CONTOH
CONTOH |
5 macam kerajinan tekstil beserta keterangan, cara membuat, dan fungsinya - RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NamaSekolah : SMK Negeri 4 Padalarang
Bid. Keahlian. : Teknologi dan Rekayasa
Mata Pelajaran : Prakarya dan Kewirausahaan
Kelas/Semester : XI/ 1
PertemuanKe- : 1
Alokasi Waktu : 1 TM @ 90 menit
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung-jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural,dan meta kognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologo, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
1.1 : Menghayati bahwa manusia adalah makhluk Tuhan yang paling sempurna, sehingga manusia dituntut untuk dapat memaksimalkan potensi yang diberikan Tuhan untuk memberikan hasil yang maksimal.
2.1 : Menunjukkan motivasi internal dan peduli lingkungan dalam memaksimalkan sikap dan perilaku kerja prestatif dalam kehidupan sehari-hari.
2.2 : Menghayati prilaku jujur, percaya diri dan mandiri dalam memperkenalkan produk pengolahan di wilayah setempat dan lainnya dan menerapkan wirausaha
2.3 : Menghayati sikap bekerja sama, gotong royong, bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab, kreatif dan inovatif dalam memahami kewirausahaan dan membuat produk pengolahan di wilayah setempat dan lainnya dengan memperhatikan estetika produk akhir untuk membangun semangat usaha
3.1 : Memahami desain kerajinan bahan lunak berdasarkan konsep berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya
4.1 : Mendesain produk dan pengemasan kerajinan bahan lunak berdasarkan konsep berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya
Indikator
1. Dapat menghayati bahwa manusia adalah makhluk Tuhan yang paling paling sempurna
2. Dapat menunjukkan sikap dan prilaku kerja prestatif dalam kehidupan sehari-hari
3. Dapat menghayati prilaku jujur, percaya diri dan mandiri dalam memperkenalkan produk pengolahan di wilayah setmpat dan lainnya
4. Dapat menghayati sikap bekerja sama, gotong royong, bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab, kreatif dan inovatif dalam memahami kewirausahhan dan membuat produk di wilayah setempat dan lainnya dengan memperhatikan estetika produk akhir untuk membangun semangat usaha
5.Dapat memahami desain produk dan pengemasan kerajinan bahan lunak berdasarkan konsep berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya.
6.Dapat mendesain produk dan pengemasan kerajinan bahan lunak berdasarkan konsep berka berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pelajaran siswa dapat :
1. Mengapresiasi keanekaragaman karya kerajinan dari bahan lunak dan pengemasa nnya di wilayah setempat dan lainnya sebagai ungkapan rasa bangga d rasan syukur atas anugrah Tuhan Yang Maha Esa.
2. Mengidentifikasi bahan, motif hias, teknik pembuatan, dan fungsi karya kerajinan dari bahan lunak di wilayah setempat dan lainnya berdasarkan rasa ingin tahu dan peduli lingkungan.
3. Menganalisis unsur estetika dan endogonomis karya kerajinan dari bahan lunak serta menunjukan semangat kewirausahaan dan inovasi berkarya.
4. Merancang pembuatan karya kerajinan dari bahan lunak dan pengemasan dengan menreapkan prinsip perencanaan produksi kerajinan serta menunjukkan perilaku jujur, percaya diri sendiri dan mandiri.
5. Mendesain produk dan pengemasan produk kerajinan dari bahan lunak berdasarkan konsep berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya berdasarkan orisinalitas ide dan cita rasa estetis diri sendiri.
6. Membuat karya kerajinan dari bahan lunak di wilayah setempat dan lainnya dengan sikap bekerja sama, gotong royong, bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab, kreatif dan inovatif.
7. Mengalanalisis keberhasilan dan kegagalan serta peluang usaha kerajinan dari bahna lunak di wilayah setempat dan lainnya dengan memperhatikan estetika dan nilai ekonomis untuk membangun semangat usaha.
II. Materi Pembelajaran
1. Pengertian kerajinan bahan lunak
2. Aneka jenis produk makanan khas daerah setempat dari kerajinan bahan lunak
3. Fungsi Produk Kerajinan dari bahan lunak
4. Unsur Estetika dan Engonomis produk kerajinan dari bahan lunak
5. Motif Ragam Hias pada Produk kerajinan dari bahan lunak
6. TeknikPembuatan Produk kerajinan dari bahan lunak
7. Perencanaan Proses Produksi kerajinan dari bahan lunak
III. Metode Pembelajaran
1. Penugasan
2. Diskusi
3. Latihan
4. Presentasi
IV. Alat/Media/Bahan
1. Alat : Seperangkat computer, jaringan computer, contoh gambar, contoh makanan
2. Bahan ajar : Buku-buku
3. Bahan : Bahan membuat Kerajinan dari Bahan Lunak
V. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
1
RINCIAN
KEGIATAN
|
WAKTU
|
Pendahuluan
ü Garis
besar tentang kerajinan dari bahan lunak
ü Pembentukan
kelompok diskusi
|
15 Menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati
Menanya
|
60 menit
|
Mengumpulan informasi
·
Siswa membaca buku
teks berkaitan dengan kerajinan dari
bahan lunak
·
Siswa mencari dari
internet tentang hal-hal yang berkaitan dengan kerajinan dari bahan lunak
·
Siswa mencari
informasi dengan bertanya kepada orang yang paham tentang kerajinan dari
bahan lunak
Mengasosiasi
·
Siswa dibagi menjadi
kelompok kecil, masing-masing terdiri 5 orang
·
Siswa dalam kelompo diminta mendiskusikan tentang cara dan sumber kerajinan dari
bahan lunak
·
Siswa dalam kelompo diminta mendiskusikan alat dan bahan
pengolahan kerajinan dari bahan
lunak
Mengumunikasikan
·
Guru menilai sikap
siswa dalam kerja kelompok dan membimbing/ menilai keterampilan, menganalisa, menggunakan teori dan
menyimpulkan data, serta menilai kemampuan siswa memahami tentang cara dan
sumber kerajinan dari bahan lunak
|
|
Penutup
·
Bersama siswa
menyimpulkan tentang cara, sumber serta alat dan bahan kerajinan dari bahan
lunak
·
Memberikan tugas
kepada siswa untuk observasi tentang usaha kerajinan dari bahan lunak sebagai
bahan presentasi
·
Melakukan postes
|
15 Menit
|
Penilaian
1. Mekanis dan prosedur
Penilaian dilakukan dari poroses dan hasil. Penilain proses melalaui observasi kerja kelompok, kinerja presentasi, dan laporan tertulis, Sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui tes tertulis
2. Aspek dan instrumen prnilaian
Instrumen observasi menggunakan pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas kelompok tanggung jawab dan kerjasama.
Instrumen kinerja presentasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama aktivitas peran serta, kualitas visual presentasi dan isi presentasi.
Instrumen laporan praktek menggunakan rubrik penilaian dengan fokus utama pada kualitas visual, sistimatika sajian data, kejujuran dan jawaban pertanyaan.
Instrumen tes menggunakan tes tertulis uraian dan pilihan ganda.
Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang 5 macam kerajinan tekstil beserta keterangan, cara membuat, dan fungsinya
, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang 3. SILABUS MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN
. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : download.smkn4padalarang.sch.id/.../7.%20CONTOH%20RPP%20PRAKARYA%20...
0 komentar:
Post a Comment