UNSUR UNSUR DESAIN BUSANA

 UNSUR UNSUR DESAIN BUSANA

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 UNSUR UNSUR DESAIN BUSANA


Unsur pada rancangan busana adalah pengetahuan yang diperlukan untuk membuat atau menciptakan desain busana, yang meliputi:

1. unsur garis
    Garis adalah hasil goresan satu titik ke titik lain. melalui sebuah goresan atau titik tersebut perancang   busana dapt mengemukakan  pola rancangannhya kepada orang lain.
macam macam garis:

    garis lurus melebar
     garis melengkung
    tegak lurus memanjang
    bergelombang
    bergerigi
    kusut
    lurus putus putus
    serong menyudut




2. unsur bidang
    Pengertian bidang pada pakaian adalah sekumpulan garis yang saling bertemu atau saling potong antar ujung dan pangkalnya. dilihat dari unsur bidang, ada 2 macam desain busana, yaitu:
- desain struktur
  desain strutur pada busana disebut siluet.siluat adalah garis luar dari suatu busana.
  contoh siluet: siluet A, siluet I, siluet Y, siluet H, siluet S, siluet L.
- desain hiasan
  desain hiasan pada busana mempunyai tujuan untuk menambah keindahan desain struktur atau siluet.
  desain hiasan tersebut dapat berupa kerah, lengan, saku, renda, pita hias, kancing hias, dll.

3. unsur bentuk
   Dalam unsur bentuk terdapat beberapa macam bentuk dasar geometris, seperti segi 4, persegi panjang, segitiga, kerucut, lingkaran. bentuk bentuk geometris ini banyak deterapkan pada pakaian.
dalam membuat desain, tidak hanya berlandaskan ide, tetapi juga haus mempunyai konsep rancangan bentuk dasar yang  mudah dipahami. konsep rancangan bentuk dasar ini dituangkan kedalam bentuk pola rancangan, sehingga akan mudah diwujudkan ke bantuk pakaian yang sebenarnya.

4. unsur warna
    Warna merupakan unsur desain yang paling menonjol. kehadiran unsur warna menjadikan desain lebih menarik.unsur warna dapat mengungkapkan suasana perasaan, sifat dan watak yang berbeda. unsur warna mempunyai variasi yang tidak terbatas. berdasarka sifatnya unsur warna terdiri dari warna muda, warna tua, warna terang, warna gelap, warna redup, dan warna cemerlang.
watak warna terdiri dari warna panas, warna dingin, warna lembut, warna mencolok, warna ringan, warna berat, warna sedih, warna gembira. dilihat dari macam nya, unsur warna mempunyai bermacam macam warna seperti merah. kuning, biru.

5. unsur tekstur
    Pengetian tekstur tidak saja terbatas pada sifat permukaan benda atau bahan., tetapi juga menyangkut kesan terhadap perasaan yang timbul ketika melihat permukaan bahan, tetapi juga menyangkut kesan terhadap perasaan yang timbul ketika melihat permukaan bahan. tekstur dapat mempengaruhi penampilan bahan, baik secara visual ( berdasarkan penglihatan) maupun secara sensasional kesan terhadap perasaan )

 Berdasarkan visualnya, bahan pakaian dapat dibedakan sebagai berikut:
   1. kusam dan berkilau
   2. tembus pandang dantidak tembus pandang
   3. jarang dan rapat
   4. polos da bermotif

Berdasrkan sentuhan kulit dan ujung jari, bahan pakaian dapat dibedakan sbb:
  1. bahan tebal dan tipis
  2. lembut, halus, dan kaku
  3. licin dan kasar
  4. bergelombang, berbulu, dan rata

Tekstur akan memberi kesan dan pengaruh tertentu terhadap bentuk badan sbb:
  1. bahan yang teksturnya berkilau memberi kesan gemuk
  2. bahan yang teksturnya lemas dan kusam memberi kesan tambah langsing
  3. bhan yang teksturnya tebal, kaku, dan kasar, memberi kesan tambah gemuk
  4. bahan yang polosmemberi kesan lebih langsing dari pada bahan yang bercorak atau bermotif
Pemilihan bahan dan pelengkapa pakaian yang teksturnya tidak sesuai dengan bentuk badan dapat merugikan sipemakai, karena permukaan bahan mempunyai efek terhadap tubuh.

6. unsur ukuran
    Ukuran anatoni tubuh, bentuk, dan model pakaian, merupakan unsur yang perlu diperhitungkan dalam desain busana. sebaba besar kecilnya unkuran tubuh erat hubungannya dengan bentuk dan model suatu pakaian yang direncanakan. jenis bentuk tubuh:
   1. bentuk tubuh ideal
   2. bentuk tubuh kurus tinggi
   3. bentuk tubuh kurus pendek
   4. bentuk tubuh tinggi gemuk
   5. bentuk tubuh pendek gemuk
7. ukuran gelap dan terang
    Nada gelapa dan terang pada warna bahan pakaian timbul karena adanya cahaya, baik cahaya alam dari matahari dan bulan maupun cahaya buatan dari sinar lampu. nilai gelap suatu warna  mempunyai pengaruh tertentu pada suatu desain. nilai gelap adalah suatu sifat warna yang menunjukkan warna tersebut mengandung warna hitam atau wara putih.

8. unsur arah
    Pada wujud benda atau bahan dapat dirasakan adanya suatu arah tertentu, seperti mendatar, tegak lurus, atau menyerong. arah tersebut mampu menggerakkan rasa. unsur arah pada benda dan bahan dapat terlihat dan terasa dan sering dimanfaatkan oleh perancang busana. unsur arah pada model pakaian dan corak bahan pakaian dapat digunakan untuk mengubah kesan penampilan bentuk tubuh, seperti bentuk pendek berkesan tinggi dan gemuk berkesan ramping

buka mesin jahit : http://doninovalinda.blogspot.co.id/2011/11/unsur-unsur-desain-busana_21.html

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.