Inilah 10 Motif Batik Klasik Indonesia

 Inilah 10 Motif Batik Klasik Indonesia

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Inilah 10 Motif Batik Klasik Indonesia


gambar batik - Batik merupakan kesenian yang menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia.  Batik saat ini telah ada di berbagai wilayah Indonesia dengan ragam motif batik nya yang khas dari masing masing daerah.

Banyaknya motif baju batik dari berbagai daerah di Indonesia ini membuat batik Indonesia menjadi semakin beragam dan semakin kaya akan motif batik.

Sebelum batik berkembang pesat seperti sekarang dengan beragam jenis motif batik modern, pada masa lalu banyak motif batik khas yang memiliki keunikan tersendiri yang dikenal dengan sebutan batik klasik.

Batik klasik ini merupakan karya seni batik yang diciptakan pada masa lalu yang memiliki pola yang sangat indah dan memiliki kandungan makna dan filosofi yang terdapat pada lukisan motif batik nya.

Pada motif batik klasik pada umumnya mengandung unsur ajaran kebaikan tentang hidup yang banyak dianut oleh masyarakat Jawa.

Motif batik klasik memiliki jenis motif batik yang sangat banyak. Beberapa diantara motif batik klasik tersebut akan kita bahas berikut ini.

1.    Batik Sida Luhur

Sumber: http://ubatik.wordpress.com
Motif batik yang menggunakan awalan kata sida sangat banyak sekali. Salah satu nya adalah motif batik sida luhur.

Sida yang dibaca sido ini merupakan kata yang memiliki makna sebagai telah terlaksana, atau juga jadi. Motif batik ini memiliki makna dan filosofi agar apa yang menjadi harapan manusia dapat tercapai.

Motif batik sida luhur ini merupakan motif batik yang memiliki kandungan harapan agar seseorang dapat mencapai kehidupan yang luhur dan tercukupi secara rohani maupun jasmani.

2.    Batik Sida Mukti

sumber : id.wikipedia.org
Motif lain yang menggunakan kata sida sebagai awalan adalah motif batik sida Mukti. Motif batik ini pada merupakan kain batik yang kerap dipakai dalam upacara pernikahan.

Motif batik ini memiliki makna kemakmuran atau harapan agar seseorang dapat mencapai kebahagiaan secara lahir dan juga batik.

Kemakmuran yang diharapkan bukan hanya berasal dari kemakmuran materi namun juga agar seseorang tersebut dapat memiliki budi yang luhur dalam kehidupannya sehari-hari.

    baca juga : Tips mengenali kain batik tulis asli


3.    Batik Sido Mulyo

sumber : batikdan.blogspot
Motif batik yang bernama Sido Mulyo ini merupakan motif batik yang memiliki makna sebagai harapan akan kemakmuran dan juga perlindungan untuk bumi.

Sido dalam bahasa Jawa memiliki makna sebagai jadi sementara kata mulyo merupakan kata yang bermakna mulia. Sehingga motif batik ini mengharapkan kemuliaan untuk orang yang memakai motif batik ini.

Motif baju batik ini juga kerap dipakai dalam upacara pernikahan dengan harapan kelak keluarga yang dibina oleh kedua mempelai akan berhasil mendapatkan kemuliaan.

4.    Batik Cuwiri

sumber : motifbatikindonesia.blogdetik
Motif batik Cuwiri ini merupakan kain batik yang kerap dipakai dalam acara Mitoni. Acara ini merupakan sebuah tradisi dalam masyarakat jawa untuk memperingati usia bayi yang mencapai tujuh bulan.

Cuwiri memiliki makna kecil-kecil. Dengan motif batik Cuwiri ini diharapkan agar sejak kecil seseorang dapat memiliki nilai kebaikan sehingga dihormati oleh masyarakat lainnya.


5.    Batik Kawung

sumber : umzaragallery com
Motif batik Kawung merupakan motif batik yang pola nya mirip dengan bentuk buah kawung. Motif batik klasik ini memiliki bentuk pola yang oval dan tersusun secara teratur sehingga memiliki bentuk pola geometris.

Rangkaian dari pola batik ini juga kerap dianggap sebagai pola bunga teratai yang memiliki empat buah mahkota yang berbentuk merekah.

Motif batik ini merupakan motif yang melambangkan umur panjang dan juga mengandung makna kesucian.

6.    Batik Tambal

sumber : id.wikipedia.org
Motif batik tambal ini pada masa lalu merupakan motif batik yang dipercaya dapat memberikan kesembuhan bagi orang yang sakit. Motif bati ini memiliki makna memperbaiki diri sehingga menjadi lebih baik secara lahir maupun batik.

Pada masa lalu kain batik ini di selimut kan kepada orang yang sedang sakit dengan harapan agar orang tersebut dapat sembuh dan yang rusak pada dirinya dapat diperbaiki.

Kepercayaan ini muncul di masa lalu karena orang yang sakit dianggap memiliki sesuatu yang kurang sehingga apabila diselimuti dengan kain batik tambal maka sesuatu yang kurang tersebut dapat diperbaiki atau ditambal.

7.    Batik Petani

sumber : id.wikipedia.org
Motif batik ini pada masa lalu merupakan karya para ibu rumah tangga di kala mereka sedang santai dan tidak sedang bekerja di sawah.

Batik ini pada umumnya kasar dan motif nya tidak halus. Motif baju batik petani ini telah menjadi motif batik yang diwariskan secara turun temurun di beberapa daerah dan karena kain batik petani ini tidak dikerjakan dengan serius maka hasil akhir dari kain batik petani ini tidak memiliki kualitas yang baik.

Proses pemberian warna pada kain batik ini juga tidak dilakukan sendiri namun ikut pada saudagar.

8.    Batik Truntum

sumber : id.wikipedia.org
Kain batik dengan nama batik truntum ini merupakan kain batik yang kerap dipakai oleh orang tua pengantin pada upacara pernikahan. Truntum memiliki makna menuntun.

Sehingga berdasarkan makna dari kain batik ini, orang tua diharapkan dapat memberikan tuntunan yang baik kepada kedua mempelai dalam memasuki kehidupan mereka yang baru.


9.    Batik parang

Motif batik parang ini merupakan motif batik yang menggambarkan kekuasaan. Motif batik ini pada masa lalu merupakan salah satu pola batik larangan sehingga hanya boleh dipakai oleh Raja dan kerabat raja saja.

Motif batik parang ini memiliki pola yang besar kecilnya memiliki makna akan kedudukan sosial pemakainya di dalam lingkungan kerajaan.

Batik parang ini memiliki banyak jenis pola yang diantaranya adalah motif batik parang rusak, motif batik parang barong, motif batik parang kusumo dan masih banyak lagi lainnya.

10.    Batik Grompol

sumber : asiawelcome.com
Grompol merupakan kata dalam bahasa Jawa yang memiliki makna berkumpul atau menjadi satu. Motif batik ini merupakan motif yang menjadi lambang harapan orang tua agar semua hal yang baik dapat terkumpul seperti rejeki, kerukunan, kebahagiaan dan juga ketenteraman bagi kedua keluarga pengantin.

Motif baju batik grompol ini juga memiliki harapan agar keluarga baru tersebut dapat terus berkumpul dan mengingat keluarga besar mereka ke mana pun nantinya mereka pergi.

Demikian lah beberapa jenis motif batik klasik yang hingga saat ini masih terus ada. Semoga informasi mengenai ragam motif batik klasik ini dapat menjadi tambahan pengetahuan bagi kita semua.



Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  gambar batik

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Sudah Tahukah Anda ? 
. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://blog.batikhush.com/2016/05/inilah-10-motif-batik-klasik-indonesia.html

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.