, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Penyelesaian Tepi Busana: Kelim


Penyelesaian Tepi Busana: Kelim

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Penyelesaian Tepi Busana: Kelim


lebar kelim bawah untuk membuat rok a adalah? - Kelim atau keliman merupakan proses finishing jahitan yang digunakan untuk merapikan kain di bagian bawah (bagian tepi), bisa dengan cara melipat, menggunakan obras, jahitan dengan potongan zig zag, ataupun dengan bantuan bias tape (bisban), dan renda-renda. Lebar kelim bervariasi sesuai dengan model serta jenis bagian busana yang akan di kelim dan tergantung dari penempatannya. Kelim rok biasanya lebar kelim antara 3–5 cm, kelim blus biasanya lebar kelim antara 2–4 cm. kelim lengan biasanya lebar kelim antara 3–4 cm. Untuk gorden agar lebih seimbang lebar kelim 5 sampai 7 cm dan ada juga yang lebih lebar dari itu, yang penting ada keseimbangan antara lebar, panjang atau tinggi gorden tersebut. Penyelesaian kelim dikerjakan setelah busana selesai dijahit. Kelim sebaiknya dijelujur dan disetrika lebih dahulu sebelum diselesaikan dengan tusuk som atau tusuk flanel. Kelim dapat dilakukan dengan tangan dan dengan mesin. Untuk hasil yang lebih indah dan bagus kelim dapat dikerjakan dengan tangan.
Kelim Sumsang

Kelim biasanya digunakan pada bagian bawah rok, pinggiran bawah kemeja, lengan baju, bagian bawah celana, gorden, dan lain sebagainya. Dalam pembuatan pakaian, kelim bawah dikerjakan paling akhir. Sebelum mengukur panjang rok, sebaiknya gaun atau rok digantung dulu paling sedikit 24 jam, terutama untuk bahan yang diperkirakan mulur dan rok lingkaran. Dengan menggantung itu, berat bahan pada bagian yang digunting serong akan meregang ke posisi normal dan mencegah tepi bawah rok bergelombang dan tidak sama panjang lagi setelah dipakai beberapa lama atau setelah dicuci.

Jenis kelim sangat bervariasi, dari mulai yang dikerjakan dengan tangan sampai yang dikerjakan dengan mesin. Untuk bahasan yang pertama kita akan bahs mengenai kelim yang dikerjakan dengan tangan yaitu kelim biasa, kelim sumsang, dan kelim tusuk flanel.

Kelim biasa digunakan untuk bawah rok, blus, kebaya, ujung lengan, dan lain sebagainya. Untuk mengelim bagian busana, lebar kelim berkisar antara 3 sampai 5 cm. Langkah pengerjaannya yaitu lipatkan pinggir rok sesuai lebar yang anda inginkan. Lalu tirasnya dilipatkan ke dalam lebih kurang 1 cm dan dibantu dengan jelujuran. Kemudian disum dengan jarum, upayakan dalam lipatan betul-betul rata dan dijahit dengan jarum tangan. Mengelim atau menusukkan benang ke bahan pada bagian bawah lebih kurang 3 helai benang, sehingga tidak kelihatan bekas tusukannya, cara ini dilakukan terus-menerus sampai selesai. Supaya hasilnya kuat dan hasil tusukan tidak gampang lepas lebih kurang setiap 6 langkah tusukan dimatikan agar tidak lepas.

Kelim Biasa

Kelim Biasa

Kelim sumsang merupakan teknik mengerjakan atau caranya sama dengan kelim biasa, tapi beda kerjanya pada cara memasukkan jarumnya yaitu dua kali dalam satu lubang sehingga benangnya mati dan tidak mudah lepas. Jika ada yang putus kegunaan sama dengan kelim biasa. Kelim ini diselesaiakan seperti kelim biasa bagian baik terlihat tusuk datar serat 1-2 serat.

Kelim Sumsang

Kelim Sumsang

Kelim tusuk flanel yaitu kelim yang bahan pinggirnya diobras, tanpa melipatnya ke dalam. Terutama dipakai untuk teknik pengerjaan yang kelimnya lebih rapi dan lebih berkualitas dan juga untuk bahan yang tebal, rok, blus, ujung lengan dan sebagainya. Langkah pengerjaannya yaitu lipatkan pinggir rok selebar yang dinginkan dan dibantu dengan jelujur. Lalu dijahit dengan tusuk flanel yang satu di atas keliman tidak tembus sampai keluar dan yang satunya di bawah kelim dekat pinggir lipatan dengan langkah mundur. Kemudian hasil dari bagian baik hanya tampak satu baris dengan jarak 0.5 cm atau sesuai keinginan.

Kelim Tusuk Flanel
 Kelim Tusuk Flanel

Simak terus artikel dari kami ya Sahabat  , artikel selanjutnya akan kita bahas mengenai kelim yang penngerjaannya dengan mesin. Selamat menjahit dan semoga bermanfaat.

Tags: jahit baju, jahit baju batik, jahit baju online, buat baju, konveksi baju, butik baju batik, butik online, butik baju online, butik baju wanita, kursus jahit, pola busana, pola pakaian


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  lebar kelim bawah untuk membuat rok a adalah?

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Pengertian kerajinan fungsi hias dan contohnya 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://fitinline.com/article/read/penyelesaian-tepi-busana-kelim/

0 komentar:

Post a Comment