Sistem Pencernaan Pada Manusia beserta Fungsinya


Sistem Pencernaan Pada Manusia beserta Fungsinya

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Sistem Pencernaan Pada Manusia beserta Fungsinya


Pencernaan makanan terjadi secara mekanis dan kimiawi. Pencernaan mekanis adalah perubahan ukuran makanan dari berukuran besar menjadi kecil. Pencernaan kimiawi adalah proses perubahan bentuk makanan menjadi zat-zat yang lebih sederhana dengan bantuan enzim.

Pencernaan makanan berlangsung di sepanjang saluran pencernaan. Proses prosesnya diawali sejak Makanan masuk ke dalam mulut dan berakhir di usus. Hasil pencernaan makanan yang berupa sari-sari makanan diserap tubuh melalui pembuluh darah di dinding. Selanjutnya, sari makanan itu siap diedarkan ke seluruh tubuh.

Peredaran sari-sari makanan pada tubuh hewan tingkat tinggi dan manusia dilakukan oleh darah. Sementara itu, Sisa pencernaan yang tidak dapat diserap dan digunakan tubuh akan dibuang melalui lubang pengeluaran.


bagian-bagian sistem pencernaan manusia dan fungsinya, organ penyusun sistem pencernaan manusia dan fungsinya, sistem pencernaan manusia serta fungsinya, sistem pencernaan manusia lengkap dengan fungsinya sistem pencernaan pada manusia beserta gambar dan fungsinya, urutan sistem pencernaan pada manusia dan fungsinya.

Sistem pencernaan pada manusia terdiri atas Saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan. Saluran pencernaan tersusun atas mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, poros usus dan anus. Kelenjar pencernaan adalah alat yang menghasilkan enzim atau getah pencernaan.  Kelenjar pencernaan terdiri atas kelenjar ludah, hati dan pankreas. Di sepanjang saluran pencernaan makanan mengalami pencernaan secara mekanis dan kimiawi.
bagian-bagian sistem pencernaan manusia dan fungsinya, organ penyusun sistem pencernaan manusia dan fungsinya, sistem pencernaan manusia serta fungsinya, sistem pencernaan manusia lengkap dengan fungsinya sistem pencernaan pada manusia beserta gambar dan fungsinya, urutan sistem pencernaan pada manusia dan fungsinya.
Alat-alat Pencernaan

1. Mulut
Di dalam mulut terdapat gigi, lidah dan kelenjar ludah. Gigi merupakan alat pencernaan secara mekanis. Fungsi gigi dalam pencernaan secara mekanis ialah mengubah ukuran makanan menjadi lebih kecil agar mudah ditelan dan memudahkan proses pencernaan selanjutnya. Menurut bentuknya, gigi manusia dibedakan menjadi tiga macam, yaitu gigi seri, gigi taring dan gigi geraham.
sistem pencernaan manusia dan fungsi, gambar sistem pencernaan manusia dan fungsinya, enzim pada sistem pencernaan manusia dan fungsinya,
Gigi seri berbentuk pipih untuk menggigit dan memotong makanan.
Gigi taring berbentuk Lancip untuk merobek dan mengolah makanan.
Gigi geraham berbentuk besar dan permukaan atasnya tidak rata untuk mengunyah makanan.

sistem pencernaan manusia dan fungsi, gambar sistem pencernaan manusia dan fungsinya, enzim pada sistem pencernaan manusia dan fungsinya,

Baik gigi seri, gigi taring, maupun gigi geraham mempunyai bagian-bagian yang sama. Bagian gigi yang terletak di atas gusi di sebut mahkota gigi. Bagian gigi yang tertanam di dalam gusi tersebut leher gigi. Adapun bagian gigi yang tertanam di dalam tulang rahang disebut akar gigi.

Bagian mahkota gigi dilapisi oleh email yang berwarna putih. Fungsi email adalah melindungi tulang gigi agar tidak mudah aus. Di bawah lapisan email terdapat tulang gigi. Di dalam tulang gigi terdapat rongga pulpa yang berisi pembuluh darah dan urat saraf.

Gigi pada anak-anak disebut gigi susu karena warnanya seperti susu atau Gigi sementara karena dapat di tanggal dan diganti gigi baru. Gigi Susu mulai tumbuh pada umur kira-kira 6 bulan. Gigi yang pertama tumbuh adalah gigi seri kemudian disusul gigi taring dan gigi geraham depan. Pada waktu berumur 6 tahun, giginya berjumlah 20. Kedua puluh gigi tersebut terdapat pada rahang atas dan rahang bawah. Masing-masing rahang terdiri atas 4 buah  gigi seri, 2 buah gigi taring, dan 4 gigi geraham.

Setelah umur 6 tahun sampai 14 tahun, satu demi satu Gigi Susu akan tanggal, dengan tanggalnya Gigi Susu tumbuh gigi baru yang lebih kuat yang disebut dengan gigi tetap atau Gigi dewasa.

Jumlah gigi dewasa adalah 32 buah, dengan perincian 8 buah gigi seri, 4 buah gigi taring, 8 buah gigi geraham depan dan 12 gigi geraham belakang. Gigi geraham yang paling belakang disebut juga geraham bungsu, dan baru tumbuh pada usia antara 18 sampai 45 tahun atau tidak sama sekali. Tumbuhnya geraham bungsu dapat menimbulkan rasa sakit.

Lidah mempunyai fungsi utama sebagai indra pengecap. Selain itu, lidah juga berfungsi dalam proses pencernaan makanan yaitu:
a. Untuk mengatur letak makanan dalam rongga mulut.
b. Membantu menelan makanan dan
c. Membantu gigi mencerna makanan secara mekanis.

Kelenjar ludah menghasilkan ludah saliva. Ludah mengandung air garam dan enzim ptialin. Fungsi enzim ini mengubah zat tepung menjadi zat gula. Ada tiga pasang kelenjar ludah yang bermuara pada rongga mulut yaitu:
a. Sepasang kelenjar ludah atas terdapat di bawah telinga.
b. Sepasang kelenjar ludah bawah terletak di bawah tulang rahang bawah dan
c. Tiga pasang kelenjar ludah yang terletak di bawah lidah.

2. Kerongkongan
Setelah dikunyah, makanan akan ditelan dan bergerak melalui terowongan menuju lambung. Kerongkongan merupakan saluran penghubung rongga mulut dan lambung. Sebelum memasuki kerongkongan, makanan melewati faring. Di dalam kerongkongan makanan tidak mengalami pencernaan.

Kerongkongan memiliki otot-otot melingkar. Pada waktu menelan makanan, bagian kerongkongan yang berada tepat di muka makanan mengendur, sedangkan bagian kerongkongan yang tepat dibelakang makanan berkontraksi atau mengerut. Akibatnya makanan terdorong ke bawah menuju kelambung. Gerak di dinding kerongkongan pada waktu menelan makanan disebut dengan gerak peristaltik. Gerak seperti meremas-remas. Gerak peristaltik seperti itu juga terjadi di lambung dan usus.


3. Lambung
Setelah melewati kerongkongan, makanan mencapai lambung. Lambung adalah kantong besar yang terletak di bagian atas rongga perut sebelah kiri.  Di dalam lambung makanan mengalami pencernaan secara mekanis dan kimiawi. Dinding lambung melakukan pencernaan mekanis dengan berkontraksi sehingga makanan teratur dan akibatnya makanan saling bergeser dan menjadi halus.

Dinding lambung menghasilkan getah lambung yang terdiri atas asam lambung, enzim pepsin, renin dan lendir.

a. Asam lambung atau atau hidroksida berfungsi membunuh kuman yang masuk bersama makanan. Juga berfungsi mengaktifkan pepsinogen dan mengasamkan makanan agar mudah dicerna.
b. Pepsinogen setelah bereaksi dengan asam hidroksida akan berubah menjadi pepsin. Pepsin berfungsi mengubah protein menjadi molekul yang lebih kecil yang disebut dengan pepton.
c. Renin berfungsi mengendapkan protein susu yang terdapat di dalam air susu.

4. Usus Halus
Merupakan saluran pencernaan yang paling panjang berukuran sekitar lima setengah hingga 7 meter. Dan usus harus pada orang dewasa lebih kurang 37 MM. Usus halus terdiri 3 bagian, yaitu usus 12 jari, usus kosong dan usus penyerapan. Pada usus jari bermuara Dua buah saluran yaitu saluran dari empedu dan sayuran yang berasal dari pankreas. Saluran yang berasal dari empedu menghasilkan cairan empedu yang dihasilkan oleh hati yang mengemulsikan lemak. Saluran yang berasal dari pankreas menghasilkan getah pankreas.

Getah prankreas Mengandung tiga macam enzim yaitu enzim amilase, enzim tripsin dan enzim lipase. Enzim amilase berfungsi mengubah zat tepung menjadi zat gula. Enzim tripsin dan kimotripsin berfungsi mengubah protein menjadi asam amino. Enzim lipase berfungsi mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol.

5. Usus Besar
Bagian terakhir saluran pencernaan  adalah usus besar  yang memiliki panjang sekitar setengah meter dan lebarnya 5 hingga 8 cm. Usus besar mempunyai bagian yang naik, mendatar dan menurun. Pada usus  besar terdapat bagian yang disebut dengan usus buntu. Pada ujung usus buntu terdapat umbai cacing.

enzim pada sistem pencernaan manusia dan fungsinya, bagian-bagian sistem pencernaan manusia dan fungsinya, organ penyusun sistem pencernaan manusia dan fungsinya, sistem pencernaan manusia serta fungsinya, sistem pencernaan manusia lengkap dengan fungsinya sistem pencernaan pada manusia beserta gambar dan fungsinya, urutan sistem pencernaan pada manusia dan fungsinya
 enzim pada sistem pencernaan manusia dan fungsinya, bagian-bagian sistem pencernaan manusia dan fungsinya, organ penyusun sistem pencernaan manusia dan fungsinya, sistem pencernaan manusia serta fungsinya, sistem pencernaan manusia lengkap dengan fungsinya sistem pencernaan pada manusia beserta gambar dan fungsinya, urutan sistem pencernaan pada manusia dan fungsinya
Fungsi usus besar adalah menyerap air dan mineral yang terdapat pada sisa-sisa makanan. Di dalam usus besar hidup bakteri pembusuk yang membusukan sisa-sisa makanan. Kebusukan ini membantu mempermudah pengeluaran sisa-sisa makanan. bagian akhir dari usus besar disebut rektum, sisa-sisa makanan yang tidak tercerna setelah masuk rektum akan disimpan sementara dan selanjutnya dikeluarkan melalui anus.

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.