, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Aksesoris Pakaian

Aksesoris Pakaian

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
Aksesoris Pakaian

aksesoris menjahit pakaian wanita - Sebuah mahakarya nan luar biasa yang spektakuler dari manusia ialah terciptanya sebuah pakaian. Dengan baju manusia mampu menutupi apa nan sepantasnya ditutupi. Dengan baju mampu membuat badan menjadi hangat. Dan baju pulalah kita dapat tampil lebih cantik dan rupawan. Sandang berasal dari proses jahit-menjahit maka tak ada salahnya jika kita belajar menjahit .

Rasanya kehidupan kita tak dapat berjalan tanpa adanya aktivitas menjahit. Paling tidak, baju nan kita kenakan ialah sebuah produk dari aktivitas menjahit.

Berarti, semua manusia di global ini, tanpa kecuali, tak akan lepas dari produk bernama pakaian. Jika sudah begitu, apakah Anda hanya diam saja saat baju Anda, pasangan Anda, anak-anak Anda, atau siapapun nan dekat dengan Anda rusak atau robek?

Tentu tidak. Kendati Anda begitu mudah mendapatkan penggantinya, namun adakalanya nilai sejarah atau harga baju nan bersangkutan akan membuat Anda berpikir buat memperbaikinya. Dan cara memperbaikinya tentu saja hanya ada satu jalan, yaitu menjahitnya. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi buat memulai belajar menjahit .

Proses belajar menjahit tidaklah sulit. Jikalau berbicara secara gampangan maka dalam belajar menjahit hanyalah terdiri memotong dan menisik kain sehingga menjadi baju. Yang dibutuhkan sebenarnya hanyalah kesabaran dan ketekunan serta ketelitian dari penjahit agar kain nan telah dipotong sinkron dengan hasil nan diharapkan.

Semua hal di global ini dapat kita pelajari asalakan ada niat dan tekad nan kuat dalam diri kita. Kebanyakan orang hanyalah memiliki niat tetapi tak memiliki tekad nan kuat buat belajar. Ibarat sebuah jargon nan ada di masyarakat nan mengatakan “ingin kaya tapi tak mau kerja”. Tentunya ini ialah hal nan mustahil.

Semua orang nan sukses selalu melalui rintangan dan cobaan. Keberhasilan melalui rintangan tersebutlah nan menjadikan orang tersebut sebagai orang nan berhasil atau berhasil. Tidak mudah putus harapan juga menjadi faktor krusial dalam setiap usaha. Oleh sebab itu, dibutuhkan tekad nan kuat dari seseorang buat belajar menjahit.

Belajar menjahit tidaklah sulit tetapi mudah. Walaupun mudah tetapi tak semua orang memiliki tekad dan niat nan kuat buat belajar menjahit. Hal inilah nan menyebabkan mengapa tak semua orang dapat menjahit dan mengapa menjahit menjadi sulit.


Dua Cara Menjahit

Menjahit dapat Anda lakukan dengan dua cara, yaitu dengan cara manual atau dengan menggunakan mesin jahit. Untuk beberapa hal nan sangat sederhana, seperti memasang badge seragam anak sekolah, Anda dapat menjahitnya secara manual. Akan tetapi, jika lebih dari itu, tentu Anda harus menggunakan mesin jahit nan hasil jahitannya jauh lebih rapi dan lebih cepat.

Menjahit itu mudah. Hal nan perlu Anda ketahui pertama kali adalah:

    mengenal perangkat-perangkatnya,
    mempersiapkan mesin jahit,
    mengetahui berbagai permasalahan nan ada pada mesin jahit,
    mengenal aksesoris pakaian,
    mengenal jenis jahitan,
    mengenal istilah-istilah jahit,
    pengetahuan membuat pola,
    dan mungkin pengetahuan membuka usaha jahitan.



Perangkat Menjahit

Beberapa perangkat jahit nan perlu Anda ketahui sebenarnya sederhana dan mudah (apalagi jika Anda hanya ingin menjahit secara manual), yaitu hanya jarum, benang, dan gunting.

Akan tetapi, jika ingin lengkap dan detail, ada juga jarum jahit tangan, jarum mesin jahit (dengan berbagai ukuran nan ditunjukkan dengan nomor), jarum mesin obras, jarum pentul, bidal, bantalan jarum, rader, kertas karbon, kaca pembesar plastik, alat buat memasukkan benang, kapur, pita ukur, gunting benang, gunting kain, gunting kertas, pendedel, dan pinset lengkung.

Menjahit dengan cara manual sangat tak disarankan sebab selain hasil kerja nan lama biasanya tak serapi ketika kita menggunakan mesin jahit. Jika alas an menjahit manual sebab tak memiliki mesin jahit maka nan dapat dilakukan ialah dengan membeli mesin jahit bekas.

Beli mesin jahit bekas merupakan alternatife bagi anda nan berkantong cekak tetapi tetap ingin belajar menjahit. Belinya dapat di pasar-pasar loak atau tukang rombengan atau pengepul sampah rumah tangga. Biasanya harganya nisbi murah dibandingkan dengan beli baru. Dapat kurang dari separuh jika dibandingkan dengan beli baru.

Mesin jahit bukanlah mesin nan ribet atau ruwet. Jadi walaupun membeli nan bekas anda tak perlu risi akan kebandelannya. Disarankan buat membeli nan sudah dapat langsung dipakai, namun jika terpaksa membeli nan tak dapat langsung dipakai silahkan bawa ke tukang pemugaran mesin jahit. Jika tak ada penggantian onderdil nan mahal maka uang tambahan nan akan dikeluarkan nisbi sedikit.

Jika Anda ingin belajar menjahit dengan menggunakan mesin jahit, kenalilah mesin jahit dan bagian-bagiannya. Hal ini buat memudahkan Anda buat mengoperasikannya. Kenali pula mesin obras nan digunakan buat mengobras baju (yang hasilnya tentu sangat berbeda dengan jahitan biasa.

Dengan menggunakan mesin obras maka bagian dalam baju dapat terlihat lebih rapi. Selain itu, keawetan jahitan juga dapat terjaga. Maka tak ada salahnya jika setelah selesai menjahit hendaknya dilakukan pengobrasan pada baju nan telah jadi tersebut.

Obras ialah merapikan dan mengunci benang kain bagian dalam agar tak lepas), termasuk bagaimana cara memilih dan memasang jarum, memasang benang jahit, memasang benang obras, menyetel tegangan benang, dan menyetel jeda jahitan. Yang tak kalah pentingnya ialah bagaimana Anda merawat mesin jahit itu agar selalu stand by saat akan digunakan.


Aksesoris Pakaian

Pakaian atau pakaian akan telihat lebih cantik jika ditambah dengan pernak-pernik aksesorisnya. Penambahan pernak-pernik aksesoris juga harus dilakukan dengan tepat sebab jika tak maka dapat menambah baju menjadi semakin tak sedap dipandang.

Aksesoris baju nan perlu Anda ketahui ialah mengenal pita, renda, atau biku-biku nan biasa digunakan sebagai pemanis baju wanita dan anak-anak, bisban nan merupakan hiasan/ list pada tepi baju dan cara menjahitnya, kancing kemeja, kancing cetet, kancing kait, reshluiting (termasuk jenis-jenisnya), padding (bantalan bahu), viselin, kain keras, busa, karet elastik, gesper, dacroon (untuk mengisi pembuatan bedcover , selimut, atau tas kain), rib (bahan kaos buat ujung tangan/celana agar inheren erat), perepet dan mute.


Jenis Jahitan

Ada beberapa jenis jahitan nan perlu Anda ketahui, yaitu:

    Jelujur, jahitan lurus berselang-seling buat menyatukan dua kain.
    Som, jahitan buat mengunci lipatan kain.
    Tusuk feston, jahitan buat merapikan pinggiran kain supaya benangnya tak lepas.
    Tisik, jahitan dengan arah bolak-balik buat menambal kain nan berlubang.
    Quilt, jelujur atau jahitan mesin buat menekan busa pada lapisan kain sehingga memberikan imbas timbul pada permukaan kain.



Istilah dalam Menjahit

Beberapa istilah jahit nan perlu Anda ketahui dan niscaya akan sering Anda temukan adalah:

    Neci/Zig zag, merapikan dan mengunci benang kain bagian luar dengan kerapatan benang nan sangat padat.
    Kupnat, lipatan baju bagian dalam nan dijahit memanjang buat memberikan imbas lekuk nan bagus.
    Rimpel/Ploy, lipatan kain nan umumnya ada pada rok.
    Opnesel, variasi pada baju berupa lipatan-lipatan kecil memanjang nan dijahit dari luar.
    Smock, variasi pada baju berupa barisan kerutan nan dijahit dengan menggunakan benang elastik.



Membuka Usaha Jahitan

Lalu, bagaimana jika Anda ingin membuka usaha jahitan? Sebenarnya cukup mudah asal Anda sudah mengetahui dan menguasai semua teori dan praktek nan telah disebutkan di atas. Hal nan perlu Anda perhatikan saat membuka usaha ini adalah:

    Menawarkan jasa secara intensif, dapat dimulai dengan menerima jasa jahitan secara perdeo buat 10 pelanggan pertama, misalnya. Teknik promosi usaha nan seperti ini biasanya sangat efektif. Walaupun secara hitungan awal kita nampak merugi tetapi sebenarnya kita telah menanam benih-benih keuntungan. Dan ketika waktu panen tiba, maka anda jangan terkejut jika pelanggan akan membludak.
    Menentukan tarif nan sinkron dengan cara mengetahui pasaran nan generik pada tukang-tukang jahit di sekitar Anda.
    Memiliki buku pola dan kelengkapannya, sebagai pedoman bagi Anda buat memudahkan mengerjakan pesanan.
    Berlangganan majalah atau buku mode.
    Belajar mengenal tubuh dan cara mengukur dengan tepat, termasuk mengetahui mode-mode terkini.
    Merekrut pegawai jika ternyata usaha jahit Anda mengalami kemajuan nan pesat.
    Menyediakan buku file keuangan pegawai, faktur, dan label.
    Dan nan tak kalah pentingnya ialah alat gosok/setrikaan nan berfungsi merapikan baju dan packaging /kemasan sebelum diserahkan pada pelanggan



Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  aksesoris menjahit pakaian wanita

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Pengertian Proporsi, Komposisi, Perspektif, dan Gelap Terang beserta penjelasan 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://www.binasyifa.com/869/02/27/aksesoris-pakaian.htm

0 komentar:

Post a Comment