot.com

obatrindu.com

indonesiabatikcorner.wordpress.com

pesona-craft.blogspot.com

kopralmak.blogspot.com

parasakti7970.blogspot.com

pesona-craft.blogspot.com

raymondsitorus.wordpress.com

sastro-alim.blogspot.com

kokiers.com

emsholy.blogspot.com

disparbud-jabarprov.go.id

dewey-petra.ac.id

batikdan.blogspot.com

batikmarlinnusantara.blogspot.com

batikmodern.biz

- sketsa ragam hias geometrisbatikrenggo.blogspot.com

beritabaru.info

anggrainydwi.blogspot.com


Motif sasirangan khas Banjarmasin, Kalimantan Selatan | adventureofaldi.blogspot.com



Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  contoh gambar ragam hias

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang “PEMBUATAN KERAJINAN TANGAN BERBAHAN LIMBAH PLASTIK” 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://tekoneko.net/ragam-hias-geometris/

0 komentar:

Post a Comment