Cara Membuat Hiasan Taplak Meja Dari Kain Flanel Dengan Mudah

Cara Membuat Hiasan Taplak Meja Dari Kain Flanel Dengan Mudah

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
Cara Membuat Hiasan Taplak Meja Dari Kain Flanel Dengan Mudah


cara membuat taplak meja dari kain asahi lebar - Flanel atau felt adalah jenis kain yang dibuat dari serat wol tanpa ditenun, dibuat dengan proses pemanasan dan penguapan sehingga menghasilkan kain dengan beragam tekstur dan jenis (tergantung bahan pembuatnya). Kain flanel mudah dijumpai di pasaran, dengan harga yang relatif terjangkau. Kain ini memiliki ketebalan dan tekstur yang beragam. Kelebihan dari kain ini adalah mudah dibentuk dan pada proses penjahitan tidak perlu dilipat seperti kain yang lain.

Flanel adalah jenis kain tertua lebih tua dari kain tenun dan rajut. Di Turki, bekas penggunaan kain flanel yang ditemukan diperkirakan berasal dari tahun 6500 SM, jenis kain flanel terumit ditemukan dalam bentuk awetan di Siberia pada tahun 600 M. Legenda di Sumeria, menyatakan bahwa kain flanel pertama kali dibuat oleh Urnamman.
Jenis Dan Kualitas Kain Flanel

Secara umum terdapat 2 tipe kain flanel yaitu polos dan bercorak. Kain flanel yang polos hanya memiliki satu warna di seluruh bagiannya sementara kain flanel yang bercorak memiliki serat-serat dalam warna yang berbeda. Biasanya kain yang memiliki corak dihargai relatif lebih mahal. Ada pula kain flanel dengan jenis zephyr yaitu kain flanel dengan corak biasa, tetapi dicampuri bahan sutera di dalam bahan pembuat benang-benangnya.

Salah satu ciri dari kain flanel adalah memiliki tekstur yang mirip dengan kain wol. Dengan ini tekstur yang sedikit kaku membuat kain flanel mudah dibuat bermacam-macam kerajinan tangan. Dengan memanfaatkan kain flanel yang memiliki banyak variasi warna yang cerah dan kelembutan bahannya akan mudah dipadukan dengan bahan lain.

Cara Membuat Hiasan Taplak Meja Dari Kain Flanel Dengan Mudah
Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel

Dengan kreativitas dan ide sederhana kain flanel dapat diolah menjadi kerajinan tangan yang unik dan juga menarik. Tapi kadang orang bingung kerajinan yang seperti apa yang diminati dan disukai oleh banyak orang. Untuk itu berikut ini adalah contoh kerajinan tangan dari kain flanel yaitu taplak meja.

Cara Membuat Hiasan Taplak Meja Dari Kain Flanel

Bahan dan alat yang dibutuhkan:

    1,25 m² kain katun Dannis (untuk taplak meja) – warna gelap
    kain katun Dannis lebar 10 cm dan panjangnya sesuai keliling taplak meja (untuk pinggiran taplak meja) – warna terang
    Kain flannel warna-warni
    Benang sulam warna serasi dengan kain
    Pola hiasan taplak meja
    Gunting

Cara membuat:

    Buatlah pola gambar masjid/sesukanya di atas kertas dan jiplak di kain flanel
    Jahitlah potongan gambar kain flannel bagian demi bagian kemudian jahit ke kain untuk taplak di sisi kanan dan kiri kain taplak meja
    Jahit kain untuk pinggiran taplak meja di sekeliling kain untuk taplak meja
    Nah … jadilah taplak meja flanel indah karya sendiri yang murah meriah, selamat mencoba!!!

Untuk menghias taplak meja yang telah di buat anda juga bisa menghiasnya dengan hiasan dari kain flanel berbentuk bunga mawar. Caranya yaitu:

    Sisispkan dakon pada lembaran memanjang felt, lalu bentuk segitiga.
    jumput pola lalu ikat mati dengan menggunakan benang yang telah disiapakan. Setelah itu potong pangkalnya secara merata.
    Pasang kelopak bunganya, sunflo buat 4 jari saja karena kalau kebanyakan hasilnya akan jelek.
    Nah agar bunga terlihat indah harus dikasih bagian yang merekah caranya adalah dengan menyatukan dengan menjahit kruistik 3-4 jahitan jangan semuanya. Biarkan kuncup mawarnya kelihatan sedikit merekah.
    Dan hasilnya bisa kamu lihat pada gambar kerajinan. Bila kamu kesulitan bisa melihat gambar langkah-langkah cara pembuatannya.

Itulah kerajinan tangan dari kain flanel yang sederhana dan mudah untuk dibuat. Anda mungkin bisa membuat kreasi sendiri di rumah untuk menghilangkan rasa jenuhbahkan bisa memiliki nilai ekonomis

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara membuat taplak meja dari kain asahi lebar

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Pembuatan rok dan blus wanita

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://www.wondernorthwest.com/2016/07/cara-membuat-hiasan-taplak-meja-dari-kain-flanel-dengan-mudah.html

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.