Berbagai Batik Motif Tumbuhan, Bunga dan Hewan Biasa Ditemukan di Indonesia

Berbagai Batik Motif Tumbuhan, Bunga dan Hewan Biasa Ditemukan di Indonesia

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
Berbagai Batik Motif Tumbuhan, Bunga dan Hewan Biasa Ditemukan di Indonesia


gambar batik ragam hias flora - Batik telah ada sejak jaman dahulu di Indonesia. Tidak  hanya ada di Jawa, batik tersebar ke seluruh daerah di Indonesia. Yang membedakan batik satu dengan lainnya yaitu motifnya. Motif batik disesuaikan dengan budaya masyarakat yang berkembang, pada umumnya motif yang ada dapat dikelompokan menjadi batik motif kembang atau bunga, hewan, tumbuhan, peralatan, dan berbagai hal lain  yang ada di sekitar masyarakat. Setiap motif melambangkan sesuatu, seperti fisafah hidup. Selain itu, hal yang membedakan satu batik dengan lainnya yaitu warna background batik. Pada umumnya warna-warna yang dominan dipakai oleh batik-batik di luar Jawa seperti Batik Dayak ataupun Batik Batak. Kedua batik tersebut memiliki warna yang mencolok, seperti merah. Sehingga pengguna batik tersebut dapat menjadi pusat perhatian. Berbeda dengan batik yang ada di pulau Jawa, kebanyakan menggunakan warna background putih ataupun cokelat. Untuk motifnya, tergantung dari tempat dimana batik tersebut dibuat. Misalnya batik motif tumbuhan dapat dengan mudah ditemukan di banyak batik di Indonesia. Biasanya motif tumbuhan mencontoh tumbuhan yang ada di sekitarnya, seperti Batik Maluku. Batik Maluku mengambil motif cengkeh, dan pala, berbeda dengan motif batik  Yogyakarta yang mengambil tumbuhan sulur. Sedangkan untuk batik motif bunga, juga sama. Misalnya pada batik Jepang atau batik Hokokai, yang menggunakan motif bunga sakura ataupun teratai. Bedanya hanya pada ketegasan motifnya saja dibanding motif batik yang lain. Yang selanjutnya  yaitu batik motif hewan, baik hewan secara keseluruhan ataupun lambang yang mengacu pada hewan tertentu. Hewan yanng paling banyak diambil untuk motif yaitu kupu-kupu ataupun burung Merak. Kadangkala ada  yang hanya mengambil ciri hewan tertentu seperti batik Gajah Oling. Pada batik Gajah Oling, motifnya berupa lengkungan yang mirip dengan tanda tanya (?). tanda tanya (?) tersebut mengacu kepada belalai gajah, yang digambarkan menyerupai oling atau belut. Memang tidak banyak motif hewan yang hanya mengambil perbagiannya saja sepeti batik Gajah Oling ini. Motif lainnya bisa berupa senjata maupun alat musik. Misalnya pada Batik Batak, dimana motifnya merupakan ukiran yang ada pada senjata dan rumah adat. Begitu juga halnya dengan batik asal Maluku yang mengambil alat musik tradisionalnya seperti tifa totobaung. Kadang juga motif batik merupakan perkembangan seni lainnya, seperti yang ditemukan di Batik Jepara. Dimana motif batiknya merupakan motif ukiran kayu Jepara. Batik motif bukanlah sesuatu yang saklek, dan tidak berkembang. Banyak sekali motif-motif baru yang lahir, seperti motik abstrak. Dimana pembuatannya lebih menyerupai melukis dibanding dengan membatik. Hanya saja pewarnaannya masih menggunakan cara-cara tradisional. Motif abstrak adalah salah satu motif yang lahir dari trend mode dan kemajuan jaman.


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  gambar batik ragam hias flora

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Jenis-Jenis Kerajinan Tekstil Beserta Gambarnya (Prakarya)

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://smp-prosit.com/berbagai-batik-motif-tumbuhan-bunga-dan-hewan-biasa-ditemukan-di-indonesia/

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.