Makalah Kewirausahaan mengenai Kerajinan Bahan Lunak

 Makalah Kewirausahaan mengenai Kerajinan Bahan Lunak

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Makalah Kewirausahaan mengenai Kerajinan Bahan Lunak

makalah pembuatan kerajinan bahan lunak - Kewirausahaan
Makalah mengenai Kerajinan Bahan – Bahan Lunak

 
KARYA TULIS
Diajukan untuk Melengkapi Tugas Kewirausahaan
Disusun oleh:
Eka Puput Dewantari
XI – RPL 1
SMK NEGERI 1 CIBINONG
Jalan Karadenan No.7
Jawa Barat
2015

Kata Pengantar
Puji dan Syukur senantiasa kita panjatkan atas kehadirat Tuhan yang Maha Esa, dengan ilmu-Nya yang Maha Luas, serta kemurahan hati-Nya, hingga makalah Kewirausahaan mengenai “KerajinanBahan – BahanLunak” dapat terselesaikan tepat waktunya. Makalah ini dibuat dalam rangka menyelesaikan tugas penulis. Sebelumnya penulis haturkan terimakasih penulis kepada:
a.      Orang tua penulis, yang senantiasa member dukungan dalam segala bentuk, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini.
b.      Bapak Slamet Riyadi, selaku guru serta pembimbing penulis dalam bidang pelajaran “Kewirausahaan”
c.       Teman – teman yang selalu memberi dukungan, baik langsung maupun sedemikiannya.
“Tiada gading yang tak retak” Penulis menyadari bahwa tugas ini jauh dari sempurna dan apabila ada penulisan yang salah, mohon untuk dimaafkan. Makalah ini sangat terbuka dan perlu terus dilakukan perbaikan untuk penyempurnaan. Oleh karena itu, penulis mengundang para pembaca memberikan kritik, saran dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas kontribusi tersebut penulis mengucapkan terimakasih. Kritik dapat disampaikankan kepada penulis melalui account e-mail ekapuputd@gmail.com . Sekira cukup disini segala yang penulis sampaikan.

Cibinong, Agustus 2015
                                                                                                                        Penulis

Eka Puput Dewantari

DAFTAR ISI
                                                                                                                                Halaman
Halaman Judul.................................................................................................. 1
Kata Pengantar................................................................................................. 2
Daftar Isi........................................................................................................... 3

BAB I PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang Penulisan.............................................................. 1
1.2    Sistematika Penulisan................................................................... 2
BAB II   PEMBAHASAN
2.1 . Pengertian dari Kerajinan ............................................................ 6
2.2.. Pengertian dari Kerajinan Bahan Lunak  .................................... 8
2.3.. Contoh Kerajianan Bahan Lunak  ................................................. 11
2.4   Kerajinan Bahan Semi Kertas ....................................................... 13
2.5   Contoh Kerajinan Bahan Semi Kertas .......................................... 13
2.6   Sejarah Sabun  .............................................................................. 14
2.7   Kerajinan Dari Sabun................................................................     15
2.8    Tutorial Membuat Bunga dari Sabun.......................................... 15
    BAB III  PENUTUP
3.1    Kesimpulan.................................................................................... 19
3.2    Saran............................................................................................. 19
DAFTAR PUSTAKA


Bab 1
PENDAHULUAN
1.1             Latar Belakang
Pada jaman modern saat ini, kita sebagai warga Negara Indonesia dituntut untuk lebih memiliki tingkat kreatifitas yang tinggi, sehingga pada saat migrasi warga negara asing di Indonesia kita tidak menjadi tamu dirumah kita sendiri.Salah satu yang dapat dikembangkan oleh kita selaku putra – putri bangsa untuk mengenalkan beberapa kerajinan khas Indonesia.Salah satunya memalalui pembelajaran & praktek mengenai kerajinan bahan lunak.Kerajinan sendiri berarti barang/benda yang dihasilkan oleh keteramplan tangan.Kerajinan terbuat dari berbagai bahan.Sedangkan kerajinan bahan lunak ialah produk kerajinan yang menggunakan bahan dasar yang bersifat lunak.
Pada makalah ini akan dibahas tentang pengertian, contoh, serta praktek untuk menghasilkan kerajinan bahan perangkat lunak. Sebagaimana kita ketahui Indonesia memiliki banyak bahan baku yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan sebuah produk kerajinan yang menguntungkan. Sehingga dapat membangkitkan jiwa pengusaha dalam diri kita.Baiknya menjadi wirausahawan adalah kita mampu membuka lapangan kerja bagi lingkungan sekitar dan mengurangi pengangguran.Kerajinan bahan lunak dapat dijadikan pembukan usaha kita dalam menjadi wirausahawan.


1.2      Sistematika Penulisan
Dalam penyusunan Penulisan Ilmiah, penyusun membagi kedalam bab dan subbab. Pembagian bab-bab tersebut adalah sebagai berikut :
BAB I  PENDAHULUAN
Bab ini menjelaskan tentang latar belakang penulisan, rumusan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan dan sistematika penulisan.
BAB II  PEMBAHASAN
Pada bagian ini penyusun menjelaskan mengenai pengertian kerajinan, kerajinan bahan lunak, contoh kerajinan bahan lunak, serta tutorial membuat sebuah produk kerahinan bahan lunak.
BAB III  PENUTUP
                                    Pada bab ini diuraikan kesimpulan mengenai kerajinan bahan lunak.
Daftar Pustaka


Bab 2
PEMBAHASAN
2.1      Pengertian dari Kerajinan
 Kerajinan adalah sebutan bagi suatu benda hasil karya seni manusia. Kata    “kerajinan” berasal  dari kata “rajin” yang artinya barang/benda yang dihasilkan  oleh keteramplan tangan. Kerajinan terbuat dari berbagai bahan. Dari kerajinan ini menghasilkan hiasan atau benda seni maupun  barang pakai. Biasanya istilah ini diterapkan untuk cara tradisional dalam membuat sesuatu.
Nilai – nilai yang dibutuhkan untuk membuat suatu kerajinan adalah memiliki kecakapan, keahlian, penguasaan dalam proses pembuatan produk, dan kreatifitas/imajinasi.
            Kerajinan terdiri dari 2 jenis yaitu :
1.      Kerajinan bahan alam
Kerajinan bahan alam merupakan kerajinan yang terbuat dari bahan ala, atau bahan dasarnya bahan – bahan alam seperti : Serat alam, bambu, rotan.
2.      Kerajian bahan buatan
Kerajinan bahan buatan merupakan kerajinan yang terbuat dari bahan buatan seperti : plastic, gips, sabun, lilin, dan lain – lain.

Beda kerajinan dan pabrik :
-          Kerajinan                           : Dibuat dengan tangan.
-          Pabrik                                : Dibuat dengan mesin
Jenis – jenis produk kerajinan yang berasal dari Indonesia :
a.      Rotan

b.      Batik

c.       Kayu
d.      Logam


2.2             Pengertian dari Kerajinan Bahan Lunak
Kerajinan dari bahan lunak merupakan produk kerajinan yang menggunakan bahan dasar yang bersifat lunak, bberapa bahan yang lunak dalam pembuatan produk kerajinan yaitu :
Ø  Bahan Lunak Alami.
Bahan Lunak Alami adalah bahan lunak yang diperoleh dari alam sekitar dan cara pengolahannya juga secara alami tidak dicampur maupun dikombinasi dengan bahan buatan lainnya.
Contohnya : Tanah liat, serat alam, kulit.

Ø  Bahan Lunak Buatan
Bahan Lunak Buatan adalah bahan untuk karya kerajinan yang diolah menjadi lunak . Bahan – bahan yang digunakan bisa berupa bubur kertas, gips, fiberglass, lilin, spons, sabun, dan lain – lain.

2.3                Contoh Kerajinan Bahan Lunak
Produk kerajinan dari bahan lunak sangat beragam, mulai dari karya kerajinan yang digunakan untuk kebutuhan fungsi pakai dan karya kerajinan untuk hiasan.
a.      Kerajinan Tanah Liat
Kerajian yang terbuat dari bahan liat sering dikenal orang dengan kerajinan keramik . Kerajinan keramik adalah karya kerajinan yang menggunakan bahan baku dari tanah liat yang melalui proses sedemikian rupa (dipijat, butsir, pilin, pembakaran dan glasir) Contoh : Gerabah, vas/guci , piring. Indonesia memiliki aneka ragam hias yang ditampilkan.

b.      Kerajinan Serat Alam
Bahan – bahan serat alam dapat menghasilakan kerajinan tangan yang beranekaragam, misalnya tas, topi, dompet, alas meja, tempat lampu Sebagian besar, pembuatan kerajinan dari serat alam adalah dengan cara menganyam.

c.       Kerajinan Kulit
Kerajinan ini menggunakan bahan baku dari kulit yang sudah disamak, kulit mentah atau kulit sintetis. Contoh : Tas, Sepatu, Dompet, Jacket, Wayang. Kulit yang digunakan adalah kulit hewan, yaitu sapi, kambing, kerbau, buaya, dan lain – lain.

d.      Kerajian Gips
Kerajinan Gips merupakan bahan mineral yang tidak larut dengan air dalam waktu yang lama jika sudah menjadi padat. Kandungan gips terdiri dari jenis zat hidrat kalsium sulfat dan beberapa mineral brupa karbonat, borat, nitrat, sulfat. Secara umum untuk membuat produk gips diperlukan cetakan. Bahan utama pembuatan cetakan adalah silicon rubber, tetapi yang paling gampang dan mudah dicari adalah plastisin atau tanah liat.Fungsi kerajinan dari gips biasanya dapat berupa hiasan dinding, mainan, dan sebagainya.

e.      Kerajinan Lilin
Pembuatan kerajinan lilin cukup sederhana dan mudah, dapat dilakukan semua orang. Jika kita mau mengubah bentuk menjadi banda kerajinan yang unik, kita perlu melakukan pencairan dengan proses pemanasan atas api.

f.        Kerajianan Sabun
Kerajianan dari sabun sangan unik. Sabun dapat diolah dengan 2 cara. Cara pertama yaitu mengukir sabun, cara kedua yaitu membentuk sabun seperti memarut, mencairkan.
images.jpeg
Gambar 2.3 Bunga dari Sabun
2.4      Kerajian Bahan Semi Kertas
Bahan semi kertas adalah bahan yang sifatnya tidak kreasnak, tetapi juga tidak keras.Contoh kerajian dari bahan semi kertas yaitu hiasan dari foam atau gabus, kreasi bunga dari kertas dan kelobot jagung, serta kreasi benda pakai dari kain perca.



2.5        Contoh Kerajinan Bahan Semi Kertas
Ø  Styrofoam umumnya bisa digunakan lagi tergantung dari bentuk dan ukurannya seperti menjadi bahan baku dekorasi hiasan acara pesta pernikahan hingga pada ukuran terkecul pun bisa digunakan. Bekas tempat makanan atau minuman bisa dipergunakan sebagai tempat mefia pembibitan tanaman terutama bagi yang tidak mempunyai cukup lahan untuk menekuni hobi sekaligus bisnis tanaman.

Ø  Selain bisa digunakan untuk bahan makanan, kulit jagung yang seringnya dibuang bisa juga kita manfaatkan menjadi bunga nan indah yang dibutuhkan disini. Hanya kreatifitas dan imajinasi. Kertas juga dapat dibuat kerajinan tangan berupa bunga, memang selalu cantik saat dipajang, dan ditempatkan sebagai hiasan bahkan dapat mempercantik ruangan atau rumah tersebut,dapat juga digunakan sebagai pajangan dindingyang unik dan lucu.
Ø  Kain perca adalah kain sisa guntingan yang bersala dari pembuatan pakaian, kerajinan atau bahan produk tekstil lainnya. Jahit perca adalah menggabungkan potongan – potongan kain perca dengan cara dijahit tangn atau mesin jahit sesuai rencana.


2.6      Sejarah Sabun
Sabun berasal dari bahasa India adalah surfaktan yang digunakan dengan air untuk mencuci dan membersihkan .Sabun biasanya berbentuk padatan tercetak yang disebut batang karena sejarah dan bentuk umumnya.Banyak sabun merupakan campuran garam natrium atau kalium dari asam lemak yang dapat diturunkan dari minyka atau lemak dengan direaksikan dengan alkali.
Benda mirip sabun ditemukan dalam bentuk tabung saat penggalian di Babilonia Kuno adalah fakta tentang pembuatan sabun diketahui pada tahun 2800 SM. Persembahan ditabung mengatakan bahwa lamak direbus dengan abu, dimana adalah metoda  membuat sabun , tetapi tidak mengenai kegunaan sabun. Beberapa bahan terakhir digunakan untuk penggaya rambut.

2.7      Kerajinan Sabun
Kerajinan sabun adalah bentuk jenis kerajina hias yang menggunakan sabun batangan atau sabun padat sebagai bahan dasarnya melalui proses ukir berbentuk ikan yang mudah cara pembutannya. Sabun padat dipilih sebagai bahan utama untuk membuat kerajinan rumah karena sabun sangat mudah dibentuk seta mempunyai bau yang harum.Beberapa contoh kerajinan dari sabun adalah kerajinan berbentukan, bunga, buah, dan bentuk ukiran.
Secara umum manfaat dari sabun mandi adalah membersihkan badan dan mengharumkan badan kita saat mandi. Selain itu ada lagi  manfaat lain dari sabun mandi yakni untuk hiasan rumah atau sebagai buah tangan.

2.8      Tutorial membuat bunga dari sabun
Ø  Parut sabun mandi menggunakan parutan keju.

Ø  Setelah itu masukkan parutan sabun kedalam mangkok campur dengan tepung tapioca, kemudian aduk hingga merata.

Ø  Pisahkan adonan yang sudah tercampur menjadi 2 bagian. Pada bagian yang satu masukkan pewarna hijau dan pada bagian yang kedua masukkan pewarna merah.



Ø  Siapkan sumpit guna membentuk tangkainya.
Ø  Ambil adonan yang berwarna merah letakkan pada sumpit, setelah itu bentuk adonan tersebut seperti bunga.
Cetakan+Silikon+Kue+Tart++Kue+Ulang+Tahun+Motif+Bunga+Mawar.jpg
Gambar 2.8
Ø  Balut sumpit dengan adonan berwarna hijau sehingga menyerupai dahan
Ø  Lakukan hal itu hingga adonan anda habis.
Ø  Setelah selesai biarkan kerajinan tersebut hingga kering.
Ø  Setelah kering kerajinan bunga yang terbuat dari sabun tersebut bisa anda gunakan sebagai hiasan pada rumah anda.


Bab 3
PENUTUP
3.1      Kesimpulan
Kerajinan bahan lunak merupakan salah satu peluang kita untuk menjadi wirausahanwan sejak dini karena kita dapat memulainya dengan cara yang sederhana. Salah satunya ialah kerajinan bahan lunak dari sabun.Sabun merupakan perlengkapann sehari – hari yang dibutuhkan oleh semua manusia, oleh karenanya sabun dapat kita temui diberbagai tempat dengan banyak varian dan harga yang terjangkau, sehingga kita tidak menemukan kesulitan ketika mulai membuat kerajinan ini. Asalkan kita memiliki tekad yang kuat serta tidak mudah putus asa dalam memulai usaha ini maka kita akan menjadi irausahawan yang sukses.



3.2      Saran
Kerajinan bahan lunak dapat kita produksi untuk menjadi berbagai macan kerajinan bahan lunak.TInggal dibutuhkan semangat dan kreatifitas untuk melahirkan kerajinan bahan lunak yang digemari oleh banyak orang

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  makalah pembuatan kerajinan bahan lunak

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang 20 Kado Pernikahan Yang Unik Dan Menarik Untuk Pengantin Baru

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://ekapuputd.blogspot.co.id/2015/11/makalah-kewirausahaan-mengenai.html

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.