, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Menjahit Blus Sederhana (Bagian 1)


Menjahit Blus Sederhana (Bagian 1)

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Menjahit Blus Sederhana (Bagian 1)


cara meluhat bagian vaik dan buruk ksin - Yuk mulai belajar menjahit! Kita coba jahit blouse sederhana dulu dengan krah shawl (selendang). Karena bahasannya panjang, kita bagi2 menjadi beberapa bahasan. Di bagian pertama ini kita akan bahas bagaimana cara meletakkan pola pada kain. Mari mulai ...

Menjahit blouse sederhana dengan krah shawl ini tidaklah sulit asalkan kita benar-benar memperhatikan dan mengerti urutan langkah-langkahnya. Diawali dengan lay-out pola pada garmen, memotong, menjahit, menyetrika, hingga finishing akhir.

1) Letakkan pola badan depan (front) di atas dua lapis kain yang sudah diseterika terlebih dahulu, dengan bagian buruk kain bertemu. Ukur jarak dari tepi kain (selvage) hingga garis serat kain (grain) sama persis, karena pola harus searah dengan serat kain. Pemberat kertas (paper weights) berfungsi untuk menjaga supaya pola tidak bergeser. Sematkan jarum pentul untuk mengunci posisi kain.

Pola depan

Pola depan
2) Gunting kain dengan cermat mengikuti garis kampuh (seam allowance), tanpa harus mengangkat kain. Tangan kiri bisa digunakan untuk menekan kain supaya tidak bergeser.

Gunting pola depanGunting pola depan
3) Sama halnya dengan peletakkan pola bagian belakang, namun kali ini posisi garis tengah belakang (center back) tepat pada lipatan kain. Seperti pola depan, jarak dari tepi kain ke garis serat kain (grain) harus sama persis.
Pola Belakang
Pola Belakang


4) Untuk pola lengan, sama dengan pola depan dan belakang, dari tepian kain juga harus lurus, sama jaraknya, berpatokan pada garis grain pada pola.
Pola Lengan
Pola Lengan

Oya yang dimaksud dengan bagian buruk kain adalah kain bagian dalam (baliknya), biasanya kalo di kain tekstil biasa warna lebih pudar daripada bagian baik kain. Bagian baik kain adalah bagian luar kain.

Bersambung ..

Tags: jahit baju, jahit baju batik, jahit baju online, buat baju, konveksi baju, butik baju batik, butik online, butik baju online, butik baju wanita, kursus jahit, pola busana, pola pakaian

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara meluhat bagian vaik dan buruk ksin

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Macam-Macam Batik Indonesia berdasarkan asal daerahnya 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit :https://fitinline.com/article/read/menjahit-blus-sederhana-bagian-1/

0 komentar:

Post a Comment