, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

17 Kerajinan Tangan dari Barang Bekas Ini Bisa Kamu Buat di Rumah

17 Kerajinan Tangan dari Barang Bekas Ini Bisa Kamu Buat di Rumah

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
17 Kerajinan Tangan dari Barang Bekas Ini Bisa Kamu Buat di Rumah


kerajinan tangan dari barang bekas - Ide membuat sebuah kerajinan tangan biasanya dengan meniru kerajinan tangan yang sudah ada atau dengan memodifikasi bentuk atau bahannya. Sering kali kita mendapatkan ide membuat   kerajinan tangan dari barang bekas melalui gambar atau informasi yang kita dapatkan melalui pencarian di internet.

Banyak contoh kerajian tangan yang mudah dibuat, yang bisa kita temukan melalui internet di banyak website atau melalui video di youtube. Dari macam-macam kerajinan tangan yang ada, kali ini kita akan membahas kerajinan tangan dari barang bekas yang mudah dibuat secara mandiri.
- kerajinan dari barang bekas kardus
Sudah banyak sekali kreasi tangan dari barang bekas yang sering kali berujung menjadi sampah yang tidak memiiki nilai. Dengan menjadikan barang-barang bekas tersebut menjadi sebuah kerajinan tangan yang memiliki nilai seni, kita bisa mengurangi penumpukan sampah, minimal di sekitar kita.

Mulai dari kertas bekas, botol bekas, sisa-sisa kain tekstil, sampah sedotan, plastik dan berbagai macam barang bekas lainnya. Pasti di sekitar kamu banyak barang bekas yang mungkin bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat kerajinan tangan.

Yuk simak, beberapa contoh gambar aneka kerajinan tangan dari barang bekas dan cara pembuatannya yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk membuat kerajinan tangan kamu sendiri di rumah.
1. Pot Bunga dari Botol Bekas
kerajinan tangan dari botol bekas berupa pot bunga
kerajinan tangan dari botol bekas berupa pot bunga
Pot Bunga dari Botol Bekas – fabartdiy.com

Pot bunga di atas terlihat cantik bukan? Bahan pembuatnya hanya dengan menggunakan botol plastik bekas lho. Contoh di atas hanyalah salah satu contoh kerajinan dari barang bekas. Gambar di atas merupakan salah satu contoh desain pot bunga saja. Mungkin kamu bisa membuat desain yang lebih bagus dari ini dengan kreatifitas yang kamu miliki.

Selain dengan menggunakan botol bekas, kamu juga bisa membuat sebuah pot bunga yang sejenis dengan ini menggunakan kaleng minuman bekas atau barang bekas lainnya.
- kerajinan dari barang bekas koran
Banyak sekali produk-produk minuman sekarang yang menggunakan botol plastik sebagai kemasannya. Kebanyakan dari kita, setelah isi minumannya habis, botolnya seringkali kita buang dan hanya menjadi sampah.

Lain halnya kalau kita mengumpulkan sampah botol plastik ini untuk kemudian kita buat menjadi sebuah kerajinan tangan unik. Salah satu contohnya adalah pot bunga seperti pada gambar di atas. Inilah contoh kerajinan tangan dari botol bekas yang mungkin bisa kamu coba di rumah.
2. Lampu Hias dari Kardus Bekas
kerajinan tangan dari kardus bekas berupa lampu hias
kerajinan tangan dari kardus bekas berupa lampu hias
Lampu Hias dari Kardus Bekas – arq4design.com

Salah satu prakarya dari kardus adalah lampu hias seperti pada gambar.

Lampu hias seperti ini bisa mempercantik dekorasi interior kamar tanpa harus mengeluarkan biaya tinggi. Berbahan kertas kardus bekas dan beberapa bahan pelengkap lainnya, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu banyak untuk membuat lampu hias seperti ini.

Kerajinan dari kardus bekas seperti ini tidak terlalu rumit dibuat. Cukup dengan ketrampilan dan bekal kreatifas saja, serta tekat yang kuat, kamu sudah bisa membuat ketrampilan dari barang bekas seperti ini.

Kamu bisa menempatkan lampu hias ini di kamar tidur, di ruang keluarga, atau ruang lainnya yang menurut kamu perlu dipercantik dengan lampu hias seperti ini.

Untuk menambah dekorasi ruangan kamu juga bisa menambah dengan hiasan dinding yang lucu.
3. Tempat Tisu dari Kaleng bekas
Kerajinan tangan dari kaleng bekas berupa tempat tisu
Kerajinan tangan dari kaleng bekas berupa tempat tisu
Tempat Tisu dari Kaleng Bekas – yamplungotnay.blogspot.com

Kaleng merupakan salah satu sampah rumah tangga yang sering kita temui. Mungkin bagi yang masih memiliki balita dan menggunakan susu formula sebagai asupan bagi balitanya, kaleng bekas susu bubuknya sering kali menumpuk di dapur.

Daripada kaleng-kaleng ini tidak dimanfaatkan, lebih baik kaleng ini kita jadikan saja sebagai tempat tisu. Yang kamu perlukan beberapa alat untuk membuat lubang pada bagian penutup atasnya dan cat atau stiker.

Lubang pada bagian atas ini nantinya bakal digunakan sebagai tempat mengambil tisu, sedangkan cat digunakan untuk melukis atau menggambar bagian luarnya supaya temat tisunya menjadi lebih cantik. Kalau tidak ada cat, cukup dengan tempelkan stiker atau kertas polos saja pada bagian luar kalengnya.


Kalau lapisan luar kaleng dlpisi dengan kertas polos, kamu juga bisa menambhakan gambar atau tulisan sesuai dengan yang kamu sukai.

Kamu bisa lihat contoh pada gambar di atas, cantik kan hasil akhir tempat tisunya. Yuk manfaatkan kaleng bekas yang ada di sekitar, supaya tidak menjadi sampah.
4. Celengan dari Kardus Bekas
kerajina tangan dari kardus bekas berbentuk celengan
kerajina tangan dari kardus bekas berbentuk celengan
Celengan dari Kardus bekas – www.instructables.com

Untuk melatih ketrampilan anak-anak kamu bisa ajak mereka untuk membuat sebuah celengan dari kertas kardus seperti pada gambar di atas. Kreasi dari kardus bekas ini mungkin bisa dijadikan menjadi tugas muatan lokal untuk membuat kerajinan tangan celengan dari kardus bekas.
- kerajinan dari barang bekas botol aqua
Tugas kamu adalah membuat pola utamanya dan memberi pengarahan saat perakitan. Nanti anak didik kamu yang merakitnya kalau mereka belum bisa memotong pola sendiri. Ajari mereka dengan sabar, supaya hasilnya bisa maksimal dan anak-anak tetap senang karena hal ini juga bisa jadi media untuk bermain anak.

Setelah celengan masing-masing anak jadi, mereka pasti akan bangga dengan hasil karyanya masing-masing dan celenganya bisa mereka gunakan untuk menabung di rumah.

Dari sini kita bisa mengajarkan beberapa ilmu sekaligus. Pertama, ilmu untuk membuat kerajinan tangan dari bahan bekas kardus. Kedua, ilmu untuk berhemat, karena dengan hasil akhir yang berupa celengan ini memacu mereka untuk bisa menabung kedepannya.
5. Taplak Meja dari Sedotan
Kerajinan tangan dari sedotan berupa taplak meja
Kerajinan tangan dari sedotan berupa taplak meja
Taplak Meja dari Sedotan – ohrumahminimalis.com

Mungkin bagi kamu yang belum pernah melihat tidak akan menyangka kalau sedotan juga bisa dijadikan taplak meja seperti pada gambar. Dengan memanfaatkan sedotan bekas ternyata kita bisa membuatnya menjadi sesuatu yang bermanfaat bahkan bisa bernilai ekonomi.
kerajinan tangan dari barang bekas dan cara pembuatannya
Taplak dari sedotan ini bisa kamu kreasikan motifnya, susuna warnanya bisa kamu buat seragam atau warna-warni sesuai dengan selera yang kamu suka.

Alat dan bahan yang kamu perlukan hanya beberapa meter benang dan sedotan tentunya serta gunting untuk memotong-motong sedotan. Oh iya, supaya ukurannya seragam, alangkah baiknya kamu menggunakan alat ukur seperti penggaris untuk mengukur panjang pendek potongan sedotannya.
6. Tempat Tisu dari Koran Bekas
Kerajinan tangan dari koran bekas berbentuk tempat tisu
Kerajinan tangan dari koran bekas berbentuk tempat tisu
Tempat Tisu dari Koran Bekas – candrapambudi86.blogspot.comdi

Tempat tisu pasti sangat dibutuhkan di rumah. Koran bekas yang berakhir di bawah meja atau bahkan cuma menumpuk di gudang saja mungkin akan lebih bernilai kalau kita kreasikan menjadi sebuah kerajinan tangan.

Kerajinan tangan dari koran bekas yang mudah untuk dibuat yaitu tempat tisu seperti pada gambar. Salah satu contoh ketrampilan barang bekas yang bisa kamu coba.
- cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas beserta gambarnya
Lumayan untuk mengisi waktu luang, kamu bisa memanfaatkannya untuk membuat tempat tisu dari koran bekas yang ada di rumah.

Pertama, kertas koran bekas tadi dipilin sampai seukuran sedotan atau lebih besar sedikit. Setelah gulungan-gulungan koran sudah banyak, saatnya kita potong-potong dengan ukuran tertentu sejumlah yang dibutuhkan.

Selanjutnya, kita susun potongan gulungan tersebut pada sebuah kertas karton atau kardus untuk penguatnya dan ditempelkan. Nantinya, sisi yang ada kertas karton ini di tempatkan di sisi dalam supaya yang terlihat di luar adalah gulungan korannya seperti pada gambar. Selamat mencoba !!!
7. Bunga dari Sedotan
Kerajinan tangan dari sedotan berupa bunga
Kerajinan tangan dari sedotan berupa bunga
Bunga dari Sedotan – zhahab.blogspot.com

Ini nih salah satu prakarya dari barang bekas berbahan sedotan. Kamu bisa mendapatkan sedotan di sekitar kamu, terutama di warung-warung yang menjual minuman. Pastinya banyak sekali sampah sedotan yang tidak terpakai lagi. Daripada dibuang begitu saja, kita bisa memanfaatkannya menjadi sebuah kerajinan tangan yang unik dan keren.

Dari berbagai jenis kerajinan tangan dari sedotan, bentuk bunga adalah salah satu alternatif pilihan yang bisa kamu pilih. Sebelum dibuat menjadi kerajinan bunga plastik, sebaiknya sedotan-sedotan yang sudah kamu kumpulkan dibersihkan terlebih dahulu dengan cara dibilas dengan air.

Cara membuat bunga dari sedotan bisa kamu lihat pada gambar berikut ini. Langkah-langkahnya :

Caramembuat bunga mawar dari sedotan bekas
Caramembuat bunga mawar dari sedotan bekas
Caramembuat bunga mawar dari sedotan bekas

Gambar di atas merupakan  cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas berupa sedotan menjadi sebuah hiasan bunga yang cantik.
8. Mini Pot dari Cangkang Telor
kerajinan tangan dari barang bekas cangkang telor
kerajinan tangan dari barang bekas cangkang telor
Mini Pot dari Cangkang Telor – mastphotos.com

Cangkang telor yang sudah tidak terpakai ternyata bisa kita manfaatkan sebagai mini pot di rumah. Seperti yang bisa kamu lihat di gambar, mini pot dari cangkang telor ini memang lucu. Bentuknya unik, alami dan lucu.
- kerajinan tangan unik dan cara membuatnya
Prakarya dari bahan bekas seperti ini memang jarang sekali kita temui. Mungkin masih banyak yang belum kepikiran untuk memanfaatkan limbah cangkang telor dijadikan kerajinan tangan unik seperti ini.

Kamu bisa menanam bunga-bunga kecil atau tanaman hias lainnya yang minimalis. Karena pot dari cangkang telor memang ukurannya tidak begitu besar, jadi disarankan untuk menanam tanaman kecil saja.

Dengan mini pot ini kamu juga bisa membuat hiasan yang unik di ruangan tertentu yang perlu sentuhan minimalis. Kreatifitasmu di sini bakal dibutuhkan untuk membuat mini pot dan tanamannya terasa lebih hidup secara alami dan tetep keren.
9. Pot Tanaman dari Ban Bekas
Pot Tanaman dari Ban Bkas
Pot Tanaman dari Ban Bkas
Pot Tanaman dari Ban Bkas – pinterest.com

Karya dari barang bekas berikutnya adalah pot tanaman dari ban bekas.

Jarang sekali orang memanfaatkan ban bekas sebagai pot tanaman seperti pada gambar. Mungkin karena di Indonesia masih sedikit orang yang memiliki kendaraan roda empat, sehingga ban bekas masih susah didapat di sekitar rumah.

Namun, untuk kamu yang punya banyak koleksi ban bekas di rumah atau punya kenalan yang memiliki koleksi ban bekas yang sudah tidak terpakai mungkin kamu bisa memanfaatkan ban bekas yang kamu dapat untuk dijadikan sebagai pot tanaman.

Ide pot tanaman dari ban bekas ini juga bisa diaplikasikan di taman-taman umum. Dengan menambahkan warna-warni pada ban tersebut juga akan menambah kesan cantik pada taman tempat pot ban bekas ini berlabuh.

Oh iya, pilih tanaman yang cocok untuk ditanam di pot ini dan sesuaikan dengan warna ban bekasnya sehingga warna-warninya akan padu dan terlihat lebih indah. Bagi kamu yang suka dengan tanaman bunga, pot seperti ini mungkin bisa jadi pilihan untuk tempat menanam yang berbeda dari tempat pada umumnya.


10. Tempat Charger Hape dari Botol Bekas
kerajinan tangan dari botol bekas
kerajinan tangan dari botol bekas
Tempat Charger HP yang Kreatif – hacksnavida.com

Saat mengisi baterai handphone seringkali kita mencari tempat landasan yang aman untuk menggeletakkan hape-nya. Kalau colokan listriknya berada di lantai sih tidak masalah, tapi kalau colokan listrik yang tersedia ada di dinding dan tidak ada landasan untuk menaruh hape bagaimana dong?

Ini nih solusinya. Salah satu kreasi barang bekas, kerajinan tangan dari bahan plastik. Bisa kamu lihat di gambar. Idenya cukup sederhana tapi syarat akan manfaat. Bahan untuk membuatnya pun tidak susah dicari. Cukup menggunakan botol plastik bekas yang pipih seperti bekas botol sampo atau semacamnya.

Cara membuat kerajinan tangan yang mudah ini bisa kamu lihat seperti pada gambar. Tidak sulit kan.

Dengan cara seperti ini, sekarang kamu dapat dengan mudah mengisi baterai hape dimana pun kamu suka. Tidak bingung kalau cuma ada colokan di dinding, karena sudah ada tempat hape saat mengisi baterai.
11. Vas Bunga dari Botol Kaca Bekas
Kerajinan tangan dari botol bekas, vas bunga dari botol bekas
Kerajinan tangan dari botol bekas, vas bunga dari botol bekas
Vas Bunga dari Botol Bekas

Banyak botol-botol bekas yang berserakan di tempat sampah. Mungkin di rumah kamu juga banyak. Botol bekas yang ada biasanya tidak digunakan sama sekali, hanya tergeletak saja di gudang atau di pojokan rumah.

Tidak banyak yang punya inisiatif memanfaatkannya. Mungkin karena tidak tahu mau diapakan botol bekas ini. Kalau dikumpulkan juga nantinya makan tempat yang ada, dan pada akhirnya dibuang sebagai sampah.

Sudah pada lihat gambar kerajinan tangan di atas. Yap, vas bunga dari botol kaca bekas. Sudah ada bayangan seperti apa kan cara membuatnya.


Yuk simak cara membuat kerajinan dari bahan bekas botol berikut ini :

Pertama, siapkan dulu botol-botol bekas yang kamu punya. Bahan tambahan selanjutnya adalah cat. Pilih warna yang kamu suka. Cat seperti ini bisa kamu dapatkan di toko banguna terdekat.Langkah selanjutnya adalah mewarnai botol dengan cat yang sudah disiapkan.

Caranya, masukkan cat secukupnya ke dalam botol, kemudian diputar-putar sampai cat menempel di dinding botol secara merata. Tunggu sampai cat benar-benar kering. Setelah cat di dinding dalam botol mengering, botol kini sudah berubah menjadi vas bunga cantik warna-warni yang siap dipakai.

Ide membuat kerajinan tangan dari botol bekas ini bisa dijadikan sebagai peluang usaha kerajinan tangan lho. Dengan membuat kerajinan-kerajinan dari bahan-bahan bekas, produk kerajinan ini bisa dijual secara online atau offline.
12. Pot Tanaman Gantung dari Botol Kaca Bekas
Kerajinan tangan dari barang bekas
Kerajinan tangan dari barang bekas
Pot Tanaman Gantung – inhabitat.com

Botol bekas seperti ini bisa juga dijadikan sebagai pot tanaman untuk di rumah. Dengan cara digantung seperti pada gambar bisa untuk dijadikan sebagai hiasan rumah sekaligus. Tanaman yang cocok adalah jenis tanaman yang tidak tumbuh besar.

Untuk membuat pot gantung seperti ini cukup mudah. Botol tidak perlu dimodifikasi. Yang perlu dibuat adalah anyaman tali untuk menggantungnya saja. Sederhana kan. Jangan lupa rutin menyiram jika potnya sudah ditanami.
13. Lampion dari Balon Berbalut Benang
Kerajinan tangan dari barang bekas berbentuk lampion
Kerajinan tangan dari barang bekas berbentuk lampion
Lampion Lucu dari Balon Berbalut Benang – lampionlucu.blogspot.com

Lampion lucu ini bisa kamu buat sendiri di rumah. Bahan-bahannya pun mudah didapat. Lampion lucu ini bisa kamu tempatkan di kamar tidur atau di ruang tamu sebagai hiasan. warna-warni lampion ini berasal dari warna dasar balon dan benangnya. Jika warna balonnya merah, sebaiknya warna benangnya juga merah sehingga merahnya semakin kuat.

Cara membuat lampion dari balon dan benang tidaklah sulit. Banyak tutorial-tutorial cara membuat lampion seperti ini yang bisa kamu temukan lewat internet atau via video di youtube.
14. Sarung Hape dari Kain Flanel
Kerajinan tangan dari barang bekas yang mudah
Kerajinan tangan dari barang bekas yang mudah
cieflanelshop.blogspot.com

Kain flanel adalah salah satu bahan yang paling mudah untuk membuat sebuah kerajinan tangan. Di antara kerajinan tangan yang bisa dibuat dari kain flanel adalah sarung hape seperti pada gambar.

Kain flanel bisa kamu dapatkan di toko-toko kain terdekat di pasar. Harga kain flanel baru juga tidak terlalu mahal. Untuk ukuran membuat sebuah sarung hape, tidak memerlukan terlalu banyak kain. Dengan kain ukuran 50cm x 50 cm juga cukup, bahkan bisa lebih.

Sarung hape dari kain flanel memang jarang kita temukan di pasaran karena kebanyakan tidak untuk diproduksi secara masal. yang memakai sarung hape dari kain flanel mungkin memang membuat sendiri atau dibuatkan sama temennya yang hobi membuat kerajinan dari kain flanel.
15. Bros Bunga
Kerajinan tangan dari barang bekas
Kerajinan tangan dari barang bekas
findyka.com

Jika kamu memiliki kain sisa atau semacamnya, bros bunga mungkin bisa jadi pilihan yang tepat sebagai pilihan kerajinan yang bisa dibuat. Di antara kerajinan tangan yang dibuat dari kain salah satunya adalah bros bunga.

Seperti yang bisa kamu lihat pada gambar, bunga-bunga cantik ini dibuat dari kain satin. Kain yang lain juga bisa lho, tergantung dari bahan kain apa yang kamu punyai. Ini adalah salah satu contoh kerajinan dari bahan bekas yang mudah didapat.

Bros bunga ini bisa kamu padu padankan dengan jilbab sehingga kamu terlihat lebih feminim nan anggun. Bros bunga mawar memang sering kali menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan aksesoris pakaian. Bentuknya yang kecil dan sederhana. Jadi gampang untuk memasangnya.
16. Wadah Lampu Cantik dari Kaleng bekas
Kerajinan tangan dari barang bekas berupa wadah lampu cantik dari kaleng
Kerajinan tangan dari barang bekas berupa wadah lampu cantik dari kaleng
vemale.com

Punya kaleng bekas yang sudah tidak terpakai? Dari pada dianggurin mending kamu ubah kaleng itu menjadi sebuah wadah lampu cantik.

Ini adalah salah satu contoh kerajinan dari kaleng bekas yang tergolong mudah untuk dibuat di rumah. Dengan alat seadanya pun bisa.

Pola lubang bisa kamu bentuk sendiri. Bentuk polanya bisa acak atau berbentuk sesuatu, seperti pada contoh gambar di atas, pola lubangnya berbentuk tulang daun. Tidak ada salahnya kamu mencoba membuatnya. Asah kreatifitasmu dengan cara membuat kerajinan tangan ini.
17. Pot Tanaman dari Sepatu Bekas
kerajinan tangan dari baang bekas
kerajinan tangan dari baang bekas
hipwee.com

Punya sepatu yang sudah tidak terpakai? Daripada dibuang mending dimanfaatkan jadi pot tanaman saja. Bentuk pot tanaman dari sepatu bekas ini bisa kamu susun dan disesuaikan isi tanamannya sehingga nantinya taman kecilmu akan bertema.

Gampang kan. Tinggal cari tanah atau pakai sekam saja sebagai media tanam terus isi dengan tanaman yang kamu suka.
18. Wadah Peralatan Makan dari Kaleng Bekas
wadah peralatan makan dari kaleng bekas
wadah peralatan makan dari kaleng bekas
kerajinantangansip.blogspot.com

Kerajinan unik berikutnya adalah wadah peralatan makan yang terbuat dari kaleng bekas. Ternyata kaleng bekas yang ada di rumah masih bisa kita manfaatkan menjadi sebuah kerajinan yang cukup unik. Dengan memanfaatkan kaleng-kaleng bekas yang ada kita bisa menghemat pengeluaran untuk membeli perkakas seperti ini.

Bagaimana sih cara membuatnya? Yuk simak gambar berikut.
Cara membuat wadah peralatan makan dari kaleng
Cara membuat wadah peralatan makan dari kaleng
www.jualbouquet.com

Nah ini adalah cara membuat kerajinan tangan dari kaleng bekas untuk dijadikan sebagai wadah peralatan makan. Ternyata tidak sesualit yang dibayangkan. Sebagai tambahan untuk holder, dibutuhkan lempeng kayu ukuran sekitar 30 cm x 20 cm. lempeng kayu ini nanti akan digunakan untuk menempelkan kaleng-kaleng sehingga tidak terpisah antara kaleng satu dengan kaleng lainnya.
- cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas sederhana
Untuk mempercantik tampilan wadah peralatan makan ini, alangkah baiknya kamu mengecatnya terlebih dahulu. Kalau tidak mau repot beli saja cat pilok yang lebih praktis. Setelah lempeng kayu dan kaleng-kaleng dicat, langkah selanjutnya adalah merakit.

Langkah merakitnya bisa kamu lihat pada gambah. Tambahkan holder pada lempeng kayu bagian sisi atas. kamu bisa menggunakan holder yang biasa dipakai pada lemari atau laci meja yang lebih praktis.

Kalau sudah selesai semuanya, wadah peralatan makan ini sudah siap beraksi di meja makan mengisi kekosongan yang ada serta membantu merapikan peralatan makan yang berserakan.

Selamat mencoba !!!!
19. Anyam dari Kertas
Anyaman dari kertas
Anyaman dari kertas
ukhty2vya.blogspot.com

Kerajinan tangan Anyaman dari kertas adalah salah satu ketrampilan tangan untuk anak sd yang sering dibuat. Anyaman kertas ini bisa kita buat dari kertas bekas atau kertas koran dikombinasikan dengan kertas polos. Hasil kerajinan tangan ini bisa dijadikan sebagai hiasan kelas sd.

Ketrampilan untuk anak sd ini memang terbilang agak rumit untuk anak sd kelas 3 atau kelas 4. Tapi untuk melatih ketrampilan anak memang anyam kertas seperti ini bisa meningkatkan daya kreatifitas anak. Jadi memang sangat disarankan untuk dijadikan sebagai tugas ketrampilan tangan pada pelajaran muatan lokal.
20. Kerajinan Tangan dari Kayu Bekas Palet
Kerajinan tangan dari kayu bekas palet
Kerajinan tangan dari kayu bekas palet
- kerajinan tangan dari barang bekas yang mudah didapat
Gambar di atas adalah salah satu contoh kerajinan tangan dari kayu bekas palet yang dibentuk menjadi furniture cantik. Hanya berbekal beberapa kayu palet yang disusun sedemikian rupa bisa dijadikan sebagai alas tempat tidur yang cukup elegan.

Tidak perlu biaya mahal, cukup dengan membeli beberapa kayupalet saja dengan ukuran yang seragam secukupnya. Kemudian kayu palet tersebut dibersihkan dulu dan dihaluskan supaya tidak berbahaya. Untuk menambah baru, kayu palet bisa dicat atau dipernis supaya lebih cantik lagi. Tambahkan lagi aksesoris lampu-lampu kecil di dalam susunan kayu palet tersebut, jika kamu merasa kurang. Mudah bukan?
21. Kerajinan Tangan Bunga Kertas lucu
kerajinan tangan bunga kertas scrapbook
kerajinan tangan bunga kertas scrapbook

Kerajinan lucu ini bisa kamu buat dengan mudah di rumah. Berbahan kancing-kancing bekas, benang serta kertas-kertas bekas yang menumpuk di gudang. Daripada kertas-kertas tersebut menumpuk tidak berguna, mendingan dibuat kerajinan tangan seperti ini.
22. Dompet Koin Lucu
celengan lucu dari kain flanel
celengan lucu dari kain flanel

Dompet lucu ini terbuat dari kain flanel. Cara membuatnya pun sangat mudah. Cukup potong pola kemudian dijahit menggunakan mesin jahit. Dompet ini dikhususkan untuk menyimpan uang koin. Cocok untuk dibawa kemana-mana karena bentuknya yang imut dan minimalis. Bisa dimasukkan ke dalam dompet atau tas kamu


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  kerajinan tangan dari barang bekas

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Cara Membuat Pola Rok Lipit 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://www.fatinia.com/kerajinan-tangan-dari-barang-bekas/

0 komentar:

Post a Comment