, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Recycled #3 : Tutup Botol Bekas

 Recycled #3 : Tutup Botol Bekas

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Recycled #3 : Tutup Botol Bekas
    
Assalamu'alaikum Wr.Wb

Tidak terasa, sebentar lagi bulan Ramadhan tiba. Semoga kita semua di beri umur panjang, sehingga bisa berjumpa dengan bulan yang penuh kemuliaan dan keberkahan tersebut, dalam keadaan sehat tentunya. Aaamin ^^

Sejak dulu, saya tertarik hal-hal yang berkaitan dengan recycle atau upcycle. Saya bahkan ingin mengembangkan usaha yang memanfaatkan sampah. Tapi, karena belum tahu harus memulai dari mana dan membuat apa, saya hanya mengumpulkan sampah dan rongsokan yang menurut saya menarik dan yakin suatu saat akan terpakai. Setelah sekian lama, akhirnya bisa terwujud. Ada kesempatan memikirkan dan berkreasi menggunakan "sampah-sampah" tersebut. Ternyata....lebih sulit memikirkan "sampah ini bisa menjadi apa?" daripada membuat sebuah desain baru, dengan material yang sepenuhnya baru. Jadi, jangan anggap remeh para seniman/crafter/pengusaha yang menggunakan "sampah" sebagai bahan bakunya ya (salut untuk mereka). Kalau sudah mendapat ide dan tercipta desainnya memang..selanjutnya lebih mudah. Tapi, ketika masih berupa barang mentah...mikirnya lama. Harus dipelototin juga... (itu cara saya sih...hehehehe). Meskipun lebih pusing daripada memikirkan desain paket belajar baru, tapi ternyata saya lebih menyukainya :)

Nah, sesuai dengan obrolan di atas...sudah bisa di tebak. Kali ini saya akan berbagi tutorial lagi (Harusnya selang-seling, tutorial, artikel, tutorial, artikel, dst. Ide tulisan sedang macet -_____- )

Kemarin, saya membuat boneka (celangan) dari botol. Sekarang, saya membuat kreasi dari tutup botolnya. Tutup botol apa saja, asal bulat. Ukurannya juga bebas. Polanya? Membuat sendiri dong, sangat mudah kok :)

Aneka tutup botol minuman dan tinta
1. Bahan yang kita perlukan hanya kain flanel, tutup botol bekas, dan karton kemasan.

Buat lingkaran yang diameternya lebih besar dari tutup botol di atas karton kemasan bekas. Potong lingkaran tersebut.
2. Potong flanel untuk melapisi tutup botol dan lingkaran karton.

Ukur tinggi tutup botol
dan jiplak lingkaran tutup botol.

JANGAN jiplak lingkaran tutup botol dengan posisi seperti di atas. Karena nanti hasilnya akan kekecilan.
Hasil jiplakan di atas kain flanel
 3. Mulai menjahit....
Balut tutup botol dengan kain flanel

Jahitnya menggunakan tusuk apa? BEBAS! Jahit menggunakan tusuk apa saja yang menurut teman-teman paling mudah dan paling mahir. Atau, di lem saja juga oke.

Jahit feston/tusuk lain/di lem.

Beri lem pada tutup botol. Masukkan pada kain flanel yang sudah di jahit.
Pada saat mempraktekkan cara tersebut, saya rasa ada sedikit kesalahan. Karena kain flanel yang sudah terkena lem, akan segera menempel pada tutup botol, sehingga sulit di geser pada posisi yang tepat. Cara selanjutnya saya mencoba memasukkan tutup botol pada kain flanel tanpa di lem. Baru setelah itu, saya beri lem pada pinggir tutup botolnya (mulut tutup botol). Hasilnya lebih rapi dan mudah.

Bagian tutup botol selesai...
4. Membalut lingkaran karton.
Jiplak lingkaran karton di atas kain flanel sebanyak 2 buah. Potong...

Beri lem pada karton, tempelkan kain flanel pada sisi atas dan bawah kain flanel
 *Supaya kain flanel bisa di jahit tanpa menembus karton, saya potong sedikit lingkaran kartonnya, sehingga ukurannya lebih kecil beberapa mili di banding lingkaran flanelnya.

Jahit feston sekeliling lingkaran. Tempelkan tutup botol tepat di tengah lingkaran. Sudah menyerupai bentuk topi kan?
5. Saatnya menghias.....
Siapkan bahan-bahan yang teman-teman miliki. Terutama pita. Pita satin adalah pita favorit saya, selain karena harganya murah, pita satin selalu bisa saya andalkan ketika menghias sesuatu, dan tampilannya yang mengkilap membuat barang menjadi tampak elegan ^^

Pita satin 1/8 inch, mutiara renteng, aplikasi bunga

Dua potong pita satin 1/8 inch. Satu untuk membalut sambungan antara tutup botol dan karton. Satu lagi untuk pita.

Cantik....





Contoh Pemakaian :
Aplikasi topi ini bisa kita jadikan bros, bando, karet rambut, jepit rambut, gantungan kunci, dll. Menarik kan? ^^ Hati-hati, ketagihan! Karena proses pembuatannya sangat cepat dan mengasyikkan, terutama pada saat menghias topinya...


Selamat berburu tutup botol... ;)



buka mesin jahit : http://www.nupinupi.com/2013/07/kreasi-barang-bekas-3.html

0 komentar:

Post a Comment