Tutorial Menjahit Celana Anak


Tutorial Menjahit Celana Anak

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Tutorial Menjahit Celana Anak

cara buat celana anak perempuan - Ini cocok buat pemula. Yang sedang mencoba menjahit (seperti saya). Seringkali buat ibu-ibu butuh stok lumayan ya buat celana anak ini? Untuk di rumah, untuk main, untuk piyama, celana panjang atau pendek. Apalagi pakaian buncil-buncil biasanya cepat lecek, pakaian main cepet kotor. Membuat sendiri, bisa jadi solusi yang cukup membantu. Bahan bisa apa saja. Tidak hanya kain beli di toko, tapi juga bisa dari baju yang sudah tidak terpakai (tapi yang kainnya masih bagus tentunya).

Dari celana basic ini sebenarnya bisa dikembangkan jadi flared pants alias celana cutbray, atau bisa juga potongan bootcut. Tapi kali ini saya bikin celana ¾ untuk Mumtaz, dengan potongan biasa, untuk dipakai di rumah. Tutorial ini diadaptasi dari sebuah tutorial menjahit di youtube. Lebih enak menjelaskan melalui video sih. Celana yang proper, atau yang "bener", pola untuk muka dan belakang berbeda, tapi disini dibuat sama untuk memudahkan, pan judulnya juga buat pemula yah?

Pola, seperti biasa, menjiplak dari yang sudah ada. Tips dalam menjiplak ini, pilih pakaian yang paling nyaman dipakai oleh anak, baju kojo lah kata orang sunda mah. Dengan begitu diharapkan pakaian hasil jahitannya pun potongannya enak dipakai (“diharapkan” loh yah,hehehe….). Jangan lupa lebihkan untuk seam allowance (naon sih bahasa indonesianya yang pas ya?)



Kainnya dilipat dulu, kemudian baru dijiplak seperti gambar diatas.  Posisi lipatan kain diperhatikan ya. Jadi kalau sudah digunting, dan dibuka lipatannya, hasil guntingannya seperti ini:




buat 2 kali yg begini, untuk bagian kiri dan kanan (ya iyalah buuu....). bagian bawahnya dilipat dan dijahit untuk keliman celana bagian bawah.

Lalu dijahit pada bagian seperti berikut ini:







 to be continued.... (bikin susu dulu, masak dulu, nyuci dulu,belanja dulu, dll,huahahah.....).
Cik ateuuh... bikin tutorial teh jangan sepotong-sepotong, part1,part2, bikin susah yang baca... jadi kita selesaikan saja yah? (ngomong sendiri)

Setelah dijahit pada bagian seperti diatas, balikkan salah satunya



setelah itu,bagian yang dibalik dimasukkan ke bagian yang tidak dibalik.


langkah selanjutnya, jahit sepanjang lekukan itu untuk menyambungkan dua bagian kiri dan kanan ini.


kalau sudah dijahit, balikkan lagi bagian yang tadi dibalik dan dimasukkan



hasilnya:


sudah kelihatan bentuk celananya ya?, tinggal buat ban celana dan dikasih karet di pinggangnya. Pada tahap ini, sebaiknya diobras dulu sebelum melanjutkan.
Untuk membuat ban nya, lipat bagian atas, jahit sekeliling,tapi tidak sampai habis, sisakan untuk memasukkan karet.


karet dimasukkan dengan bantuan peniti


masukkan karet ke sekeliling ban pinggang, dan ujungnya bertemu,
dua ujung disatukan dengan dijahit.




Jadi deeeh... :D
Mudah-mudahan cukup jelas ya. Kalau masih kurang ngerti tutorialnya, browse aja videonya di youtube ya, keyword nya how to sew pants, atau pants sewing tutorial. Ada banyak cara bikin celana. Yang diatas itu cuma salah satunya.

Happy sewing... selamat menjahit

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara buat celana anak perempuan

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Arti dan Makna Mimpi Mendapatkan Baju Menurut Ahli 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://linaawal.blogspot.co.id/2014/02/tutorial-menjahit-celana-anak.html

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.