Inilah Penyebab Batik Tulis Mahal Harganya

 Inilah Penyebab Batik Tulis Mahal Harganya

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Inilah Penyebab Batik Tulis Mahal Harganya

Masyarakat Jawa sejak zaman dahulu telah memiliki sebuah tradisi yang saat ini telah mendapatkan pengakuan dari dunia internasional. Seni dan budaya tersebut adalah batik. Tradisi membuat batik ini telah diwariskan secara turun temurun dalam keluarga masyarakat jawa.

pembuatan batik tulis (aktual.com)
Saat ini batik telah menjadi sebuah tradisi yang sangat terkenal dan telah berkembang menjadi busana yang modern dan dipakai oleh masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan.

Pembuatan batik yang kita kenal saat ini dapat dibagi menjadi tiga kategori besar yaitu batik tulis, batik cap dan juga batik printing.

Ketiga jenis batik tersebut memiliki perbedaan dalam teknik pembuatan nya dan juga perbedaan dalam hasil akhir dari batik itu sendiri. Batik yang memiliki kualitas paling baik adalah seni batik tulis.

Teknik ini merupakan teknik batik yang asli dan hingga saat ini tidak memiliki perubahan dalam proses dan tahapan pembuatan nya.

Batik dengan kualitas yang berada di bawah batik tulis adalah batik cap. Jenis batik ini proses pembuatan nya mirip dengan batik tulis, namun menggunakan alat bantu yang berfungsi untuk men cap kain batik dengan pola yang diinginkan.

Proses pembuatan batik cap ini jauh lebih cepat daripada pembuatan batik tulis namun kualitas dari batik cap di bawah batik tulis. Batik yang paling rendah kualitas nya adalah batik printing. Batik ini sering juga disebut sebagai batik sablon, atau ada juga yang menyebutnya dengan kain motif batik. Hal ini disebabkan karena kain ini tidak diproses dengan cara pembuatan batik yang sebenarnya.

pembuatan batik printing (batikfilosofia.com)
Proses pembuatan batik printing ini dilakukan dengan menggunakan mesin sehingga membuat proses nya jauh lebih cepat dan dibuat dalam jumlah yang sangat banyak.

Harga dari ketiga jenis batik tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Batik yang paling tinggi harganya adalah batik tulis. Sementara batik yang paling rendah harganya adalah batik jenis printing.

Sebagian besar kain dan juga baju batik yang kita temui di pasaran adalah batik printing. Mungkin masih banyak orang yang bingung mengapa batik tulis itu harga nya sangat mahal.

Berikut ini beberapa penjelasan tentang mengapa batik tulis memiliki harga jual yang tinggi.


1.  Kain batik tulis dibuat dengan tangan manusia dalam seluruh prosesnya, baik itu menggambar motif hingga proses pewarnaan. Kain batik tulis ini dibuat motif dan juga pola nya melalui tangan tangan terampil para pengrajin batik sehingga terciptalah berbagai macam motif batik yang indah.
Proses pembuatan batik tulis yang dilakukan secara manual ini membuat batik tulis memiliki perbedaan antara satu sama lain. Hampir tidak ada batik tulis yang memiliki pola yang sama persis besarnya dan juga pola motif nya. Hal ini disebabkan oleh tangan manusia yang memberikan sentuhan berbeda pada batik tulis.
Proses pembuatan batik tulis ini tidak yang sama persis sehingga setiap kain batik tulis merupakan maha karya seni tersendiri.

2.  Proses pembuatan batik tulis ini menggunakan alat khusus yang bernama canting. Alat ini memiliki bentuk lancip di ujung nya dan memiliki tempat untuk menyimpan malam pada bagian atasnya. Alat unik ini dipakai oleh para seniman batik untuk membuat motif batik dengan cara menuliskan malam pada permukaan kain. Proses pemberian lilin malam ini dikenal juga dengan sebutan mencanting.
Dalam membuat motif batik diperlukan tingkat kesabaran, keuletan, dan juga ketelitian yang tinggi untuk dapat menghasilkan motif batik yang bagus dan indah. Proses yang unik ini tidak dapat dilakukan oleh semua orang, dan banyak yang tidak sabar atau kurang tekun dalam mengerjakannya. Hal ini lah yang membuat kain batik tulis menjadi sebuah karya seni yang bernilai tinggi.
Semakin indah dan rumit motif batik nya maka akan semakin mahal harga kain batik tersebut.

3.  Membuat batik tulis bukan lah sebuah proses yang dapat selesai dalam waktu satu hari saja. Proses yang dibutuhkan untuk membuat selembar kain batik tulis pada umumnya memerlukan waktu 1 hingga 6 bulan tergantung dari kerumitan motif batik nya dan juga proses pewarnaannya.

Pada umumnya semakin lama proses pembuatan batik tulis tersebut maka akan semakin indah hasilnya. Salah satu contohnya adalah batik gentongan dari Madura. Proses merendam kain batik dalam gentong dilakukan dalam waktu yang cukup lama. Gentong yang telah diberi air dan juga pewarna ini akan diletakkan di dalam ruangan tertutup.

Ruangan yang dipakai untuk menyimpan gentong tersebut harus benar-benar gelap. Para pengrajin batik akan mencelupkan kain di dalam air rendaman tersebut selama satu hari penuh dan proses ini akan dilakukan secara berulang kali selama 6 bulan.

Hasil dari warna kain batik gentongan ini memang berbeda dan membuat warna dari kain batik gentongan ini dapat bertahan dalam waktu yang sangat lama bahkan hingga puluhan tahun. Harga dari kain batik gentongan ini dijual dengan harga 2,5 juta hingga 5 juta rupiah untuk satu lembar kainnya.

4.  Para seniman batik yang membuat dan mengerjakan batik ini adalah orang-orang yang memiliki jiwa seni yang baik dan memiliki rasa cinta terhadap batik tulis. Proses pembuatan kain batik tulis yang rumit dan juga membutuhkan kesabaran yang tinggi ini memang harus dilakukan oleh orang yang sangat cinta terhadap seni batik dan memiliki jiwa seni yang juga tinggi.

Pada umumnya para seniman batik tulis ini mempelajari teknik pembuatan batik ini ada yang secara otodidak dan ada juga yang diwariskan secara turun temurun dalam keluarga mereka. Perlu proses yang cukup lama sehingga seorang pengrajin batik tulis dapat menjadi mahir dalam pekerjaan mereka.



Demikian lah beberapa hal yang menyebabkan batik tulis harga nya relatif sangat mahal. Batik tulis merupakan karya seni sehingga memang wajar jika dijual dengan harga yang tinggi. Kita sebagai bangsa Indonesia harus bangga dengan seni batik khas Indonesia ini dan harus berusaha melestarikan seni batik tulis yang asli ini.

Semoga informasi mengenai batik tulis ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.