Cara Membuat Baju dari Koran Bekas yang Mudah

 Cara Membuat Baju dari Koran Bekas yang Mudah

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Cara Membuat Baju dari Koran Bekas yang Mudah


cara bikin kostum dari bahan daur ulang -  apakah Anda pernah mendengar ada baju atau gaun yang dibuat dari plastik kresek?.

Ya jika pernah mendengar maka itu wajar-wajar saja. Namun bagaimanakah dengan membuat baju dari koran bekas yang mudah ataupun mengenai cara membuat gaun dari koran?. Aneh bukan?

Baju koran atau gaun dari koran memang hanya sebagai fashion untuk melatih kreatifitas kita saja, dan itu tidaklah dipakai untuk keseharian, karena kita tahu sendiri bahwa sifat kertas adalah mudah lapuk jika terkena air.

Lalu bagaimanakah cara membuat baju daur ulang dari koran?. Jika ingin mengetahuinya, silakan simak saja pembahasannya dibawah ini.


Cara Membuat Gaun dari Koran Bekas yang Mudah


Ingin tahu lebih lanjut mengenai cara membuat baju dari koran bekas yang mudah dibuat?.

Hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah kertas koran itu sendiri. Usahakan pilihlah kertas koran yang agak tebal dan banyak minimal 7 lembar.

Setelah itu Anda tinggal menyiapkan desain. Perlu Anda tahu bahwa proses pembuatan baju dari kertas ini sama seperti baju biasa dari awal sampai finishing termasuk saat proses penjahitan.

Desain bisa Anda sesuaikan sendiri dengan kesukaan Anda misal seperti baju barbie atau gaun pesta yang indah nan anggun.

Jika Anda bingung bagaimana gambar desainnya, maka Anda bisa cari tahu mengenai berbagai contoh desain baju di internet.

Ini saya sedikit beri contoh baju koran simple yang mengambil ide dari bunga. Silakan bisa Anda gunakan sebagai desain kalo cocok:



Atau Anda bisa mengambil ide langsung dari yang sudah jadi seperti foto berikut:








Sebenarnya cara membuat baju dari barang bekas itu mudah yang penting "kreatif".

Cara membuat baju dari koran bekas yang mudah ini benar-benar bisa Anda lakukan sendiri dirumah tanpa bantuan siapapun. Karena teknik atau cara membuat baju dari koran sederhana ini bisa langsung Anda pahami.


Cara membuat baju dari koran yang simpel


Teknik yang akan saya berikan adalah dengan menggunakan ukuran baju yang sudah Anda. Jadi tak perlu repot-repot lagi dalam membuat desain maupun ukuran badan.

Caranya yaitu cari baju milik Anda sendiri (jangan nyolong) yang sudah tak terpakai lagi tapi masih pas dibadan jika kekecilan maka nantinya Anda bisa sedikit menambah ukurannya dari baju sample.

Dan usahakan baju atau gaunnya sudah tak dipakai lagi. Karena nanti akan diobrak-abrik. Bisa jadi bajunya tak terpakai lagi karena terkena noda atau warnanya sudah pudar.

Selanjutnya ambilah silet atau cutter dan bukalah beberapa bagian jahitannya, tapi jangan semuanya melainkan hanya separonya saja, yaitu setengah dari bagian muka dan separuh bagian punggung / belakang dan satu lengan serta bagian kerah.

Sedangkan separuh bagian yang lain biarkan masih terjahit seperti aslinya, gunanya adalah untuk contoh bagi kita nantinya disaat kita menjahit pakian yang baru.

Lalu bila Anda bingung pada bagian-bagian manasajakah yang harus dijahit serta bagaimana cara menjahit sakunya atau lengannya, tinggal kita lihat saja contohnya. Sederhana alias simple bukan?. Tapi walaupun simpel juga tetap harus Anda perhatikan.

Seterika potongan potongan kain yang sudah terlepas jahitannya tadi sampai bagian bekas jahitan rata serta terlihat rapi.

Setalah itu tempelkan potongan baju tadi yang sudah diseterika rapi diatas kertas koran yang telah Anda siapkan sebelumnya dan gambarlah koran tadi mengikuti pinggir potongan kain dengan spidol untuk gambar.

Usahakan spidol jangan berwarna hitam agar tidak berbaur dengan warna huruf.

Nah Jadi deh pola baju yang sudah siap untuk kita gunakan. Tinggal Anda potong koran tersebut sesuai pola dan tinggal Anda jahit deh.

Bisa Anda jahit dengan mesin atau manual dengan tangan juga bisa. Namun jika ingin gaun yang dibuat menarik, maka Anda bisa melihat referensi desain gaun internasional yang modern nan simple.

Demikianlah cara membuat baju dari koran bekas yang mudah nan sederhana untuk Anda buat sendiri dari barang bekas.

Anda juga bisa mengaplikasikan barang bekas lain seperti plastik kresek maupun kertas karton untuk bagian lainnya agar terkesan unik.


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara bikin kostum dari bahan daur ulang

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Membuat Gamis Sendiri 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://www.bloggedewek.com/2016/02/cara-membuat-baju-dari-koran-bekas-yang.html

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.