PANDUAN PELAKSANAAN KURIKULUM PENDIDIDKAN KHUSUS
PANDUAN PELAKSANAAN KURIKULUM PENDIDIDKAN KHUSUS |
macam tusuk hias - Mata Pelajaran : Keterampilan Produktif
Paket Keterampilan : Kerumahtanggaan
Jenis Keterampilan : Tata Busana
SEKOLAH MENENGAH ATAS LUAR BIASA
TUNALARAS
(SMALB-E)
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
DIREKTORAT JENDERAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
DIREKTORAT PEMBINAAN SEKOLAH LUAR BIASA
2006
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
Satuan Pendidikan : SMALB - C
Mata Pelajaran : Keterampilan Tata Busana
A. Latar Belakang
1. Program keterampilan merupakan pengembangan kurikulum Pendidikan khusus yang didasarkan pada pertimbangan penyesuaian kurikulum berbasis kompetensi, mengacu pada ketentuan-ketentuan undang-undang sistim pendidikan Pendidikan Nasional tahun 2003 serta perkembangan yang terjadi pada sektor ketenagakerjaan.
2. Program keterampilan memuat materi yang dapat diberikan untuk mendidik dan melatih dari satu jenis keterampilan atau lebih, dimana Pendidikan keterampilan ini diharapkan dapat menolong diri sendiri maupun sebagai bekal hidup di masyarakat
3. Melalui Pendidikan dan pelatihan keterampilan, dapat memberikan Kegiatan Pembelajaran yang bermakna, baik pengalaman konseptual apresiatif maupun pengalaman kreatif
B. Tujuan
Tujuan umum Pendidikan Keterampilan Kerumahtanggaan adalah :
1. Mengembangkan keterampilan siswa untuk menghasilkan produk barang dan jasa yang memiliki nilai ekonomis (nilai jual) dengan menerapkan ilmu dan teknologi sederhana
2. Menyiapkan siswa agar mampu menolong diri sendiri, mampu memilih bidang pekerjaan, mampu berkompetisi dan mampu mengembangkan diri
3. Mempersiapkan siswa untuk memiliki lapangan kerja dan mengembangakan sikap professional di bidang keterampilan yang dipilihnya
Tujuan khusus Pendidikan Keterampilan Kerumahtanggaan adalah memberikan bekal agar siswa memiliki kompetensi di bidang tata busana, tata boga dan tata kecantikan yang sesuai dengan jenis ketunaan dan jenjang pendidikannya, dalam hal ini SMA Khusus
C. Ruang Lingkup
1. Ruang lingkup Pendidikan Keterampilan Kerumahtanggaan meliputi kompetensi-kompetensi yang ada di bidang tata busana, tata boga dan tata kecantikan dengan dipilih jenis keterampilan yang mungkin dapat dicapai oleh siswa SMA Khusus (anak-anak yang memiliki kekhususan tertentu)
2. Untuk mencapai suatu kompetensi, maka proses pembelajaran setiap jenis keterampilan dipersyaratkan dengan memperhatikan aspek pengetahuan, aspek keterampilan dan aspek sikap yang diintegrasikan pada setiap pembahasan materi yang ada pada setiap jenis keterampilan yang dilatihkan
Secara umum Pendidikan Keterampilan Kerumahtanggaan meliputi aspek :
1. Menyiapkan perangkat kerja sesuai dengan jenis keterampilan
2. Melaksanakan kesehatan, keselamatan kerja (K3)
3. Menggunakan teknologi sederhana
4. Menerapkan pemasaran hasil produk barang dan jasa
5. Mengaktualisasikan sikap bekerja, seperti keterampilan berkomunikasi dengan orang lain, bekerjasama, mematuhi prosedur kerja, mengorganisasikan pekerjaan dan dapat memecahkan masalah yang dihadapi
6. Melaksanakan berkemas setelah bekerja
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Mengikuti Prosedur Kesehatan K3 (Kesehatan Keselamatan dan Keamanan) dalam bekerja 1.1 Membantu menangani situasi darurat
1.2 Menjaga standar prestasi perorangan yang aman
2. Menjahit dengan mesin sesuai kemampuan 2.1 Mengoperasikan mesin jahit yang siap dipakai
2.2 Membuat lenan rumah tangga
2.3 Menjahit bagian – bagian busana
Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
3. Menyelesaikan busana dengan jahitan tangan 3.1 Menyelesaikan jaitan tangan dengan teknik jahitan tangan, contoh:
Membuat rumah kancing
Pasang kancing, mengelim
Som
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Membuat hiasan pada busana/lenan rumah tangga
Menyulam
Payet
1.1 Memindahkan desain gambar pada busana
1.2 Menghias busana / lenan rumah tangga
Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
2. Memelihara alat jahit
1. Memelihara mesin jahit dan alatnya sasuai kemampuan yang dimiliki
Kelas XII, Semester 1, 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Melakukan Penyelesaian Akhir Busana 1.1 Membersihkan sisa-sisa benang
1.2 Teknik menyetrika pada berbagai jenis / bahan
1.3 Teknik mengemas, melipat, menggantung
1.4 Teknik menyimpan busana
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi unit penilaian dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan standar proses dan standar penilaian.
MODEL SILABUS
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Tunagrahita Ringan (SMALB-C)
Mata Pelajaran : Keterampilan Vokasional
Paket Keterampilan : Kerumahtanggaan
Jenis Keterampilan : Tata Busana
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi : Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja (K3) dalam bekerja
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pengalaan Belajar
Indikator
Jenis Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Bahan / Alat
1 2 3 4 5 6 7
1. Membantu menangani situasi darurat. Teknik mengatasi situasi darurat di dalam bekerja
• Menerapkan penanganan situasi darurat
• Memeriksa alat jahit berhubungan dengan listrik Menunjukan situasi darurat ditempat kerja
Unjuk kerja 20 jam • Buku Pedoman K 3
• Pakaian kerja
2. Menjaga prestasi perorangan yang aman
Kesehatan pribadi • Memahami pengetahuan tentang kesehatan jasmani
• Memahami prinsip bekerja dengan aman
• Menyebutkan pentingnya lingkungan kerja yang bersih
Dapat menjaga kesehatan pribadi
40 jam
MODEL SILABUS
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Tunagrahita Ringan (SMALB-C)
Mata Pelajaran : Keterampilan Vokasional
Paket Ketrampilan : Kerumahtanggaan
Jenis Keterampilan : Tata Busana
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi : Menjahit dengan mesin sesuai kemampuan
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Jenis Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Bahan / Alat
3. Mengoperasikan mesin jahit yang siap pakai Mengoperasikan mesin jahit • Menjahit lurus
• Menjahit sudut
• Menjahit lengkung Mesin jahit dioperasionalkan sesuai prosedur SOP Unjuk kerja 124 jam • Mesin jahit
• Alat-alat menjahit
• Buku pedoman
4. Membuat lenan rumah tangga/busana sederhana
Menjahit lenan rumah tangga
• sarung bantal
• seprai
• celmek
• daster
• dll • Mencoba setrika mesin
• Menjahit lenan rumah tangga sesuai prosedur Lenan rumah tangga dijahit sesuai prosedur 120 jam Membuat lenan rumah tangga
5. Menjahit bagian-bagian busana sesuai teknologi menjahit • Langkah kerja menjahit
• Sikap kerja yang baik Menjahit bagian-bagian busana sesuai SOP Bagian-bagian busana dijahit sesuai urutan kerja 100 jam • Bagian-bagian busana
• Peralatan menjahit
MODEL SILABUS
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Tunagrahita Ringan (SMALB-C)
Mata Pelajaran : Keterampilan Vokasional
Paket Ketrampilan : Kerumahtanggaan
Jenis Keterampilan : Tata Busana
Kelas/Semester : X / 2
Standar Kompetensi : Menyelesaikan busana dengan jahitan tangan
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Jenis Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Bahan / Alat
1 2 3 4 5 6 7
Menyelesaikan jahitan tangan dengan teknik yang tepat
1. • Macam-macam alat jahit tangan
• Macam-macam tusuk kelim
• Lubang kancinng
• Pasang kancing • Menyebutkan macam-macam alat jahit tangan
• Membuat kelim
• Membuat lubang kancing
• Memasang kancing • Tempat dan alat kerja disiapkan sesuai kebutuhan
• Busana diselesaikan dengan jahitan tangan sesuai prosedur • Tes tertulis
• Unjuk kerja 304 jam Peralatan jahit tangan
Pedoman menyelesaikan busana dengan jahitan tangan
MODEL SILABUS
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Tunagrahita Ringan (SMALB-C)
Mata Pelajaran : Keterampilan Vokasional
Paket Ketrampilan : Kerumahtanggaan
Jenis Keterampilan : Tata Busana
Kelas/Semester : XI / 1
Standar Kompetensi : Membuat hiasan pada busana
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Jenis Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Bahan / Alat
1 2 3 4 5 6 7
1. Memindahkan desain gambar pada busana
2. Mengutip gambar Mengutip desain hiasan Desain hiasan dikutip sesuai kebutuhan Unjuk kerja 104 jam Pemidangan
Peralatan jahit tangan
Pedoman menghias kain
2. Menyelesaikan hiasan
• Menyulam sederhana
• Taplak meja
• Blus
• Rok
• Baju bayi Teknik menyulam/menghias kain Menyelesaikan hiasan pada busana dengan tusuk hias sesuai desain Busana diselesaikan dengan tusuk hias 200 jam
3. Mengemas hasil hias Teknik mengemas sesuai jenis busana • Menyiapkan alat dan bahan untuk mengemas
• Mengemas dengan teknik pengemasan Busana dikemas sesuai teknik pengemasan Unjuk kerja 80 jam Alat pengemas
Buku petunjuk pengemasan
MODEL SILABUS
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Tunagrahita Ringan (SMALB-C)
Mata Pelajaran : Keterampilan Vokasional
Paket Ketrampilan : Kerumahtanggaan
Jenis Keterampilan : Tata Busana
Kelas/Semester : XI / 2
Standar Kompetensi : Memelihara alat jahit
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Jenis Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Bahan / Alat
1 2 3 4 5 6 7
1. Menyiapkan tempat alat perawatan mesin jahit
3. Tata letak kerja dan alat menjahit • Menyiapkan alat dan tempat kerja
• Teknik mengatur peralatan di tempat yang aman
• Memilih alat dan bahan pemeliharan alat jahit • Membantu menyiapkan tempat kerja sesuai K 3
• Membantu menyiapkan alat jahit dan alat bantu jahit sesuai SOP
• Membantu menyiapkan bahan dan alat peme liharaan alat jahit Praktik 100 jam Mesin jahit
Alat perawatan mesin jahit
2. Memelihara, memperbaiki dan menyimpan alat jahit dan alat bantu jahit lainnya Teknik memelihara, memperbaiki dan menyimpan alat jahit dan alat bantu jahit • Perawatan mesin secara rutin
• Perawatan mesin jahit secara berkala
- Membersihkan debu dengan kuas
- Memberi minyak pada mesin
• Mencatat kerusakan pada kartu mesin
• Mencatat tannggal perbaikan pada kartu mesin • Alat jahit diperiksa dan dilakukan pencatatan tentang kondisi alat
• Membantu alat jahit dalam perbaikan jika terjadi kerusakan kecil
• Membantu pemeriksaan alat jahit jika terjadi kerusakan
• Membantu penyimpanan peralatan mesin jahit Unjuk kerja 284 jam Mesin jahit dan bahan
Alat perawatan mesin jahit
MODEL SILABUS
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Tunagrahita Ringan (SMALB-C)
Mata Pelajaran : Keterampilan Vokasional
Paket Ketrampilan : Kerumahtanggaan
Jenis Keterampilan : Tata Busana
Kelas/Semester : XII / 1 dan 2
Standar Kompetensi : Melakukan penyelesaian akhir busana
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Jenis Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Bahan / Alat
1 2 3 4 5 6 7
1. Teknik menyetrika pada berbagai jenis bahan
• Menyetrika dengan setrika biasa
• Menyetrika dengan setrika uap • Menyiapkan tempat
• Membasahi baju/lenan rumah tangga
• Menyetrika baju/lenan rumah tangga dengan setrika biasa • Busana disetrika sesuai SOP dengan setrika biasa
• Busana disetrika sesuai SOP dengan setrika uap • Unjuk kerja
• Hasil produk 180 jam Baj/bahan
Alat pengemasan
2. Teknik mengemas Mengemas dengan cara
- digantung
- dilipat
- digulung • Menyiapkan bahan dan alat pengemas baju
• Mengemas baju sesuai teknik pengemasan berdasarkan desain Busana/lenan rumah tangga dikemas sesuai teknik mengemas 80 jam
3. Teknik menyimpan busana Teknik penyimpanan sesuai jenis bahan • Menyiapkan tempat dan alat untuk menyimpan
• Menyimpan busana/lenan rumah tangga berdasarkan jenis bahan
• Memberi catatan pada bahan/busana yang disimpan
- Ukuran
- Nama pemesan Busana lenan rumah tangga disimpan berdasarkan klasifikasi Unjuk kerja 80 jam Alat dan bahan penyimpan busana/lenan rumah tangga
Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang macam tusuk hias
, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang PELATIHAN QUILTING DENGAN MEMANFAATKAN LIMBAH KAIN SEBAGAI PELUANG USAHA BAGI REMAJA PUTRI DAN WANITA
. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : https://yuswan62.files.wordpress.com/2013/11/tatabusana-smalb-c
0 komentar:
Post a Comment