10 Perlengkapan Untuk Menyulam


10 Perlengkapan Untuk Menyulam

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 10 Perlengkapan Untuk Menyulam 

 


alat dan bahan untuk nyulam - Menyulam merupakan istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan kegiatan menjahit secara dekoratif. Dalam bahasa Sunda, menyulam biasa disebut dengan “ngabordel” yang berarti membuat hiasan pada kain dengan bermacam benang berwarna. Pada prinsipnya kegiatan menyulam dapat dilakukan dengan tangan maupun menggunakan bantuan mesin jahit. Penggunaan alat dan bahan yang tepat akan mempermudah pekerjaan sehingga memungkinkan hasil yang jauh lebih berkualitas. Berikut beberapa perlengkapan yang dibutuhkan dalam kegiatan menyulam.

Rader dan Karbon Jahit

Keberadaan rader dan karbon jahit merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Karbon jahit yang terdiri atas berbagai variasi warna seperti merah, kuning, dan putih dan dibutuhkan untuk memindahkan gambar ke atas media kain.
Perlengkapan Menyulam


Gunting

Gunting yang terbuat dari bahan logam dalam berbagai ukuran dibutuhkan untuk memotong benang maupun kain.
Perlengkapan Menyulam


Benang

Dalam pembuatan sulaman diperlukan berbagai benang hias yang dapat disesuaikan dengan jenis kain yang akan dihias serta jenis sulaman yang dibuat. Untuk menyulam bahan kain yang halus dan tipis dapat digunakan benang mouline, sedangkan untuk bahan yang lebih tebal dengan pori-pori besar, digunakan benang mutiara.
Perlengkapan Menyulam


Jarum

Jenis jarum jahit yang digunakan menyulan terdiri atas jarum runcing yang biasa digunakan untuk menyulam secara bebas pada tenunan polos seperti batis, oxpord, tetoron serta jarum tumpul untuk untuk menyulam dengan hitungan tertentu seperti pembuatan tusuk hias pada kain strimin.

 Perlengkapan Menyulam

Jarum Pentul

Jarum pentul yang terbuat dari bahan logam dan plastik berfungsi untuk melekatkan motif pada permukaan kain yang bersifat sementara.

Perlengkapan Menyulam
Kapur jahit

Dalam kegiatan menyulam, keberadaan apur jahit dibutuhkan untuk membuat garis pada media kain.


Perlengkapan Menyulam
Pendedel

Seperti halnya dalam kegiatan menjahit, pendedel yang terbuat dari bahan plastik atau logam diunakan untuk membuka atau membongkar jahitan yang salah atau kurang tepat.

 Perlengkapan Menyulam

Pita Pengukur

Pita ukur atau meteran merupakan alat yang dibutuhkan untuk mengukur bidang kain yang akan digunakan sebagai media menyulam.

Perlengkapan Menyulam
Bidal

Bidal merupakan perlengkapan yang terbuat dari plastik atau logam dengan fungsi untuk melingungi jari tangan dari tusukan jarum.

Perlengkapan Menyulam
Pemidangan

Pemindangan yang terbuat dari kayu maupun bahan plastik dibutuhkan untuk mengencangkan kain sehingga permukaannya rata dan tidak berkerut.
 Perlengkapan Menyulam

Tags: jahit baju, jahit baju batik, jahit baju online, buat baju, konveksi baju, butik baju batik, butik online, butik baju online, butik baju wanita, kursus jahit, pola busana, pola pakaian


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  alat dan bahan untuk nyulam

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Jelaskan secara singkat cara membuat sulaman fantasi 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://fitinline.com/article/read/10-perlengkapan-untuk-menyulam/

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.