Nilai aergonomis dan estetika kerajinan sabun

Nilai aergonomis dan estetika kerajinan sabun

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
Nilai aergonomis dan estetika kerajinan sabun

fungsi dan estetika bros bunga - Unsur ergonomis(fungsi atau kegunaan) yaitu, sbundipakai mandi(membersikan badan)di pakai mencuci, dll
Unsur estetika(keindahan) yaitu, sabun dibuat manjadi karya kerajinan seperti bunga atau ukiran,dll, untuk dipajang sebagai hiasan

Semoga mambantu :)


Inilah Cara Membuat Kerajinan Bros Bunga Dari Kain Perca

Inilah cara membuat kerajinan bros bunga dari kain perca yang akan membantu mengurangi limbah kain. Kain perca adalah kain sisa-sisa potongan yang biasanya banyak ditemukan ditukang jahit. Sisa kain ini sering menjadi sampah yang membuat lingkungan tidak rafi dan asri, belum lagi kalau misalnya para tukang jahit memilih membakar sisa-sisa kainnya maka asapnya akan menjadi polusi diudara dan mengganggu kesehatan. Untuk itu, perlu penanganan tepat pada limbah yang satu ini. Salah satu caranya adalah dengan mengolah limbah ini menjadi hal yang lebih bermanfaat dan lebih enak dipandang misalnya dijadikan sebuah kerajinan yang memiliki nilai guna dan estetika.

Salah satu kerajinan kain perca yang terkenal adalah membuat bros yang berguna untuk aksesoris pada wanita. Bentuk bros dari bahan yang satu ini bisa sangat beragam tergantung kesukaan sdan minat. Salah satunya adalah bros bentung bunga yang banyak disukai wanita berhijab. Nah, pada kesempatan ini admin akan membahas cara membuat kerajinan bros bunga dari kain perca.
Membuat Bros Bunga Dari Kain Perca

Seperti yang telah dibahas diawal kain perca dapat dijadikan banyak kerajinan. Salah satunya adalah bros bunga yang biasanya disenangi oleh para wanita yang berhijab. Cara membuatnya bisa dibilang gampang dan tak rumit. Bahan yang diperlukan pun tidak sulit untuk didapatkan karena kain perca dengan mudah bisa ditemukan di tukang jahit atau konfeksi. Berikut ini akan kita akan belajar membuat beberapa bros bentuk bunga dari kain perca.

Membuat Bros Bunga Kancing Dari Kain Perca
Cara Membuat Kerajinan Bros Bunga Dari Kain Perca
Membuat Bros Bunga Kancing Dari Kain Perca
cara membuat bros dari kain perca
Membuat bros dari kain perca akan lebih indah jika dikombinasi dengan bahan lain, salah satunya adalah kancing sebagai penghiasnya. Berikut cara membuat bros bunga dengan hiasan kancing dari kain perca :

Alat dan bahan yang diperlukan :

    Kain perca dengan motif yang diinginkan.
    Benang dan jarum jahit
    Kancing
    Gunting
    Kertas

Langkah-langkah yang harus dikerjakan :

    Setelah menyiapkan alat dan bahan, lakukan langkah pertama dengan membuat pola pada kertas. Gambarlah bentuk setengah oval pada kertas dengan menggunakan pensil dan guntinglah pola tersebut dengan menggunakan gunting.
    Setelah itu, gunting kain perca dengan ukuran sedikit lebih besar dari pola yang tadi sudah dibuat. Untuk membuat satu helai duibutuhkan 2 potong kain perca yang ditumpuk menjadi satu. Buatlah 5 tumpukan kain perca yang memiliki ukuran yang sama.
    Selanjutnya, Balik kain perca, bagian luar kain berada di dalam, dan bagian dalam kain berada di luar dan jiplak pola dengan menggunakan pensil diatas kain.
    Setelah itu, jahitlah dengan menggunakan jarum dan benang, jahit dengan tusuk jelujur mengikuti pola yang sudah dibuat.
    Jika selesai menjahit, potonglah bagian pinggir kain dan lakukan dengan hati-hati jangan sampai terkena jahitannya.
    Setelah itu baliklah kain perca sehingga terlihat bagian luarnya.
    Selanjutnya, satukan setiap helai bunga perca dengan cara dijahit jelujur, dimulai dari bagian belakang kain, ke depan, lalu kembali lagi ke bagian belakang.
    Jahit semua helaian bunga perca dengan jahitan yang seragam dengan helaian pertama. Tusukkan jarum ke helaian pertama dari bagian belakang.
    Tarik jahitan dengan kuat sampai semua helaian menyatu. Lakukan dengan hati-hati, jangan terlalu kuat agar benang tidak putus. Matikan jahitan. Lalu potong benang yang tersisa.
    Setelah bunga terbentuk, pasanglah kancing pada tengah-tengah bunga untuk mempercantik bros.
    Lalu, pasanglah peniti bros pada belakang bunga dan bros cantik dari kain perca siap mempercantik kerudunga anda.

Membuat bros bunga dari kain perca kombinasi kain flanel
cara membuat bros dari kain perca
Membuat bros bunga dari kain perca kombinasi kain flanel
cara membuat bros bunga dari kain perca
Alat dan bahan :

    Kain perca dengan warna sesuai selera
    Kain kasa dengan warna sesuai selera
    Kain flanel
    Benang dan jarum jahit
    Gunting
    Peniti
    Lem tembak

Langkah-langkah kerja :

    Siapkan alat dan bahan yang diperlukan
    Guntinglah kain perca dengan pola yang sesuai dengan bentuk yang kita inginkan. Lalu, bakarlah pinggir-pinggirnya.
    Setelah itu, lapisi atas kain dengan kain kasa dan kemudian di jahit.
    Setelah selesai menjahit, rafikan bagian belakang bunga dan tempelah peniti bros dan jadilah bros cantik buatan sendiri.

Membuat bros bunga ros dari kain perca


cara membuat bros bunga dari kain perca
Membuat bros bunga ros dari kain perca

Alat dan bahan :

    Kain perca
    Kain flanel dibikin lingkaran
    Gunting
    Lem tembak
    Peniti bros
    Kain kaos

Langkah-langkah kerja membuat bros bunga ros dari kain perca :

    Pertama siapkan kain kaos spandek (kebetulan saya abis menggunting kerudung yg kepanjangan). Lebarnya sekitar 2,5 sampai 3 cm. Panjangnya berkisar 2,5 sampai 3,5 m tergantung rimbunnya bunga yg kita inginkan. Yang agak sulit, menggunting kain kaos susah lurusnya. Tapi tenang, berhubung kain ini tdk berguguran kalo digunting, jadi setelah jadipun masih bisa digunting untuk dirapihkan.
    Setelah itu, Kain dijelujur, lalu ditarik sampai terbentuk rampel. Jangan lupa siapkan kain flanel bentuk bulat. kain kaos yang sudah dirampel trus dijahit ke flanel secara melingkar, dimulai dari luar (kalau dari dalam hasilnya kurang bagus). Buat  juga flanel bulat lain untuk dipasang peniti. Lalu kedua flanel tinggal di lem.
    Pasang peniti pada belakang kain flanel dan bros cantik siap digunakan.



Peluang bisnis dari kerajinan kain perca

Kain perca yang sering dianggap limbah yang tak berguna ternyata memiliki nilai yang sangat mahal jika kita bisa memanfaatkannya dengan baik. Dari kain yang sudah tidak bisa terpakai kita bisa mendapatkan peluang bisnis yang menjanjikan. Keuntungan yang di dapat pun bisa sangat besar dengan modal bisa dibilang sedikit karena kain perca bisa anda dapatkan dengan harga murah bahkan gratis. Caranya pun sangat gambang anda cukup memiliki modal kreativitas dan ketekunan yang bisa anda dapatkan dengan terus berlatih dengan sabar.

Peluang bisnis ini, mungkin saja sangat banyak saingan dipasaran. Untuk itu anda perlu memiliki ide-ide baru yang berbeda dengan ide yang biasanya ada dipasaran, sehingga pembeli pun tidak merasa bosan dengan karya anda dan saingan pun tidak terlalu banyak.


Itulah sedikit pembahasan tentang cara membuat bros bunga dari kain perca. Sebenarnya, sebelum terlahir ide membuat bros kain perca banyak kerajinan yang bisa dibuat dari kain perc. Misalnya, taplak dari kain perca, bantal dari kain perca, kesed dari kain perca, boneka dari kain perca dan masih banyak lagi kerajinan yang bisa kita buat. Hal ini bisa  meruapkan peluang bisnis baru bagi kita. Semoga artikel ini dapat memberiakan inspirasi bagi anda yang sedang mencari peluang bisnis baru dengan modal yang minim.


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  fungsi dan estetika bros bunga

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang belajar menyulam yuk : mawar cast-on 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://brainly.co.id/tugas/1025814

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.