, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

[Tips] Menaklukkan Mesin Jahit Jadul

 [Tips] Menaklukkan Mesin Jahit Jadul

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 [Tips] Menaklukkan Mesin Jahit Jadul

Mesin jahit jadul sebenarnya mempunyai banyak kelebihan dibandingkan dengan mesin jahit modern yang multifungsi, yang paling menonjol adalah : bisa tetap dipakai walaupun listrik padam, ini berlaku untuk yang masih pakai genjotan, bukan yang sudah ditambahin dinamo lho ya...kan dinamo tetep butuh listrik. Sejak aku masih kecil mamaku sudah punya mesin jahit, tapi aku masih belum punya keinginan belajar menjahit pakai mesin jahit, jadi aku jahit ya masih manual pakai jahitan tangan.

Waktu aku bikin dress yang kedodoran kayak daster dan blus kerah gelombang, aku masih dibantuin mamaku jahit pakai mesin jahit, yaa.. bisa dibilang kolaborasi lah dengan mamaku, jadi aku yang bikin pola, gunting, atur penempatan dan dijelujur, setelah itu untuk urusan jahitan mesin mamaku yang beraksi.

Aku sambil belajar menjahit pakai mesin jahit ke mama sebenarnya, tapi aku baru bisa jahitan yang lurus-lurus aja *itu pun masih gratul-gratul*, untuk yang melengkung masih belum terampil dan belum PeDe, jadinya ya dibantuin mama lah.

Kaki mamaku sudah tidak sekuat dulu, menjahit kerah gelombang yang sangat lebar (kelilingnya 3 meter) bikin mamaku agak kapok karena capek banget, sampe beliau mengeluh kakinya kayak mau copot *haduhhh... forgive ma...*, padahal aku masih pengen bikin jumpsuit dan project lainnya. Waktu aku pijit kaki mama, dengan pandangan yang agak menerawang beliau nyeletuk : "kenapa kamu kok gak pinter kayak gini *maksudnya bikin baju* waktu mama masih muda, masih kuat ngajarin kamu". OMG... perkataan itu langsung menyentak di hatiku, aku langsung merasakan semangat yang luar biasa. Sebelumnya aku membayangkan mesin jahit jadul tuh susyeh minta ampun terutama saat genjotnya kerasa beraaaaaattttt banget, tapi esoknya sepulang aku dari kantor, aku langsung buka mesin jahit dan aku coba genjot terus, terus, terus dan terus. And finally... i can sew! Tidak puas di situ saja, aku coba kasih garis lengkung di kain dan aku jahit di garis tsb, agak mencong di awalnya, tapi setelah aku coba pelan-pelan akhirnya BISA! Puas banget rasanya bisa menaklukkan mesin jahit jadul, jadi gak sabar pengen jahit sendiri project selanjutnya ^^

Karena aku belajar menjahit secara otodidak, hanya mengandalkan buku, internet dan pengalaman mamaku, maka aku jadi tergelitik untuk berbagi tutorial dan tipsnya juga untuk menaklukkan mesin jahit jadul. Semoga bisa dimengerti, maafkan kalau susah dimengerti karena aku menjelaskannya dengan bahasaku yang tentunya masih acak kadul

Sebelum memulai jahit, pastikan beberapa hal berikut :
- Arah jarum
- Urutan benang atas
- Benang di sekoci
- Karet pada pedal

Urutan pakai mesin jahitnya seperti ini :

    pastikan jarum dalam keadaan di atas, lalu siapkan kain di bawah jarum persis
    tusukkan jarum ke kain dengan cara tangan kanan memutar roda ke depan sampai jarum tertusuk ke kain
    lalu turunkan sepatu untuk menahan kain dengan menurunkan semacam saklar di bagian belakang sebelah kiri
    tangan kanan memutar roda ke depan lagi terus-menerus, *jangan sampai putaran roda terbalik mundur, nanti jahitannya jadi nggumpal dan tersendat* sambil kaki mengikuti ritme pedalnya
    nah, kalau kaki sudah bisa mengikuti ritmenya, lepaskan tangan kanan yang putar roda tadi, gunakan untuk mengatur kain yang akan dijahit.
    genjot terus sampai selesai, kalau mau pelan ya genjotnya pelan aja.
    setelah selesai, pastikan jarum dalam keadaan di atas (tidak menusuk kain). lalu tangan kiri menahan bagian akhir dari jahitan sambil menarik ke kiri, gunting benangnya kurleb 5 cm gari akhir jahitan dan simpul kedua benang supaya jahitannya tidak lepas


Tips belajar jahit dengan mesin jahit :
- letakkan gunting, jarum pentul+pincushion dan aksesoris jahit lainnya di sebelah kanan mesin jahit
- gunakan kain perca untuk menjahit, gak usah memaksakan lurus, yang penting bisa operasionalnya dulu
- setelah lancar mengoperasikan mesin jahit, coba di kain yang bermotif garis-garis, kalau tidak ada kain bermotif bisa juga pakai kain polos, beri garis lurus dengan kapur jahit/ pensil. jahit tepat di garis itu
- setelah jahit lurus lancar, coba beri garis lengkung pada kain, dan jahit tepat pada garis lengkung tsb

Okay, terima kasih sudah bersedia menyimak hingga akhir. Semoga posting ini berguna.
Jangan pernah menganggap segala hal susah.
Setiap orang mengawali segala hal dari tidak bisa menjadi bisa karena BELAJAR



buka mesin jahit : https://yuanitacik.blogspot.co.id/2012/04/tips-menaklukkan-mesin-jahit-jadul.html

0 komentar:

Post a Comment