Mudah tanpa Pola, Yuk Buat Sendiri Celana Anak Kita!

Mudah tanpa Pola, Yuk Buat Sendiri Celana Anak Kita!

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
Mudah tanpa Pola, Yuk Buat Sendiri Celana Anak Kita!


cara membuat pola baju anak sederhana - Apakah Sahabat Abi Ummi harus merogoh kocek setiap bulan untuk membeli set pakaian anak? Tentu tak sedikit yang melakukannya, mengingat pertumbuhan si kecil begitu cepat. Baru dipakai beberapa kali, baju sang buah hati sudah kekecilan, celana anak pun sudah kependekan. Apalagi jika Sahabat Abi Ummi masih memiliki anak balita, sudah barang tentu belanja pakaian anak menjadi keharusan.

Bagaimana jika kita buat sendiri pakaian si kecil untuk mengurangi budget yang besar itu? Belajar membuat celana anak kiranya dapat menjadi awal yang mudah. Tak perlu pandai menjahit, tutorial yang dikutip dari sewdelicious.com.au ini bisa dipraktikan Sahabat Abi Ummi bahkan hanya dengan waktu kurang dari 1 jam saja.
1. Yuk, Siapkan Bahan
celana anak
Siapkan bahan yang nyaman untuk digunakan. (https://sewdelicious.com.au)

Siapkan bahan kain celana sesuai yang diinginkan. Untuk musim panas ini, baiknya menggunakan kain katun agar menyerap keringat. Jika untuk persiapan musim penghujan, bisa gunakan bahan tebal sweater. Panjangnya dibutuhkan ukuran tubuh si kecil. Biasanya, untuk celana ukuran 3, diperlukan setengah meter kain.

Siapkan pula gunting atau cutter (cutter lingkaran lebih mudah), karet untuk pinggang, contoh celana anak yang ukurannya paling nyaman (untuk contoh pola), dan mesin jahit. Jika tidak memiliki mesin jahit, menjahit dengan tangan juga bisa ya sahabat Abi Ummi.
2. Buat Pola dan Potong

Balik celana contoh agar bagian dalamnya berada di luar, kemudian lipat sama bagian tengahnya. Letakkan celana diatas kain yang juga sudah dilipat menjadi dua, untuk mempermudah gambar polanya (garis pink pada foto). Bisa pula langsung memotong kain sesuai ukur contoh celana.
celana anak
Buat pola dan potong. (http://sewdelicious.com.au)
3. Duplikasi Kain yang Sudah Dipotong

Berdasar potongan kain pada langkah kedua, buat satu buah potongan lagi.
celana anak
Dupilkasi kain yang sudah dipotong. (http://sewdelicious.com.au)

Hasil potongan kain akan terlihat seperti ini:
celana anak
Hasil potongan dua kain. (http://sewdelicious.com.au)
4. Jahit Kedua Kain

Buka dua potongan kain tadi. Tempelkan sisinya sama rata dengan posisi kain terbalik. Jahit pada garis Pink seperti pada foto dibawah ini.
celana anak
Jahit kedua kain pada bagian yang ditandai pink. (http://sewdelicious.com.au)
5. Lipat dengan Jahitan Berada di Tengah

Buka kain hasil langkah keempat tadi. Jahit bagian bagian sisi dari pergelangan kaki sampai mata kaki.
celana anak 6
Lipat kain dengan jahitan berada di tengah. (http://sewdelicious.com.au)
6. Buat Lipatan di Bagian Pinggang

Lipat kain bagian pinggang, buat sarung untuk menempatkan karetnya. Pastikan karetnya muat. Saat membuat sarung tempat karet ini, sisakan 3-4 cm untuk celah karet masuk.
celana anak 7
Buat lipatan pada bagian atas. (http://sewdelicious.com.au)
7. Masukkan Karet di Lipatan yang Sudah Dibuat

Terakhir, masukkan karet dengan bantuan peniti. Jahit celah kain. Sebagai tambahan, Sahabat Abi Ummi dapat menambahkan pita sebagai pembeda antara celana bagian depan dan belakang. Selipkan pita kecil saat membuat sarung karet.
celana anak
Masukkan karet pada bagian pinggang. (http://sewdelicious.com.au)
8. Celana pun Siap Digunakan Si Kecil
celana anak 10
Hasil akhir celana yang dibuat. (http://sewdelicious.com.au)


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara membuat pola baju anak sederhana

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Jelaskan pengemasan karya kerajinan tekstil beserta contohnya 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://abiummi.com/mudah-tanpa-pola-yuk-buat-sendiri-celana-anak-kita/

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.