10 Contoh Karya Seni Rupa Terapan Nusantara

 10 Contoh Karya Seni Rupa Terapan Nusantara

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 10 Contoh Karya Seni Rupa Terapan Nusantara

10 contoh seni rupa terapan - Seni rupa terapan nusantara adalah karya seni asli Nusantara atau Indonesia yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan praktis. Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya. Setiap daerah memiliki ciri khas kebudayaannya. Sehingga di Indonesia terdapat banyak karya seni rupa terapan. Batik dan tenun adalah salah satu karya seni rupa terapan Nusantara yang terkenal. Berikut adalah 10 contoh karya seni rupa terapan Nusantara. Langsung saja kita simak yang pertama:


rumah adat


1. Rumah Adat

Di setiap daerah di Nusantara memiliki rumah adatnya masing-masing. Misalnya rumah Gadang di Padang, Joglo di Yogyakarta, Candi Bentar di Bali, dll. Bentuk rumah adat tersebut masih digunakan hingga kini walaupun banyak bangunan yang telah memiliki arsitektur modern. Contohnya adalah rumah panggung yang masih banyak digunakan di Kalimantan dan Sumatera untuk menghindari banjir dan hewan buas. Rumah adat dikenal memiliki nilai seni yang tinggi dan sesuai dengan budaya setempat.

alat transportasi tradisional


2. Alat Transportasi Tradisional

Alat transportasi tradisional masih eksis di tengah perkembangan transportasi modern yang kian pesat. Setiap daerah pasti memiliki alat transportasi tradisional yang khas. Alat transportasi tradisional seringkali diberi sentuhan seni supaya terlihat menarik. Contoh alat transportasi tradisonal adalah becak, delman, perahu tradisional, dll. Ada juga alat transportasi modern yang menjadi ciri khas di salah satu daerah di Indonesia seperti bajaj di Jakarta.
batik

3. Batik

Batik adalah kain yang mengalami proses canting atau printing. Batik adalah ciri khas pakaian asli Indonesia yang telah diakui dunia. Teknik membatik sudah dikenal sejak lama. Banyak sekali terdapat sentra pengrajin batik di Nusantara. Salah satunya yang populer adalah Solo dan Pekalongan. Kain batik dijadikan pakaian untuk kegiatan formal dan bahkan kegiatan internasional. Selain itu, banyak sekolah yang menggunakan seragam batik di hari-hari tertentu.
senjata tradisional


4. Senjata Tradisional

Di jaman dahulu, senjata tradisional digunakan untuk berburu, berperang melawan musuh, bekerja, dan dijadikan benda pusaka. Namun saat ini hanya digunakan sebagai benda pusaka dan alat untuk membantu melakukan pekerjaan. Senjata tradisional seringkali memiliki nilai seni yang sangat tinggi. Contoh senjata tradisional Nusantara adalah Celurit dari Madura dan Mandau dari Kalimantan.
anyaman

5. Anyaman

Kerajinan anyaman masih sering digunakan hingga kini terutama bagi ibu-ibu yang sedang ke pasar. Anyaman juga dapat digunakan untuk membuat piring, mebel, tempat membawa ayam, furniture, dll. Kerajinan anyaman hampir dapat ditemukan di seluruh wilayah Nusantara.
Sepatu

6. Sepatu

Cibaduyut di Bandung menjadi pusat pengrajin sepatu kulit. Bahkan banyak yang sudah diekspor ke luar negeri. Sepatu juga termasuk karya seni rupa terapan karena bernilai seni dan dapat digunakan sebagai alas kaki. Umumnya sepatu terbuat dari bahan kulit.
gagang pintu

7. Gagang Pintu

Gagang pintu seringkali memiliki nilai seni. Pada umumnya gagang pintu terbuat dari kuningan atau logam.
cobek

8. Cobek

Cobek adalah alat masak tradisional yang terbuat dari batu. Cobek biasa digunakan untuk menghaluskan rempah-rempah. Sampai saat ini cobek sering digunakan untuk membuat bumbu-bumbu tradisional atau jamu.
gerabah

9. Gerabah

Gerabah adalah kerajinan tangan yang umumnya terbuat dari tanah liat yang dibakar. Di sekolah seringkali diajarkan membuat asbak atau seni terapan lainnya dari tanah liat. Sampai saat ini gerabah masih sering digunakan misalnya untuk menaruh puntung rokok dan sebagai peralatan makan.
kain tenun

10. Tenun

Tenun adalah kain yang dibuat secara tradisional dengan cara menenun. Kain tenun adalah salah satu ciri khas Nusantara selain batik. Menenun biasanya membutuhkan waktu yang lama karena kerumitannya. Maka dari itu kain tenun memiliki harga yang mahal karena kerumitannya dan nilai seninya.

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  10 contoh seni rupa terapan

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Macam-macam teknik bordir 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://hedisasrawan.blogspot.co.id/2015/01/10-contoh-karya-seni-rupa-terapan.html

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.